Hukum Makan Ketika Adzan Shubuh – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Hukum Makan Ketika Adzan Shubuh

Pertanyaan: Allah berfirman: وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ”Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.’(Al-Baqarah:187). …

3366 12

Hukum Makan Ketika Adzan Subuh Di Bulan Ramadhan Bersahur Ketika Adzan Subuh Makan Dan Minum Saat Adzan Shubuh Masih Minum Ketika Adzan Salaf Meneruskan Makan Ketika Adzan

Pertanyaan:

Allah berfirman:

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ

”Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.’(Al-Baqarah:187).

Lalu bagaimana hukum orang yang masih melanjutkan makan sahurnya atau minum ketika adzan subuh atau sekitar seperempat jam setelahnya?

Jawaban:

Jika yang bertanya mengetahui bahwa waktu tersebut memang belum saatnya Subuh, maka tidak perlu qodho, tapi jika ia tahu bahwa waktu tersebut telah masuk waktu subuh, maka ia harus mengqodho’nya.

Jika ia tidak tahu apakah ketika ia masih makan dan minum itu  telah masuk waktu subuh atau belum, maka tidak perlu mengqodho’. Karena hukum asalnya saat itu adalah masih malam (belum masuk wktu subuh). Namun demikian, hendaknya seorang Mukmin berhati-hati dalam menjaga puasanya dan menahan diri dari segala hal yang membatalkannya jika telah mendengar adzan, kecuali jika ia tahu bahwa adzan tersebut sebelum masuk waktu subuh.

[Fatawa ash-shiyam, Lajnah Da’imah, hal.23].

Baca pula tentang Kekeliruan Pensyariatan Waktu Imsak di sini.

Penerjemah: Muhammad Nur Ichwan Muslim

Artikel www.muslim.or.id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  

In this article

Join the Conversation

  • Assalamu`alaikum
    Ana pernah mendengar bahwa Abu Bakr atau Umar masih boleh minum air di bejana padahal iqamat shubuh sedang berlangsung,ana membaca di fatwa ramadhan syaikh ali hasan,mohon penjelasan Ustadz? Jazakallah

  • abdullah

    ana mau tanya apakah adzan-adzan shubuh dikebanyakan masjid di indonesia sudah pas masuk shubuhnya?

    • #abdullah
      Jika mengikuti jadwal resmi dari Depag, insya Allah sudah pas.

  • ‘afwan koq ana pernah baca dan dengar hadist yg seperti ini :

    “Apabila seorang di antara kamu mendengar panggilan adzan subuh sedangkan tempat makanan masih ada di tangannya, maka hendaknya ia tidak meletakkan tempat makanan itu sebelum ia menghabiskan keperluan dari tempat makanan tersebut.” (Ahmad, Abu Dawud, Hakim)

    “Jika salah seorang dari kalian mendengar adzan padahal gelas sudah dipegang, janganlah ia letakkan hingga memenuhi hajatnya”
    (Abu Daud, Al-Baihaqi, Ahmad)

    itu bagaimana? apakah hadist dhoif atau gimana?
    syukron

  • eko andrianto

    Saya pernah membaca fatwa dari syeh Al-albani, beliau menyampaikan bahwa kebanyakan waktu subuh lebih cepat 1/2 jam dari seharusnya, bahkan di mekah sana juga.
    bagaimana dengan di indonesia? nampaknya beda warna hitam dan putih juga belum terlihat?

  • abu salman

    Bagaimana dengan Hadist yang menceritakan Umar bin Khattab ra masih boleh makan ketika Adzan subuh?

  • Sebelum baca artikel ini, saya melihat 2 artikel dan beranggapan masih boleh makan/minum saat adzan subuh.

    Pengalaman ketika umroh ramadhan tahun 1997 dan 2000, saya juga heran, kenapa orang2 disana masih makan/minum sampe waktu iqomat sholat subuh.

    https://muslim.or.id/ramadhan/kekeliruan-pensyariatan-waktu-imsak.html
    http://alqiyamah.wordpress.com/2010/08/10/fatwa-ulama-ahlussunnah-tentang-imsak/

  • umm fatih

    ust. karena kejahilan sy selama ini sy masih minum ketika adzan subuh berkumandang. sah-kah puasa2sy terdahulu? apakah saya harus membayar qadha-nya? jika iya, sy sungguh tidak bisa menghitung jumlahnya T.T mohon pencerhannya.

    • #umm fatih
      Jika anda ketika itu melakukannya karena ikut pendapat sebagian ulama yang menyatakan bolehnya mengabiskan makanan/minuman ditangan walau sudah adzan, insya Allah tidak masalah dan tidak perlu diqadha.