Berburu Kitab Ulama Ahlus Sunnah di Negeri Belanda

Berburu Kitab Ulama Ahlus Sunnah di Negeri Belanda

Sejak menginjakkan kaki pertama kali di negeri ini enam tahun tahun yang lalu, penulis selalu bertanya-tanya dalam hati, apakah di negeri ini terdapat toko buku (toko kitab) yang menyediakan kitab-kitab para ulama ahlus sunnah dalam bahasa Arab (bukan edisi terjemahan)?

Pertanyaan itu terus muncul, sampai suatu ketika kami mendengar kabar bahwa di negeri seberang, yaitu Inggris (United Kingdom, UK), sudah terdapat toko kitab cukup besar di kota Birmingham. Begitu pun, kita juga bisa membeli online melalui toko online besar lainnya (https://www.sifatusafwa.com/en/) yang berkantor di Irlandia dan terkadang memberikan potongan harga dan bebas ongkos kirim pada periode tertentu. Sungguh suatu kebahagiaan bahwa di negeri-negeri Eropa Barat ini, dakwah ahlus sunnah mulai tersebar, yang kondisinya mungkin jauh lebih baik daripada negeri-negeri di Eropa Timur [1].

Enam tahun berlalu kami belajar di kota ini, sampai akhirnya belum lama ini, teman penulis memberikan informasi bahwa di Rotterdam (kota tempat penulis belajar saat ini), terdapat dua toko kitab cukup besar yang menyediakan kitab-kitab ulama ahlus sunnah. Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata berada di lokasi berdekatan dan juga tidak jauh dari tempat tinggal penulis. Berikut ini kami tuliskan pengalaman saat berkunjung ke dua toko tersebut.

Sunnah Center, Rotterdam

Toko pertama yang kami kunjungi adalah Sunnah Center. Tidak hanya menjual kitab, di toko ini kita juga mendapatkan buku-buku terjemahan dalam bahasa Inggris dan bahasa Belanda [2]. Buku-buku karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab At-Tamimy, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim, rahimahumullah, demikian pula karya ulama kontemporer abad ini seperti Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdul Aziz bin Baaz dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahumallah, bisa kita dapatkan di toko ini. Alhamdulillah, kitab-kitab karya beliau sudah cukup banyak yang diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda dan bahasa Inggris, sehingga ilmu syar’i dapat semakin luas di negeri ini dan negeri-negeri sekitarnya.

“Pemandangan” yang sangat menyejukkan mata adalah ketika melihat kitab-kitab (asli dalam bahasa Arab) karya ulama tersebut berjejer rapi di toko ini. Baik kitab-kitab yang tipis semacam Syarh Qawa’idul Arba’ dan Syarh ‘Arbain An-Nawawiyyah, sampai kitab-kitab yang tebal berjilid-jilid semacam Fathu Dzil Jalaali wal Ikram Syarh Bulughul Maram (15 jilid) dan Syarh Riyadhus Shalihin (6 jilid) karya Syaikh Al-‘Utsaimin (Gambar 1 dan 2).

 

Kami pun menemui satu dari dua pemilik toko ini. Alhamdulillah, beliau menceritakan bahwa beliau menjalankan usaha ini berdua dengan teman beliau (warga negara Belanda, keturunan Eritrea) yang saat ini sedang menempuh studi di Fakultas Hadits, Universitas Islam Madinah. Kitab-kitab tersebut beliau kirim langsung dari Madinah, dan sebagiannya bekerja sama dengan toko lainnya, yaitu Ibn Baaz Store (yang nanti akan kami sampaikan).

Memang cukup berat kalau hanya menjual kitab. Oleh karena itu, di toko ini juga dijual minyak wangi, jilbab, gamis, dan lainnya. Pembeli buku secara online kebanyakan dari Belgia, kata beliau. Semoga Allah Ta’ala memberkahi usaha ini.

Ibn Baaz Bookstore

Berbeda dengan Sunnah Center, Ibn Baaz Bookstore hanya khusus menjual kitab dan buku terjemahan saja. Pemilik Sunnah Center memberitahukan kami, bahwa toko offline Ibn Baaz sudah agak lama tutup karena ada kebocoran saluran air yang belum bisa teratasi, sehingga kami hanya bisa mengambil foto dari luar toko (Gambar 3). Sehingga sementara ini hanya melayani penjualan buku dan kitab secara online [3].

 

Namun, dari akun facebook [4] dan website [3] yang dimiliki, tampak bahwa koleksi kitab di toko ini jauh lebih banyak dan lebih lengkap daripada Sunnah Center (Gambar 4) [5]. Tidak heran jika sebagian buku di Sunnah Center dipasok oleh Ibn Baaz Bookstore.

 

Kami hanya bisa mendoakan agar toko offline Ibn Baaz Bookstore bisa segera beroperasi kembali sehingga kami bisa berkunjung ke toko ini suatu saat nanti dan bertemu dengan pemiliknya, in syaa Allah.

Tidak lupa kita senantiasa berdoa, semoga dakwah sunnah di negeri ini semakin berkembang. Dan kami juga berdoa agar suatu saat nanti, kedua toko ini semakin besar dan berkembang sehingga bisa menyamai toko kitab yang ada di negeri seberang (UK dan Irlandia). Aamiin.

***

Diselesaikan menjelang shalat Jum’at, Lab EMC Rotterdam, 19 Rabi’uts Tsani 1439/6 Januari 2018

Oleh seorang hamba yang sangat butuh ampunan Rabb-nya,

Baca juga:

  1. Bolehkah Belajar Dari Kitab Saja Ketika Sulit Berguru Pada Ulama?
  2. Beginilah Cara Mempelajari Kitab Para Ulama (1)
  3. Mengobarkan Semangat Untuk Mengumpulkan Kitab Para Ulama (1)

Penulis: Muhammad Saifudin Hakim
Artikel: Muslim.or.id

Catatan kaki:

[1]     https://muslim.or.id/26690-perkembangan-dakwah-sunnah-di-belanda.html

[2]     http://sunnahcenter.com/3-boeken

[3]     https://ibnbaazbookstore.com/

[4]     https://www.facebook.com/ibnbaazbookstore

[5]    Gambar 5 kami dapatkan dari akun facebook toko online tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
Travel Haji dan Umrah
App Muslim.or.id

About Author

Muhammad Saifudin Hakim

Alumni Ma'had Al-'Ilmi Yogyakarta (2003-2005). Pendidikan Dokter FK UGM (2003-2009). S2 (MSc) Erasmus Medical Center (EMC) Rotterdam dalam bidang Infeksi dan Imunologi (2011-2013). Sedang menempuh S3 (PhD) di EMC-Postgraduate School Molecular Medicine Rotterdam dalam bidang Virologi Molekuler (Nov 2014 - sekarang)

View all posts by Muhammad Saifudin Hakim »