Donasi Muslim.or.id
Muslim.or.id
khutbah jumat
  • Aqidah
  • Manhaj
  • Landasan Agama
  • Penyejuk Hati
  • Fikih
  • Sejarah
  • Khotbah Jum’at
  • Kalkulator Waris
  • E-Book
No Result
View All Result
  • Aqidah
  • Manhaj
  • Landasan Agama
  • Penyejuk Hati
  • Fikih
  • Sejarah
  • Khotbah Jum’at
  • Kalkulator Waris
  • E-Book
No Result
View All Result
Muslim.or.id
No Result
View All Result
Donasi Muslim.or.id Donasi Muslim.or.id

Sekilas tentang Keutamaan dan Faedah Surat Al-Fatihah

Ari Wahyudi, S.Si. oleh Ari Wahyudi, S.Si.
9 Februari 2023
Waktu Baca: 5 menit
0
Faedah Alfatihah
159
SHARES
886
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Daftar Isi sembunyikan
1. Al-Fatihah surat paling agung di dalam Al-Qur’an
2. Membaca Al-Fatihah termasuk rukun salat
3. Al-Fatihah bisa untuk me-ruqyah
4. Nama lain surat Al-Fatihah

Al-Fatihah surat paling agung di dalam Al-Qur’an

Dari Abu Sa’id bin Al-Mu’alla radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepadaku, ‘Maukah aku ajarkan kepadamu surat yang paling agung di dalam Al-Qur’an, sebelum kamu keluar masjid?’ Lalu, beliau menggandeng tanganku. Ketika kami hendak keluar, aku berkata, ‘Wahai Rasulullah! Tadi anda berkata, ‘Aku akan mengajarkan kepadamu surat yang paling agung dalam Al-Qur’an?’ Beliau pun bersabda, ‘Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin (surat al-Fatihah), itulah tujuh ayat yang diulang-ulang (As-Sab’u Al-Matsani) dan bacaan yang agung (Al-Qur’an Al-‘Azhim) yang diberikan kepadaku.’” (HR. Bukhari)

Dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah Allah menurunkan di dalam Taurat, Injil, maupun Al-Qur’an, sesuatu yang menyamai Ummul Kitab, yaitu As-Sab’u Al-Matsani.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Allah Ta’ala berfirman,

Majelis ilmu di bulan ramadan

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَـٰكَ سَبْعًۭا مِّنَ ٱلْمَثَانِى وَٱلْقُرْءَانَ ٱلْعَظِيمَ

“Sungguh Kami telah mengaruniakan kepadamu (Muhammad) As-Sab’u Al-Matsani (tujuh ayat yang diulang-ulang) dan Al-Qur’an Al-‘Azhim (bacaan yang agung).” (QS. Al-Hijr: 87)

Para ulama semacam Ali bin Abi Thalib, Abu Hurairah, Ibnu ‘Abbas, Ibrahim An-Nakha’i, Ibnu Abi Mulaikah, Hasan Al-Bashri, Mujahid, Qotadah, Ibnu Jarir Ath-Thabari, Ibnu Hajar, dan lain-lain menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan As-Sab’u Al-Matsani adalah surat Al-Fatihah (lihat Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim [4/382] cet. Al-Maktabah At-Taufiqiyah, Fath Al-Bari [8/184] cet. Dar al-Hadits, Syarh As-Sunnah [3/50] cet. Al-Maktab Al-Islami, dan lain-lain)

BACA JUGA: Kesalahan dalam Membaca Surah Al-Fatihah dan Konsekuensi Hukumnya

Membaca Al-Fatihah termasuk rukun salat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan salat dan tidak membaca Ummul Qur’an (surat Al-Fatihah) di dalamnya, maka salat itu pincang.” Beliau mengatakannya tiga kali. Pincang maksudnya adalah tidak sempurna. (HR. Muslim dalam Kitab Ash-Sholah [395])

Imam Al-Baghawi rahimahullah berkata, “Mayoritas ulama dari kalangan Sahabat maupun sesudah mereka berpendapat bahwasanya tidak sah salat tanpa membaca Fatihatul Kitab (surat Al-Fatihah) apabila orang itu bisa membacanya. Di antara mereka adalah ‘Umar, ‘Ali, Jabir, ‘Imran bin Hushain, dan para Sahabat yang lain. Inilah yang dianut oleh Ibnul Mubarak, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq.” (lihat Syarh As-Sunnah [3/46] cet. Al-Maktab Al-Islami)

Dari ‘Ubadah bin Ash-Shamit radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak sah salat orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (surat Al-Fatihah).” (HR. Bukhari dalam Kitab Al-Adzan [756] dan Muslim dalam Kitab Ash-Shalah [394]). Dalam riwayat Muslim juga diriwayatkan dengan lafal, “Tidak sah salat orang yang tidak membaca Ummul Qur’an.”

