Cara Berwudhu Orang Yang Buntung Anggota Wudhunya

Cara Berwudhu Orang Yang Buntung Anggota Wudhunya

Yang dimaksud anggota wudhu bagian tubuh yang dibasuh atau dicuci ketika berwudhu. Ulama menjelaskan bahwa cara wudhu orang yang anggota wudhunya hilang atau buntung adalah dengan berusaha membasuh secara sempurna dan ujung anggota badan yang buntung juga tetap dibasuhi dengan air. Sebagaimana fatwa berikut ini.

Syaikh Abdullah bin Jibrin rahimahullah ditanya: “Seseorang yang terpotong tangannya sampai lengan atas, bagaimana ia menyempurnakan wudhu untuk shalat?”. Beliau menjawab:

ج: حيث أمر الله بغسل اليدين والرجلين وحدد منتهى الغسل، فقد عرف من ذلك أن الصلاة لا تصح إلا بتمام الطهارة التي منها غسل الأعضاء المذكورة، وأما المقطوع فإن بقي شيء من المفروض كبعض الذراع أو القدم لزم غسل ما بقي وإن لم يبق من المفروض شيء فقد ذكر الفقهاء أن يغسل رأس العضد الموجود، أو رأس الساق الموجود حتى يصدق عليه أنه غسل مسمى اليدين والرجلين

“Ketika Allah memerintahkan agar membasuh kedua tangan dan kaki serta menentukan batas yang dibasuh. Maka diketahui dari dari hal tersebut bahwa shalat tidak sah kecuali dengan menyempurnakan wudhu dengan membasuh anggota badan yang disebutkan.

Adapun anggota badan (wudhu) yang terpotong seperti sebagian lengan bawah atau kaki, maka wajib membasuh anggota badan yang tersisa. Jika tidak tersisa sedikitpun anggota badan (wudhu) maka para ahli fiqh menjelaskan agar ia membasuh ujung lengan atas yang masih ada (ujung tangan yang bunting, pent) atau ujung betis yang masih ada sampai ia telah benar-benar membasuh apa yang disebut tangan dan kaki”.

***

Sumber: http://ibn-jebreen.com/?t=books&cat=1&book=49&toc=&page=1973&subid=

Penerjemah: dr. Raehanul Bahraen

Artikel Muslim.or.id

Print Friendly, PDF & Email
Travel Haji dan Umrah
App Muslim.or.id

About Author

dr. Raehanul Bahraen

Alumni Ma’had Al Ilmi Yogyakarta, S1 Kedokteran Umum UGM, dosen di Universitas Mataram, kontributor majalah “Kesehatan Muslim”

View all posts by dr. Raehanul Bahraen »