Hukum Suntik Vaksin COVID-19 ketika Puasa

Hukum Suntik Vaksin COVID-19 ketika Puasa

Fatwa Syekh Dr. Sa’ad Al-Khatslan hafizhahullahu

 

Saat ini, ada masalah kontemporer dan juga masalah nazilah, yaitu terkait suntikan vaksin corona. Seseorang yang mendapatkan vaksin corona di siang hari, apakah puasanya menjadi batal?

Jawabannya, ini tidak membatalkan puasanya. Karena suntikan vaksin corona ini termasuk suntikan pengobatan. Dan suntikan pengobatan tidak membatalkan puasa menurut pendapat yang rajih (yang lebih kuat). Karena suntikan pengobatan itu tidak termasuk makan, tidak termasuk minum, dan tidak semakna dengan makan atau minum.

Sehingga hukum asalnya, puasa orang tersebut sah. Dan kita tidak berpaling dari hukum asal tersebut kecuali apabila ada perkara yang jelas memalingkan dari hukum asal tersebut. Oleh karena itu, menurut pendapat yang rajih, suntikan pengobatan tidak membatalkan puasa.

Sehingga kesimpulannya, suntikan vaksin Corona tidaklah mengapa bagi orang yang berpuasa dan tidak merusak (tidak membatalkan) puasanya.

Wallahu a’lam.

Baca Juga:

Penerjemah: Dimas Setiaji

Artikel: Muslim.or.id

 

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=FMqGVpX6-EY

🔍 Ramadhan Kareem Artinya, Puasa Sunnah Di Hari Jumat, Sunnah Nabi Minum Air Selepas Bangun Tidur, Batas Jam Sholat 5 Waktu, Imam Syafi'i Adalah

About Author

Leave a Reply