Panitia Dapat Jatah Dari Hasil Qurban (Koreksi) – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Panitia Dapat Jatah Dari Hasil Qurban (Koreksi)

Bolehkah membuat makan-makan untuk panitia qurban? Atau panitia qurban dapat jatah khusus dari daging qurban berbeda dengan lainnya?

8235 22
jatah_panitia_kurban

Hak Hak Panitia Qurban.. Syarat Panitia Qurban Panitia Korban Dapat Berapa Daging Korban Wakil Qurban Mengambil Bagian Daging Qurban Syaikh Utsaimin Tentang Panitia Mrndapat Daging Qurban

Bolehkah membuat makan-makan untuk panitia qurban? Atau panitia qurban dapat jatah khusus dari daging qurban berbeda dengan lainnya?

Tulisan kali ini adalah sekaligus koleksi dari artikel Muslim.Or.Id sebelumnya dengan judul artikel yang sama. Koreksi ini dibuat setelah mendapat masukkan berharga dari Ustadz Dr. Arifin Baderi dan Ustadz Kholid Syamhudi, Lc -semoga Allah menjaga dan memberkahi umur mereka berdua- di milis PM-Fatwa Komunitas Penguasaha Muslim Indonesia (KPMI).

Dibolehkan Mewakilkan Kurban pada Suatu Kepanitian

وَعَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ – رضي الله عنه – قَالَ: –  أَمَرَنِي اَلنَّبِيُّ – صلى الله عليه وسلم – أَنَّ أَقْوَمَ عَلَى بُدْنِهِ, وَأَنْ أُقَسِّمَ لُحُومَهَا وَجُلُودَهَا وَجِلَالَهَا عَلَى اَلْمَسَاكِينِ, وَلَا أُعْطِيَ فِي جِزَارَتِهَا مِنْهَا شَيْئاً – مُتَّفَقٌ عَلَيْه

Dari ‘Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallammemerintahkan padaku untuk mengurus unta (unta hadyu yang berjumlah 100 ekor, -pen) milik beliau, lalu beliau memerintahkan untuk membagi semua daging kurban, kulit dan jilalnya (kulit yang ditaruh di punggung unta untuk melindungi diri dari dingin) untuk orang-orang miskin. Dan aku tidak boleh memberikan bagian apa pun dari hasil kurban kepada tukang jagal (sebagai upah).” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari no. 1707 dan Muslim no. 1317).

Hal penting yang bisa disimpulkan dari hadits di atas, “Boleh mewakilkan dalam pengurusan kurban, pembagian daging kurban, juga dalam menyedekahkan.” (Minhatul ‘Allam fii Syarhi Bulughil Marom, 9: 299). Cara mewakilkan misalnya diserahkan pengurusan kurban tersebut kepada suatu kepanitiaan di masjid terdekat, bahkan tidak ada masalah jika mewakilkan ke daerah yang membutuhkan yang berbeda kota dengan cukup mentransfer uang.

Upah untuk Jagal dari Hasil Kurban

Hadits ‘Ali di atas juga menunjukkan, “Bolehnya mengupah orang lain untuk menyembelih kurban asalkan upahnya tidak diambil dari hasil sembelihan kurban. Tidak boleh memberi tukang jagal sedikit pun dari daging kurban. Karena kalau memberi dari hasil kurban pada tukang jagal, itu sama saja menjual bagian kurban.” (Minhatul ‘Allam, 9: 299).

Dari hadits tersebut, Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Tidak boleh memberi tukang jagal sebagian hasil sembelihan kurban sebagai upah baginya. Inilah pendapat ulama-ulama Syafi’iyah, juga menjadi pendapat Atho’, An Nakho’i, Imam Malik, Imam Ahmad dan Ishaq.” (Syarh Shahih Muslim, 4: 453)

Dalam Kifayatul Akhyar (hal. 489) karya Abu Bakr bin Muhammad Al Husayinniy Al Hushniy Asy Syafi’i disebutkan, “Yang namanya hasil kurban adalah dimanfaatkan secara cuma-cuma, tidak boleh diperjualbelikan. Termasuk pula tidak boleh menjual kulit hasil kurban. Begitu pula tidak boleh menjadikan kulit kurban tersebut sebagai upah untuk jagal, walau kurbannya adalah kurban yang hukumnya sunnah.” Hal yang serupa disebutkan pula dalam Al Iqna’ fii Halli Alfazhi Abi Syuja’ karya Muhammad bin Muhammad Al Khotib (2: 452).

