Flash Donasi Flash Donasi

Tsalatsatul Ushul (8) : Seluruh Ibadah Adalah Untuk Allah Semata

Tsalatsatul Ushul (8) : Seluruh Ibadah Adalah Untuk Allah Semata

Macam-macam ibadah yang diperintahkan Allah antara lain adalah berislam, beriman, ihsan, berdoa, takut pada Allah, berharap pada Allah, tawakkal pada Allah, raghbah (harapan yang khusus), rahbah (takut yang khusus), khusyu’, khasyyah (takut didasari ilmu), inabah (kembali kepada Allah), isti’anah (memohon pertolongan), isti’azah (memohon perlindungan), istighatsah (memohon pertolongan untuk diselamatkan), menyembelih untuk Allah, bernazar, dan yang lainnya. semua ibadah tersebut harus dipersembahkan untuk Allah Ta’ala semata.

Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala,

وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا

Dan sesungguhnya masjid-masjid itu hanyalah kepunyaan Allah, karena itu janganlah kalian menyembah apapun (di dalamnya) di samping (menyembah) Allah” (QS. Al-Jin: 18).

Kesimpulan Dalil

Semua macam ibadah harus dipersembahkan untuk Allah Ta’ala saja.

Penjelasan Dalil

Allah tidak ridha dipersekutukan dengan apapun dalam peribadatan yang harusnya ditujukan kepada-Nya, baik dengan malaikat yang didekatkan (kedudukannya) atau dengan seorang Nabi yang diutus. Dalil dari kedua masalah tersebut adalah  QS. Al-Jin: 18. Semua macam ibadah harus dipersembahkan untuk Allah Ta’ala semata dan tidak boleh dipersembahkan kepada selain Allah, karena dalam ayat ini terdapat dua informasi, yaitu:

1. Larangan Ibadah kepada Selain Allah

Ibadah kepada selain Allah, baik dalam bentuk uacapan maupun perbuatan dilarang. Tidak boleh menyembah pada selain Allah, baik dengan ibadah dalam bentuk berdo’a kepada selain Allah maupun mempersembahkan ibadah lainnya (selain ibadah do’a) kepada selain Allah.

2. Sesembahan Selain Allah Tidak Boleh Disembah

Sesembahan selain Allah dilarang disembah. Jadi, tidak boleh mempersembahkan peribadatan kepada seluruh sesembahan selain Allah, baik itu dari kalangan manusia, jin, maupun yang lainnya1.

Dengan demikian kesimpulannya

  1. Semua macam ibadah harus dipersembahkan untuk Allah Ta’ala saja.
  2. Tidak boleh beribadah kepada selain Allah, siapapun dan apapun selain Allah tersebut!

***

[bersambung]

Penulis: Ust. Sa’id Abu Ukasyah

Artikel Muslim.or.id

[serialposts]

___

  1. Selengkapnya, silahkan baca penjelasan tentang masalah sebelumnya tersebut
Print Friendly, PDF & Email
App Muslim.or.id

About Author

Sa'id Abu Ukkasyah

Pengajar Ma'had Jamilurrahman As Salafy Yogyakarta (hingga 1436H), Pengajar Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, Pengajar Islamic Center Baitul Muhsinin (ICBM) Medari Yogyakarta

View all posts by Sa'id Abu Ukkasyah »