Fatwa Ulama: Perbedaan Masjid Dan Mushalla – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah
X
“Memurnikan Aqidah, Menebarkan Sunnah”

Fatwa Ulama: Perbedaan Masjid Dan Mushalla

Apa perbedaan antara masjid dan musholla? Apakah musholla yang ada di airport, rumah sakit, dll itu termasuk masjid? Apakah disyariatkan shalat tahiyyatul masjid di sana?

5361 0

Perbedaan Masjid Dan Mushola Perbedaan Masjid Dan Musholla Perbedaan Mushola Dan Masjid Beda Masjid Dan Mushola Mushola

Fatwa Syaikh Abdul Aziz Ar Rajihi

Soal:

Apa perbedaan antara masjid dan musholla? Apakah musholla yang ada di airport, rumah sakit, dll itu termasuk masjid? Apakah disyariatkan shalat tahiyyatul masjid di sana?

Jawab:

Masjid adalah yang didirikan shalat lima waktu di dalamnya, berdiri di atas lahan yang permanen dan berupa wakaf, serta memiliki imam tetap. Inilah masjid yang berlaku hukum-hukum masjid.

Adapun musholla di airport, di perkantoran, di sekolah-sekolah, tidak berlaku hukum masjid, (sehingga) tidak disyariatkan untuk shalat tahiyatul masjid. Karena itu adalah tempat biasa yang digunakan untuk shalat saja, dan tidak dijadikan sebagai masjid. Di sana tidak dikerjakan shalat lima waktu dan tidak memiliki imam tetap.

Intinya, musholla di airport, di perkantoran, di sekolah-sekolah, tidak berlaku hukum masjid, sehingga tidak disyariatkan untuk shalat tahiyatul masjid.

***

Teks fatwa:

السؤال
ما الفرق بين المسجد والمصلى؟ وهل تعتبر المصليات التي في المطارات والمستشفيات من المساجد؟ وهل لها تحية المسجد؟

الجواب
المسجد: هو الذي يصلى فيه الصلوات الخمس، ومبني بناء معداً وموقوفاً، وله إمام راتب، فهذا له حكم المساجد، وتصلى فيه التحية، أما المصليات في المطارات وفي الدوائر الحكومية وفي المدارس فليس لها حكم المساجد، ولا تصلى فيها تحية المسجد؛ لأن ذلك مكان وضع ليصلى فيه ولم يجعل مسجداً، ولا تصلى فيه الصلوات الخمس، وليس له إمام راتب، فالمقصود أن المصليات في المطارات وفي المدارس وفي الدوائر الحكومية ليس لها حكم المساجد، ولا تصلى فيها تحية المسجد.

Sumber: Fatawa Munawwa’ah Syaikh Abdul Aziz Ar Rajihi, 9/16, Asy Syamilah

Catatan:

  • Masjid yang ukurannya kecil yang memenuhi syarat sebagaimana disebutkan di atas tetap disebut sebagai masjid dan berlaku hukum-hukum masjid, walaupun sebagian masyarakat menyebutnya musholla.
  • Fatwa ini hanya membahas bahwa hukum-hukum yang terkait dengan masjid tidak berlaku pada musholla seperti tahiyyatul masjid, i’tikaf, dll. Adapun shalat di musholla hukumnya boleh dan sah sebagaimana difatwakan para ulama. Baca: https://pengusahamuslim.com/2798-shalat-di-masjid-1488.html

***

Penyusun: Yulian Purnama

Artikel Muslim.or.id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  

Musholla Perbedaan Masjid Dan Musholah Hukum Sholat Di Mushola Pengertian Musholla Perbedaan Sholat Di Masjid Dan Di Mushola

In this article

Join the Conversation