fbpx

Tidak Terlalu Tertarik Belajar Tauhid, karena Belum Paham Tauhid Sepenuhnya

Tidak Terlalu Tertarik Belajar Tauhid, karena Belum Paham Tauhid Sepenuhnya

Bisa jadi kita tidak terlalu tertarik mempelajari tauhid atau mendalami pelajaran tauhid. Terbukti kajian-kajian tauhid agak sepi peminat dibandingkan dengan kajian bertema parenting, tema rumah tangga dan pernikahan atau tema muamalah kontemporer.

Secara umum belajar agama itu baik apapun temanya  akan tetapi jangan sampai kita tidak tertarik belajar tauhid dan mendalami pelajaran tauhid. Apabila kita kurang tertarik mempelajari tauhid, sebenarnya kita belum terlalu paham apa itu tauhid secara utuh dan apa saja yang dipelajari dalam pelajaran tauhid.

Perlu kita Ketahui bahwa pelajaran tauhid membahas hampir seluruh cara agar bagaimana kita bahagia di dunia dan bagaimana agar kita selamat di akhirat. Misalnya adalah pelajaran dasar tauhid, kitab “qawaidul arba'” dijelaskan prinsip dasar kebahagiaan. Syaikh Muhammad At-Tamimi menjelaskan,

إذا أعطى شكر، وإذا ابتلي صبر، وإذ أذنب استغفر، فإن هؤلاء الثلاث عنوان السعادة

[1] Jika diberi kenikmatan maka ia bersyukur

[2] Jjika diuji dengan ditimpa musibah ia bersabar

[3] dan jika melakukan dosa ia beristigfar (bertaubat).

Baca Juga: Atasi Corona dengan Bertauhid yang Sempurna

Tiga hal ini adalah tanda kebahagiaan.”[Matan Qawa’idul Arba’]

Pelajaran Tauhid ini mengajarkan kita merasa aman, pelajaran tauhid ini mengajarkan bagaimana suatu negara menjadi berkah dan makmur serta memberikan kebahagiaan bagi penduduknya.

Allah berfirman dalam Al-Quran bahwa barang siapa yang menunaikan tauhid, akan diberikan rasa aman dan kejayaan. Allah berfirman,

ﻭَﻋَﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻣِﻨﻜُﻢْ ﻭَﻋَﻤِﻠُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺎﺕِ، ﻟَﻴَﺴْﺘَﺨْﻠِﻔَﻨَّﻬُﻢ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻛَﻤَﺎ ﺍﺳْﺘَﺨْﻠَﻒَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣِﻦ ﻗَﺒْﻠِﻬِﻢْ، ﻭَﻟَﻴُﻤَﻜِّﻨَﻦَّ ﻟَﻬُﻢْ ﺩِﻳﻨَﻬُﻢُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺍﺭْﺗَﻀَﻰ ﻟَﻬُﻢْ، ﻭَﻟَﻴُﺒَﺪِّﻟَﻨَّﻬُﻢ ﻣِّﻦ ﺑَﻌْﺪِ ﺧَﻮْﻓِﻬِﻢْ ﺃَﻣْﻨﺎً، ﻳَﻌْﺒُﺪُﻭﻧَﻨِﻲ ﻟَﺎ ﻳُﺸْﺮِﻛُﻮﻥَ ﺑِﻲ ﺷَﻴْﺌﺎً

“ Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman dan beramal salih di antara kalian, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa. Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah berada dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap beribadah kepada-Ku dengan tidak mempersekutukan sesuatu apapun dengan-Ku ”. (An-Nur: 55).

Pelajaran Tauhid ini menjadi solusi bagi mereka yang menganggur dan tidak punya pekerjaan karena pelajaran tauhid mengajarkan tawakkal sebagaiman tawakkalnya burung.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻟَﻮْ ﺃَﻧَّﻜُﻢْ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺗَﻮَﻛَّﻠُﻮﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺣَﻖَّ ﺗَﻮَﻛُّﻠِﻪِ ﻟَﺮُﺯِﻗْﺘُﻢْ ﻛَﻤَﺎ ﻳُﺮْﺯَﻕُ ﺍﻟﻄَّﻴْﺮُ ﺗَﻐْﺪُﻭ ﺧِﻤَﺎﺻًﺎ ﻭَﺗَﺮُﻭﺡُ ﺑِﻄَﺎﻧًﺎ

“Seandainya kalian sungguh-sungguh bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana Allah memberi rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang “ (HR.Tirmidzi, hasan shahih)

Masih banyak ajaran tauhid yang mengajarkan solusi berbagai sendi kehidupan. Penjelasan dan buku tauhid sangat tebal serta mengajarkan semua sendi kehidupan agar kita berbahagia.

Baca Juga:

Semoga Bermanfaat kita dimudahkan belajar tauhid dan mendalaminya

@ Lombok, Pulau Seribu Masjid

Penyusun: Raehanul Bahraen

Artikel www.muslim.or.id

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Print Friendly, PDF & Email
MPD Banner

About Author

dr. Raehanul Bahraen, M.Sc, Sp.PK

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, S1 Kedokteran Umum UGM, dosen di Universitas Mataram, kontributor majalah "Kesehatan Muslim"

View all posts by dr. Raehanul Bahraen, M.Sc, Sp.PK »

3 Comments

  1. السلام عيكم
    Mohon referensi kitab tauhidnya.
    Mulai dari kitab tauhid tingkat dasar sampai tingkat pendalamannya.
    Terima kasih

  2. Ustadz sy ingin bertanya,
    Ada yang pernah berkata pada sy bahwa shalat agak telat namun berjamaah lebih baik dibanding shalat diawal waktu secara munfarid, benarkah? Mohon penjelasannya

Leave a Reply