BACA JUGA: Tafsir Ringkas Surah Al-Fatihah (Bag. 1)

Al-Fatihah bisa untuk me-ruqyah

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan bahwa suatu ketika sekelompok Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berada dalam perjalanan. Kemudian mereka melewati sebuah kabilah Arab. Mereka meminta disambut sebagai tamu, tetapi permintaan itu ditolak oleh kabilah tersebut. Namun, setelah itu mereka bertanya, “Apakah di antara kalian ada yang pandai meruqyah? Karena pemimpin kabilah terkena sengatan binatang berbisa atau tertimpa musibah.” Salah seorang lelaki di antara rombongan pun berkata, “Iya.” Dia pun mendatanginya dan meruqyahnya dengan Fatihatul Kitab hingga sembuh. Setelah itu diberikanlah sejumlah kambing sebagai upah atasnya, tetapi orang itu enggan menerimanya. Dia mengatakan, “Tidak, sampai aku ceritakan hal ini kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.” Lalu, dia pun menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan melaporkan hal itu kepada beliau. Dia berkata, “Wahai Rasulullah! Demi Allah, aku tidak meruqyah, kecuali dengan Fatihatul Kitab (surat Al-Fatihah) saja.” Beliau pun tersenyum seraya bersabda, “Dari mana kamu tahu bahwa ia adalah ruqyah?” Kemudian beliau memerintahkan, “Ambillah pemberian mereka, dan sisihkan juga jatahku bersama kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari ‘Auf bin Malik Al-Asyja’i radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Dahulu kami biasa melakukan ruqyah/ jampi-jampi di masa jahiliyah. Maka, kami pun mengadukan hal itu, ‘Wahai Rasulullah! Bagaimana menurut anda tentang hal itu?’ Beliau menjawab, ‘Tunjukkan kepadaku bagaimana bacaan ruqyah kalian. Tidak mengapa meruqyah selama tidak mengandung unsur kesyirikan.’” (HR. Muslim)

Hadis di atas menunjukkan bahwa ruqyah yang terlarang adalah ruqyah yang mengandung unsur kesyirikan atau yang tidak mengikuti tuntunan syari’at.

Dari Abdul Aziz, dia berkata, “Aku dan Tsabit datang menemui Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Tsabit berkata, ‘Wahai Abu Hamzah, aku sedang sakit.’ Anas berkata, ‘Maukah aku ruqyah engkau dengan bacaan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?’ Dia menjawab, ‘Iya tentu saja.’ Anas pun membaca, ‘Allahumma Rabban naasi, Mudzhibal baasi. Isyfi anta asy-Syaafii. Laa syaafiya illa anta. Syifaa’an laa yughaadiru saqoma.’” (HR. Bukhari)

Para ulama membolehkan ruqyah apabila terpenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

Pertama: Bacaan ruqyah itu berasal dari ayat Al-Qur’an atau bacaan yang dituntunkan di dalam As-Sunnah, atau dengan menggunakan nama-nama dan sifat-sifat Allah.

Kedua: Diucapkan dengan bahasa Arab dan jelas maknanya.

Ketiga: Tidak boleh mengandung unsur hal-hal yang bertentangan dengan syari’at, misalnya berisi doa kepada selain Allah, meminta keselamatan kepada jin atau yang semacam itu.

Keempat: Harus diyakini bahwa bacaan itu tidak bisa berpengaruh dengan sendirinya tetapi bergantung kepada takdir Allah ‘Azza Wajalla. (lihat penjelasan Syekh Shalih Alu Syekh dalam At-Tam-hid li Syarh Kitab At-Tauhid, hal. 108 cet. Dar At-Tauhid, penjelasan Syekh Ibnu Utsaimin dalam Al-Qaul Al-Mufid ‘ala Kitab At-Tauhid [1/117] cet. Maktabah Al-‘Ilmu, dan keterangan Ibnu Hajar dalam Fath Al-Bari [4/525] [10/220] cet. Dar Al-Hadits)

Nama lain surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah juga dinamai dengan Ummul Qur’an atau Ummul Kitab (induknya Al-Qur’an). Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ummul Qur’an itu adalah tujuh ayat yang sering diulang-ulang (As-Sab’u Al-Matsani) dan Al-Qur’an Al-‘Azhim (bacaan yang agung).” (HR. Bukhari)

