Fawaid Seputar Basmalah – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Fawaid Seputar Basmalah

Tentu kita semua tidak asing lagi dengan basmalah. Berikut ini beberapa faidah tentang basmalah.

101 0

Yang disebut basmalah adalah kalimat:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Adapun kalimat بِسْمِ اللَّهِ saja biasanya disebut tasmiyah. Tentu kita semua tidak asing lagi dengan basmalah.

Beberapa faidah seputar basmalah:

  1. Allah Ta’ala mengajarkan adab kepada Nabi-Nya untuk menyebutkan nama-nama Allah yang husna, sebelum melakukan suatu perbuatan (Tafsir Ath Thabary)
  2. bismillah” adalah bentuk mufrad mudhaf, sehingga lafadz jalalah “Allah” dalam “bismillah” mencakup seluruh nama-nama Allah, bisa kita terjemahkan menjadi: “dengan menyebut seluruh nama-nama Allah yang husna” (Tafsir As Sa’di)
  3. Ar Rahman dan Ar Rahim adalah dua nama Allah, nama Ar Rahman hanya boleh bagi Allah, sedangkan Ar Rahim boleh digunakan untuk nama selain Allah, sebagaimana dalam Al Qur’an Allah menyifati Nabi Shallallahu’alaihi Wasalam dengan Ar Rahim (Tafsir Ibnu Katsir)
  4. Para ulama sepakat bahwa basmalah adalah termasuk ayat Al Qur’an. Karena memang basmalah terdapat dalam salah satu ayat Al Qur’an,

    إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

    Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” (QS. An Naml: 30)

  5. Apakah basmallah adalah bagian dari Al Fatihah? Terdapat perselisihan yang sangat kuat diantara para ulama mengenai apakah basmalah itu bagian dari surat Al Fatihah atau bukan. Jumhur berpendapat bukan, sedangkan Syafi’iyyah berpendapat basmallah bagian dari Al Fatihah. Yang rajih adalah pendapat Syafi’iyyah, sebagaimana dalam hadits:

    إِذَا قَرَأْتُمِ : الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاقْرَءُوا : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ إِنَّهَا أُمُّ الْقُرْآنِ , وَأُمُّ الْكِتَابِ , وَالسَّبْعُ الْمَثَانِي , وَبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ إِحْدَاهَا

    jika kalian membaca Alhamdulillahi rabbil’aalamiin maka bacalah bismillahir rahmanir rahim, karena ia adalah ummul qur’an, ummul kitab dan 7 rangkaian ayat, dan bismillahir rahmanir rahim salah satunya” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubra 2181, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami’ 729).
    hadits ini secara sharih menyatakan bahwa basmalah merupakan bagian dari Al Fatihah

  6. Apakah basmalah adalah bagian dari setiap surat? Jumhur berpendapat bukan, dan Syafi’iyyah berpendapat basmalah adalah bagian dari setiap surat. Namun para ulama sepakat bahwa basmalah yang berada di antara dua surat itu adalah kalamullah, sehingga wajib dianggap sebagai bagian dari surat secara umum.
  7. Dianjurkan membaca basmalah jika membaca awal surat, sedangkan jika membaca dari tengah surat maka tidak dianjurkan membaca basmalah, hanya membaca ta’awudz.

***

Penulis: Yulian Purnama

Artikel Muslim.or.id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  

In this article

Join the Conversation

Shares