Baca tulisan: Upah Jagal dari Hasil Kurban.

Kalau hasil kurban diserahkan kepada jagal karena alasan status sosialnya yaitu dia miskin atau sebagai hadiah, maka tidaklah mengapa.

Dalam Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyah (5: 105) disebutkan, “Ulama Syafi’iyah dan Hambali berpendapat: Haram memberikan tukang jagal upah dari hasil kurban dengan alasan hadits ‘Ali radhiyallahu ‘anhu yang telah disebutkan. Namun kalau diserahkan kepada tukang jagal tersebut karena statusnya miskin atau dalam rangka memberi hadiah, maka tidaklah mengapa. Tukang jagal tersebut boleh saja memanfaatkan kulitnya. Namun tidak boleh kulit dan bagian hasil kurban lainnya dijual.”

Syaikh ‘Abdullah Al Fauzan mengatakan, “Namun jika hasil kurban diberikan kepada tukang jagal karena statusnya yang miskin, atau sebagai status hadiah (jika dia orang kaya, pent), maka tidaklah mengapa. Ia berhak untuk mengambil jatah tersebut karena posisinya sama dengan yang lain, bahkan ia lebih pantas karena dia yang mengurus langsung proses penyembelihan dst sehingga hatinya ingin ikut mendapatkannya. Akan tetapi lebih tepat, jika upah kerjanya sebagai jagal dibayarkan utuh terlebih dahulu, baru diberi hasil kurban (dengan status sedekah jika dia miskin atau hadiah jika dia kaya, pent). Upah jagal itu lebih baik diberikan utuh terlebih sebelum diberi bagian dari hasil hewan kurban dengan pertimbangan supaya upah sebagai jagal tidak dikurangi dengan alasan sudah diberi jatah dari hewan kurban. Pertimbangan dan alasan semacam ini menyebabkan status bagian dari hewan kurban yang diberikan kepada jagal tersebut adalah upah kerjanya sebagai jagal (padahal menjadikan daging hewan kurban untuk upah jagal adalah tindakan terlarang, pent)”  (Minhatul ‘Allam, 9: 299)

Tidak Tepat Menyamakan Panitia dengan Jagal

Sebagaimana kata Ibnu Mulaqqin Asy Syafi’i dalam Al I’lam bi Fawaid Umdah Al Ahkam (6: 286), “Yang dimaksud jagal itu sudah diketahui bersama yaitu orang yang menangani pengulitan dan memotong daging hewan yang disembelih.”

Adapun menyamakan antara panitia kurban dengan jagal tidaklah tepat. Alasannya:

1- Panitia lebih tepat dianggap sebagai wakil dari shohibul kurban. Kalau panitia kurban itu sebagai wakil, maka sah-sah saja jika wakil memakan dari hasil kurban sebagaimana shohibul kurban boleh demikian.

2- Jagal sebagaimana dijelaskan di atas bertugas untuk memotong dan menguliti hewan kurban. Sedangkan panitia kurban saat ini bukan terbatas pada itu saja. Panitia kurban bertugas lebih kompleks, mereka mencari siapa  yang akan berkurban, mengurus penyembelihan bahkan sampai pada pendistribusian daging kurban kepada yang berhak atau sebagai hadiah.

Pendapat yang tepat –sekaligus ralat dari pendapat kami sebelumnya-, sah-sah saja atau boleh panitia kurban mendapatkan jatah khusus dari hasil kurban, itu tidaklah masalah. Alasannya, karena hasil kurban boleh pula dinikmati oleh shohibul kurban dan sisanya ia bagikan untuk fakir miskin atau sebagai hadiah bagi yang mampu. Jika boleh demikian, maka demikian pula berlaku pada wakil shohibul kurban. Begitu juga tidak mengapa panitia mendapat jatah khusus berupa makan-makan bersama dengan alasan akadnya adalah kerja sosial. Wallahu a’lam.

Hanya Allah yang memberi taufik.

Diselesaikan di Cilegon, Banten, 29 Dzulqo’dah 1434 H

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id



Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  
Print Friendly, PDF & Email

Panitia Kurban Bayangan Hewan Qurban Kulit Qurban Daging Kurban Dibuat Maksn Panitia Siapa Yg Berhak Menerima Hadiah Daging Kurban

In this article

Join the Conversation

  • kiki isnandar

    Assalamualaikum..
    Ust. bgmn dgn pembagian 1/3 utk fakirmiskin, 1/3 utk dihadiahkan, dan 1/3 lg utk pribadi(pengkorban). kmdian makan2 panitia dan upah jagal kita ambilkan dari 1/3 hadiah dan 1/3 pribadi. bgmn dgn hukum tsb ust.??
    Jazakumulloh khoiron

  • Musafirana

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Afwan,
    Bagaimana memperlakukan kulit hewan qurban, yang notabene tidak semua penerima qurban bisa mengolahnya?
    Bolehkah diserahkan kepada seorang saja?
    Bolehkah dijual, hasilnya untuk disedekahkan ke fakir/yatim?

    Jazakallahu khoiran katsiran.

    Wassalamu’aliakum wr. wb.

  • oh jadi gitu ya, Terimakasih Informasinya

  • prama

    bismillah,

    ustad bagaimana kalau orang yg berqurban memberi panitia qurban hadiah kulit, murni sebagai hadiah karena teman beliau sama2 ngaji.

    orang yg berqurban ini tahu kalau nanti temannya ini menjual kulit tersebut karena memang tidak bisa memanfaatkannya..

    apakah ini boleh??

  • Abu Abdullah

    Assaalamu’alaykum ustadz, yg sering terjadi adalah salah satu hewan korban disembelih dahulu (biasanya kambing), karena akan segera dimasak gulai untuk makan panitia, dan biasanya satu kambing tidak tersisa kecuali han5a sedikit. Lha sisa daging yg sedikit ini yg dibagikan ke masyarakat tentu dicsmpur dg daging lainnya. Yg ditanyakan adlh bolehkah hal ini(menyembelih 1 hewan qurban unt panitia)?syukran jazakallahukhairan

    • @ Abu Abdullah

      Boleh seperti itu, dengan maksud shohibul qurban menghadiahi pada panitia qurban dari hasil sembelihannya. Wallahu a’lam.

  • Jay

    Assalamu’alaikum Ustadz, mhn saran yg terbaik apakah tetap berqurban di masjid kampung meskipun sudah tahu tradisinya menjual kulit utk biaya opersional, ataukah berqurban di tempat lain/yayasan namun harus kehilangan sunnah menyaksikan penyembelihan & sunnah memakan hewan sembelihan? Jazakallah

    • @ Jay

      Wa’alaikumussalam. Sebisa mungkin kurban di kampung dan menyarankan pada panitia agar kulit tidak dijual (karena itu hak dan wewenang Anda). Dan beri saran untuk kulit kurban Anda diberikan pada penadah kulit atau fakir miskin secara cuma2, atau mungkin Anda memberi solusi dengan menambah biaya operasional sehingga mereka tidak jadi menjual kulit.

      Wallahu a’lam. Hanya Allah yang memberi taufik.

  • subhannallah artikelnya sangat bermanfaat
    ijin share ya
    terimkasih

  • Pingback: Ulasan Fiqih Qurban | Direktori Online Tasikmalaya()

  • Pingback: Fiqh Qurban | asmasetiati()

  • alwan

    Assalamu’alaikum ustadz,
    Dikampung kami, untuk kulitnya diberikan kepada seseorang yg nantinya seseorang itu menginfakan kepada takmir masjid. Apakah itu diperbolehkan? Ataukah termasuk akal2an? Syukron jazakallohu khoiro

  • Pingback: sutisna.com » Fiqih Qurban()

  • Saatnya berkurban di Hari Raya Qurban. Salam silaturahim, Wasalamu’Alaikum.

  • m solihin

    ass. wr.wb
    mau nanya, panitia kurban mengadakan musyawarah untuk penyembelihan 3ekor sapi,panitia bersepakat dari hasil daging 3 ekor sapi tersebut, akan disisihkan 5 kg daging untuk dimasak. apakah itu diperbolehkan ustadz

  • hadi elzaidh

    Aslm, ustadz,
    Disekolah kami siswa patungan untuk membeli hewan qurban sapi, kemudian nama para guru dikocok dan yang keluar dijadikan 7 nama guru untuk qurban dengan membayar Rp.100.000 .ketika hewan tersebut akan disembelh 7 namaa guru tersebut dijadikan perwakilan
    hukumny bagaimana ustadz? apakah itu namanya qurban?

  • Defrain Anhas

    Assallaamu’alaikum
    Pak, haram di sni mskdnya apa?
    Apa dagingnya haram dikonsumsi oleh pekerja yang bersangkutan?

  • Ida

    Jika ada sisa operasional uang qurban bagaimana carany apakah dibagikn k peserta qurban atau sumbangkn k masjid ato sedekahkn ? Mhn penjelasan