Imam Ar-Raghib Al-Ashfahani rahimahullah mengatakan, “Fatihatul Kitab (surat Al-Fatihah) disebut dengan Ummul Kitab karena ia merupakan permulaan Kitab (Al-Qur’an).” (lihat Al-Mufradat fi Gharib Al-Qur’an [1/28])

Imam Al-Qurthubi rahimahullah menjelaskan mengapa Al-Fatihah disebut dengan Ummul Qur’an, “Karena surat ini mengandung (intisari) segala ilmu Al-Qur’an.” (lihat Taudhih Al-Ahkam min Bulugh Al-Maram [1/663] cet. Dar Al-Atsar karya Syekh Abdullah Al-Bassam)

Syekh Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Al-Fatihah adalah Ummul Qur’an dikarenakan seluruh maksud ajaran Al-Qur’an terkandung di dalamnya. Ia telah mencakup tiga macam tauhid. Ia juga mencakup penetapan risalah, hari akhir, jalan para rasul, dan jalan orang-orang yang menyelisihi mereka. Segala perkara yang terkait dengan pokok-pokok syari’at telah terkandung di dalam surat ini. Oleh karena itu, ia disebut dengan Ummul Qur’an.” (lihat Syarh Al-Mumti’ [2/82])

Syekh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah berkata, “Ia juga disebut dengan Ummul Qur’an/ Induk Al-Qur’an sebab induk dari sesuatu itu adalah pokok/ sumber yang menjadi tempat kembali/ rujukan sesuatu tersebut. Makna-makna ayat Al-Qur’an semuanya kembali kepada apa yang terkandung di dalam surat ini.” (lihat Syarh Ba’dhu Fawa’id Surah Al-Fatihah, hal. 6 cet. Dar Al-Imam Ahmad, lihat keterangan serupa dalam Fath Al-Bari [8/181] cet. Dar Al-Hadits)

BACA JUGA: Membaca Al-Fatihah di Awal dan Akhir Doa

***

Penulis: Ari Wahyudi, S.Si.

Artikel: www.muslim.or.id

Tags: AlfatihahalquranAqidahaqidah islamkeutamaan alfatihahkeutamaan alquranmembaca alqurannasihatnasihat islamsurat alfatihah
SEMARAK RAMADHAN YPIA
Ari Wahyudi, S.Si.

Ari Wahyudi, S.Si.

Alumni S1 Biologi UGM, Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, penulis kitab "At Tashil Fi Ma'rifati Qawa'id Lughatit Tanzil".

Artikel Terkait

Surat Al-Kafirun

Keutamaan dan Kandungan Surah Al-Kafirun

oleh Muhammad Nur Faqih, S.Ag
9 Februari 2023
0

Begitu pun riwayat-riwayat lain yang juga dinilai lemah, namun saling menguatkan satu sama lain dan tidak terdapat makna yang salah....

Surat Ad-Dhuha

Surah Ad-Duha: Keutamaan dan Kandungannya

oleh Muhammad Nur Faqih, S.Ag
7 Februari 2023
0

Tidak ada dalil yang secara khusus menyebutkan keutamaan membaca surah Ad-Duha. Sehingga tidak dibenarkan seseorang membacanya disertai tujuan

Alikhlas sepertiga

Surah Al-Ikhlas Setara dengan Sepertiga Al-Qur’an?

oleh Muhammad Idris, Lc.
16 Oktober 2022
0

Hadis-Hadis yang menunjukkan Al-Ikhlas sebanding dengan sepertiga Al-Qur’an

Artikel Selanjutnya
Merapatkan shaf

Teks Khotbah Jumat: Urgensi Merapatkan dan Meluruskan Saf dalam Salat Berjemaah

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

donasi muslim.or.id donasi muslim.or.id donasi muslim.or.id
Muslim.or.id

Kantor Sekretariat Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA).

Pogung Rejo RT 14 RW 51 no. 412
Sinduadi, Mlati, Sleman, D.I Yogyakarta, Indonesia, 55284.

Media Partner

YPIA | Muslimah.or.id | Radio Muslim | FKIM

Buletin At Tauhid | MUBK | Mahad Ilmi | FKKA

Kampus Tahfidz | Wisma Muslim | SDIT Yaa Bunayya

Wisma Muslimah | Rumah Tahfidz Ashabul Kahfi

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Donasi
  • Pasang Iklan
  • Kontak

© 2023 Muslim.or.id - Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

No Result
View All Result
  • Aqidah
  • Manhaj
  • Landasan Agama
  • Penyejuk Hati
  • Fikih
  • Sejarah
  • Khotbah Jum’at
  • Kalkulator Waris
  • E-Book

© 2023 Muslim.or.id - Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah