fbpx

Fatwa Lajnah Da’imah Tentang Serangan Yahudi Kepada Muslim Palestina di Jalur Gaza

Komite tetap untuk penelitian ilmiyah dan fatwa (Lajnah Da’imah lilbuhuts al-Ilmiyah wa al-Ifta’) mengeluarkan penjelasan tentang peristiwa pembunuhan, pengepungan dan pengeboman yang terjadi di Jalur Ghaza sebagai berikut:

الحمد لله رب العالمين ، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين نبينا محمد وعلى آله وصحبه ، ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين. وبعد :

Komite tetap untuk penelitian ilmiyah dan fatwa (Lajnah Da’imah lilbuhuts al-Ilmiyah wa al-Ifta’) di Saudi Arabia merasa berduka cita dan merasakan sakit atas semua kezholiman, pembunuhan anak-anak, wanita dan orang-orang jompo, penghancuran kehormatan dan perusakan rumah-rumah dan tempat-tempat strategis serta pemunculan rasa takut para orang-orang umum yang menimpa saudara kita kaum muslimin di Palestina dan di Jalur Ghaza secara khusus. Ini semua pasti merupakan kejahatan dan kezholiman terhadap masyarakat palestina.

Peristiwa menyedihkan ini seharusnya menjadikan kaum muslimin bersikap bersama saudara mereka orang-orang Palestina dan saling tolong-menolong bersama mereka, membantu dan bersungguh-sungguh dalam menghilangkan kezaliman ini dari mereka dengan sebab dan sarana yang memungkinkan untuk diwujudkan untuk saudara se-islam dan se-ikatan iman.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara.” (QS. Al Hujurat [49]: 10)

Dan Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya: “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka ta’at kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Taubah [9]: 71)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

المؤمن للمؤمن كالبنيان يشد بعضه بعضاً وشبك بين أصابعه / متفق عليه،

“Seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti bangunan yang saling mengokohkan dan selaiu menjalin antara jari-jemarinya.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مثل المؤمنين في توادهم وتراحمهم وتعاطفهم مثل الجسد الواحد إذا اشتكى منه عضو تداعى له سائر الجسد بالحمى والسهر (متفق عليه)

“Perumpamaan kaum mukminin dalam kecintaan, kasih dan saying mereka seperti permisalan satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh sakit maka mengakibatkan seluruh tubuh menjadi demam dan tidak bisa tidur.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Juga beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

المسلم أخو المسلم لا يظلمه ولا يخذله ولا يسلمه ولا يحقره (رواه مسلم)

“Seorang Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya.” (HR. Muslim)

Pertolongan ini mencakup banyak hal sesuai dengan kemampuan dan memperhatikan keadaan yang ada baik berupa materi ataupun maknawi (Spirit), baik bantuan dari umumnya kaum muslimin berupa harta, makanan, obat-obatan, pakaian dan lain-lainnya. Atau juga dari sisi Negara-negara Arab dan islam dengan mempermudah sampainya bantuan-bantuan tersebut kepada mereka dan bersikap benar terhadap mereka, membela permasalahan mereka di pentas, perkumpulan dan konferensi dunia dan Negara. Semua itu termasuk tolong-menolong pada kebenaran dan takwa yang diperintahkan dalam firman Allah ta’ala yang artinya: “Tolong menolonglah di atas kebaikan dan takwa.” (QS. Al-Maaidah [5]: 2)

Juga di antaranya adalah memberikan nasihat dan petunjuk kepada mereka pada sesuatu yang berisi kebaikan dan kemaslahatan mereka. Di antara yang teragung dalam hal ini adalah mendoakan kebaikan kepada mereka dalam setiap waktu semoga dihilangkan cobaan dan musibah besar mereka ini. Juga semoga diberikan perbaikan keadaan mereka dan diberi taufik untuk beramal dan berkata yang benar.

Demikianlah dan kami berwasiat kepada saudara-saudara kami kaum muslimin di Palestina untuk bertakwa kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya, sebagaimana juga mewasiatkan kepada mereka untuk bersatu di atas kebenaran, meninggalkan perpecahan dan perselisihan serta menghilangkan kesempatan musuh yang senantiasa mencari dan terus mencarinya dengan lebih keras dalam menghancurkan dan melemahkan mereka.

Kami menganjurkan saudara-saudara kami untuk mengambil tindakan-tindakan untuk menghilangkan kezaliman di atas tanah mereka dengan keikhlasan dalam beramal karena Allah dan mengharapkan keridaan-Nya. Juga isti’anah (meminta pertolongan) dengan sabar dan shalat serta musyawarah ulama dalam semua urusan mereka. Karena itu adalah tanda taufik dan pertolongan Allah.

Sebagaimana juga kami mengajak cendekiawan dunia dan masyarakat internasional secara umum untuk melihat musibah ini dengan pandangan akal dan adil untuk memberikan hak masyarakat Palestina dan menghilangkan kezaliman darinya hingga bisa hidup dengan kehidupan yang mulia. Demikian juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua Negara dan individu yang telah berpartisipasi dalam membela dan membantu mereka.

نسأل الله بأسمائه الحسنى وصفاته العلا أن يكشف الغمة عن هذه الأمة ، وأن يعز دينه ، ويعلي كلمته وأن ينصر أولياءه ، وأن يخذل أعداءه ، وأن يجعل كيدهم في نحورهم، وأن يكفي المسلمين شرهم ، إنه ولي ذلك والقادر عليه . وصلى الله وسلم على نبيا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين .

Mufti Agung Kerajaan Saudi Arabia dan Ketua Majlis Ulama Besar

Syeikh Abdul ‘Aziz bin Abdillah Alu Syaikh

Riyadh, 3 Muharam 1430 H/ 31 Desember 2008 M

***

Sumber: http://www.saaid.net/mktarat/flasteen/187.htm
Diterjemahkan oleh Ust. Kholid Syamhudi, Lc.
Artikel www.muslim.or.id

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Print Friendly, PDF & Email
artikel corona
MPD Banner

About Author

Kholid Syamhudi, Lc.

Alumni S1 Jusuran Hadits Universitas Islam Madinah, pembina Pondok Pesantren Ibnu Abbas Sragen, pengajar Pondok Pesantren Al Ukhuwwah Sukoharjo, pembina Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

View all posts by Kholid Syamhudi, Lc. »

29 Comments

  1. Ummu Shafiyyah

    Assalamu’alaykum!!

    Ana kurang mengerti, apa sesungguhnya kesalahan dari kaum muslimin di Palestina, khususnya di bidang aqidah? Ana percaya akan fatwa yang disampaikan oleh Syaikh Abdul ‘Aziz bin Abdillah rahimakallah.

    Sayangnya, ada beberapa kaum muslimin di Indonesia yang mengatakan bahwa Saudi adalah negara yang takut dengan Amerika dan kurang memberikan bantuan konkrit kepada kaum muslimin di Palestina.

  2. assalamu’alaikum…
    ana sebagai sesama muslim turut berduka cita atas apa yg terjdi di Palestina dg saudara muslim kita disana..
    smg Alloh memberikan pertolongan kpd mereka

  3. asy syafi'iyah

    Semoga Alloh memberi kita kemampuan dan kesempatan serta niat yang kuat untuk melaksanakan fatwa di atas, amin

  4. moga diberi ketabahan pada saudara kita disana,, allah azza wajjallah maha tahu

  5. saya juga merasa berduka cita atas apa yang terjadi pada saudara2 kita di Palestina, dan semoga Allah menguatkan mereka,dan untuk saudara2 kita seiman yang masa bodoh dengan apa yang terjadi di Palestin dengan mengatakan “itukan negeri nun jauh disana ngapain diurusin wong negara kita aja belum beres” agar disadarkan oleh Allah. Ingatlah ukhuwah(persaudaraan) Islamiyah tidak dibatasi oleh jarak,batas2 negara atau ras, maka alangkah piciknya jika kita tidak mau peduli atau minimal prihatin atas apa yang manimpa kaum Muslimin Palestina hanya karena tidak sebangsa atau senegara dengan kita. Wallahu’alam

  6. Abu fathan

    Akhi dan ukhti,semoga Alloh merahmati kita dan seluruh kaum muslimin di dunia,terutama di Palestina,negeri yang diberkahi [Al Isra:1]
    Seperti yg difatwakan bhwa kontribusi yg sngat besar,mudah dan bsa dilakukan oleh semua muslim baik yg kaya atw yg miskin,yakni berdoa bagi muslimin palestina..Bukankah telah bnyak nash2 yg mnyatakan keutamaan&keampuhan doa?bukankah interaksi kita dg Alloh Ta’ala adlh dg brdoa?bhkan khdupan kita shari2 tdk lepas dr doa..Smg kita tdk meremehkan ttg doa ini,mari kita doakan kaum muslimin palestina di setiap saat terlebih di saat2 mustajab..
    Adapun ttg kmentar miring thdp negri2 arab,sepatutnya kita tdk trlalu gegabah brkmentar krn mereka sbg umaro bnyak kpentingan&pertimbngan akan mudhorot yg dtmbulkan akan smakin besar mengingat negri2 arab terpecah jg dg persenjataan dan tentara yg jauh di bawah tntara yahudi&sekutunya laknatulloh.. Wallohu musta’an

  7. Ana tinggal di Saudi Arabia, yg ana tau, sejak hari pertama penyerangan Yahudi ke Palestina seluruh masjid di sini (Saudi) melakukan pembacaan doa qunut nazilah di setiap shalat 5 waktu (fajar, dhuhur, ashr, maghrib, isya) utk mendoakan kaum muslimin di Palestina.

    Ana rasa hal tsb lebih berlandaskan kepada ilmu (sesuai sunnah) dibanding sebagian saudara kita yg melakukan demonstrasi dan pembakaran bendera.

  8. semoga Allah selalu memberkahi negeri Saudi….AMin

  9. suatu saat nanti “nasrullah” pasti akan datang
    wahai saudaraku………..

  10. bagus kalau tulisan diatas diwujudkan dalam tindakan yang riil terutama bagi saudara2 kita yang sdh terlanjur berada di medan peperangan maupun bagi yg akan berangkat ke palestina. Sudahi berbuih2 bela negara ini itu, caci negara ini itu, telah berbuat ini itu, saudara kita di palestina butuh dukungan & bantuan…..

  11. Bismillah, demonstrasi adalah cara2 barat yang jauh dari syariat. ana lebih setuju dgn berdo’a bagi palestina, mengingat situasi dan kondisi skrg.

  12. Bismillah,Mari kita beri dukungan utk saudara kita muslimin palestina de

  13. anton wisnu - teknik elektro 2005

    Asslamu’alaykum, menurut pendapat saya solusi tepat untuk palestina adalah dengan bersatu dalam satu barisan untuk menghadapi musuh-musuh Islam seperti Amerika Serikat, Israel ,pengikut-pengikutnya serta tidak lupa “musuh dalam selimut” yaitu kaum syi’ah yang dimotori Iran. Pemahaman tauhid merupakan hal mendasar yang harus dimengerti oleh setiap kaum muslimin. Hal mendasar yang perlu dilakukan secara politik oleh negara2 Islam adalah memutus hub. diplomatik dengan negara2 seperti Amerika, Israel dan sekutu-sekutunya, kalau bisa juga dengan iran. Ajarkan pendidikan Islam yang menyeluruh pada kaum muslimin, jangan sampai kita malah menghilangkan bagian2 yang penting, seperti di Arab Saudi yang menghilangkan kurikulum tentang wala dan bara atas pengaruh Amerika. Dukung jihad di daulah2 islam yang telah ada seperti Irak, Afghan, Chenya, Somalia, Moro, dan lain2, Insya Alloh mereka memiliki aqidah dan manhaj salaf yang lurus dan mereka tidak ragu2 dalam menegakkan syariat Islam di daerah yang mereka kuasai. Bagi kita yang mungkin sebagian masih berstatus mahasiswa mungkin yang bisa kita lakukan adalah melakukan persiapan apa-apa yang kita mampu, seperti ilmu syar’i, kemampuan fisik, ekonomi, keterampilan dan sebagainya. Dan tidak lupa yang utama adalah di zaman dimana fitnah bertebaran ini kita semakin mendekatkan diri pada Alloh dan memohon perlindungan pada-Nya dari segala fitnah yang ada serta untuk selalu istiqomah.

  14. Saya ingin yahudi diseret di mahkamah international dan ditetapkan sebagai penjahat perang.

  15. hentikan menyebut yahudi terlaknat dengan israel!!!
    barakallahu fiik

  16. Buat antum semua,ISRAEL adlh Nabiyullah Yaqub Alaihissalam,bukan Yahudi

  17. Bener sekali Israil adalah nama lain dari nabi Ya’kub bin Ishaq Bin Ibrahim as al-khalil..
    Tapi menurutku yang dimaksud para ikhwan dengan menyebut “israel” adalah israel nama negara yang di palestina itu yang memang mereka mengaku keturunan nabi ya’kub (Bani Israil).
    Jadi itu memang salah kaprah.. seperti kita menyebut arab mengarahnya ke arab saudi. padahal orang kuwait, iraq, yaman adalah orang arab juga kan?

  18. Duka Muslim Gaza duka semua muslim dunia

  19. Mnjd Tntara alqossam ga mudah:
    rutin jamaah subuh
    hapal hadis arbain
    ngaji sejuz shari
    rajin kaji tafsir&hadis
    sblum mreka tembak roket,salat dulu.Merekalah tipe tentara Allah sejati

  20. Jihad fisabilillah. Mengirim bantuan makanan, pakaian dan obat-obatan memang perlu. akan tetapi sudah saatnya kita jihad fisabilillah. Yahudi dan kafir menumpahkan darah kaum muslimin dengan seenaknya dan mencaci maki Nab Muhammad SAW sekehendak hati mereka. Mereka wajib diperangi. Negara-negara Arab dan semua muslimin harusnya bersatu tidak terpecah-belah dengan yang namanya Nasionalisme. Bersatu dibawah Laa ilaahaillallahu Muhammadarrasulullah bukan dibawah nasionalisme. Ingat bosnia, kashmir, afghan, irak, somalia, pattani, moro, ambon, Palestina. Jihad Fisabilillah adalah jawabnnya.

  21. ana dengar syaikh Izzudin Al qassam seorang salafi adakah yg punya biografi beliau lengkap?

  22. Yang ana tahu syeikh Izzuddin Al Qasam adalah seorang Muslim

  23. wawan suwandi

    komentar2 antum semua saya sependapat, dari ana ada baiknya kita menghisab ulang ttg apa yang terjadi di palestina. menurut ana palestina hancur spt itu karena mereka/kita umat muslm kalah dalam peralatan. saat ini yang menguasai teknologi adalah bukan kita, yang punya alat canggih bukan kita, para penda’wah hanya bilang kita jangan terpana dengan dengan lawan kita tanpa menyuruh umat untuk mengalahkan kepintaran mereka. menurut ana kalau kita kalah alat baiknya umat muslim mencari alternatif lainya untuk melawan. kalau perlu tanpa senjata

  24. Ari Wahyudi

    Bagi yang ingin membaca biografi Syaikh Izzuddin al-Qassam rahimahullah bisa membaca as-Salafiyun wa Qadhiyat Filishthin yang disusun oleh Syaikh Mayshur Hasan alu Salman, bisa didownload di waqfeya.com dalam format pdf. Beliau memang seorang muslim yang berusaha mengikuti jejak ulama salaf, seorang mujahid salafi, semoga Allah merahmatinya dan menjadikan kita sebagai penerus perjuangannya. Baarakallahu fiikum

  25. semoga Alloh selalu melindungi Para Ulama Salaf yg berfatwa berdasarkan ilmu dan bukannya hawa nafsu semata.. anehnya orang yg mencela Israel tetapi mengambil sunnahnya orang -orang Yahudi yakni dengan demokrasi dna demonstrasi.. benarlah sabda Nabi yg maknanya kalian akan mengikuti sunnahnya ahli kitab sampai-sampai jk mereka masuk ke lubang biawak mk kalian akan masuk pula…. Ya Rabb, selamatkanlah seluruh kaum muslim di muka bumi ini dari segala penindasan .. dan Engkau janjikan tsb jika mereka mau mengikuti jejak orang-orang terdahulu dna kembali kepada keadaan dari ummat terdahulu.. Amin

  26. kebijakan arab saudi tentang palestina mengikuti fatwa lajnah Addai’mah

  27. Assalammualaikum wrwb ya Allah satukanlah hati kami umat islam apa yg di derita kaum palestina semoga terasa bagi umat mukmin yg ada belahan bumi baik di barat di timur ,selatan dan utara sungguh di tafsir Al quran tertulis tentang keburukan-keburukan yahudi lalu kenapa umat islam yg berada di dekatnya diam bukankah umat islam saudara lalu kenapa mereka tidak mengempur yahudi laknattullah

  28. Abu Muhammad Naufal Zaki

    @ Bpk. Bambang. . .
    Sesungguhnya ulama berfatwa dg melihat pula manfaat dan mudhorot. Saat ini Yahudi sangat kuat. . apakah bapak kira jika negara-negara Muslim menyerang Yahudi (termasuk Indonesia ikut menyeang umpamanya) mk Amerika akan diam. Negara-negara Eropa akan diam. . mereka yg menguasai informasi akan bisa menciptakan opini Yahudi sbg negara yg terdzholimi belum lagi persenjataan mereka . . siapa yg bisa mengalahkannya? . . Apa kita ingin seluruh negara muslim kemudian akan dijajah sebagaimana Irak dan Afghanistan sekarang ini di mana jumlah kaum muslim yg meninggal berpuluh-puluh ribu kali lipat dibandingkan kaum kuffar????? . .
    Pak Bambang semoga Alloh menolong kita dan saudara-saudara kita…
    Jika para sahabat saja yg ahli surga dan tidak berbuat syirik bisa kalah karena mereka menyelisihi perintah Nabinya dlm perang Uhud. . mk bagaimanakah lagi ummat Islam ini yg bergelimang dg syirik??? Maka mustahil Alloh akan menolong mereka sedangkan mereka dalam keadaan rusak aqidahnya. . lihatlah penelitian thd pemuda-pemuda palestina yg disebutkan dari 20 orang yg diwawancarai hanya 1-2 orang yg melaksanakan sholat selebihnya tidak . . jk masalah dasar ini tidak dibenahi mk sampai kapanpun ummat Islam akan kalah. .
    Sungguh fatwa ulama agar berdamai dg Yahudi adl ilmu yg agung agar ummat Islam Palestine bisa sedikit bebas dr keganasan Yahudi (yg anak-anak saja mereka bunuh), agar ummat Islam bisa melahirkan anak-anak yg banyak sbg bibit mujahid, kemudian agar bisa mereka mengenal kembali agamanya dg benar. . namun para harokiyyin yg sebatas modal semangat (ttp hanya sekedar demo dan tidak terjun langsung ke medan Jihad) mencela Syaikh Bin Baz yg berfatwa demikian dg celaan yg sangat kasar. . jg mencela Syaikh ALbani yg menyuruh hijrah dahulu. . mereka mengatakan Palestine adl tanah Islam jd tidak boleh dilepas. . mereka lupa dg Nabi. . Lebih mulia mana antara tanah MakkahAl Mukarrom dg tanah Palestine? Tetapi Nabi pun saat dalam keadaan tdk bisa berbuat lebih banyak melakukan hijrah agar bisa berdakwah, menguatkan iman para sahabat dan enyusun kembali kekuatan fisik pula… sungguh firasat para ulama adalah benar
    Semoga Alloh selalu menolong dan menyelamatkan ummat Islam di seluruh dunia terlebih di tanah-tanah yg mereka terdzholimi spt Palestina, Irak dan Afghanistan…

  29. Ass.Wr.Wb. kita sbg umat Islam hrs selalu mendoakan saudara,khususny yg terdzolimi org yahudi.Tp kt jg hrs tenang krn mrklah yg kalah(byk dr mrk yg mjd gila n hdpny berantakan).Utk masy Palestina :Surga da didepan kalian jd jgnlah bersedih hati, km kan slalu mendoakan kalian.

Leave a Reply