Dosa Seorang Alim yang Nampak

Dosa Seorang Alim yang Nampak

Lebih banyak celaan kalau orang yang dipandang berilmu yang berbuat salah dibanding orang awam.

Tak percaya?

Coba lihat di tengah-tengah kita, kalau ada tokoh agama korupsi atau selingkuh, celaan padanya pasti lebih berat. Hujatan akan datang bertubi-tubi. Bahkan akan jadi sorotan di berbagai media.

Itulah yang dikhawatirkan oleh para salaf dahulu, sampai mereka katakan:

إِنَّ مِمَّا أَخْشَى عَلَيْكُمْ زِلَّةُ العَالِمِ

“Sesungguhnya yang aku khawatirkan pada kalian adalah tergelincirnya seorang alim, orang yang berilmu (dalam dosa yang terang-terangan, pen.).” Demikian kata Abu Darda’ sebagaimana disebut dalam Al-‘Aqd Al-Farid, 2: 248.

# Maka waspadalah akhi/ ukhti dengan ilmu yang telah kita pelajari. Karena dosa seorang alim, keadaannya akan genting seperti ini di dunia, lebih-lebih lagi di akhirat.

Wallahu waliyyut taufiq.

Darush Sholihin GK, 18 Dzulqa’dah 1436 H di Shubuh hari

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

Print Friendly, PDF & Email
Travel Haji dan Umrah
App Muslim.or.id

About Author

Muhammad Abduh Tuasikal, MSc.

Pengasuh Rumaysho.Com dan RemajaIslam.Com. Alumni Ma’had Al Ilmi Yogyakarta (2003-2005). S1 Teknik Kimia UGM (2002-2007). S2 Chemical Engineering (Spesialis Polymer Engineering), King Saud University, Riyadh, KSA (2010-2013). Murid Syaikh Dr. Sholih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan, Syaikh Dr. Sa’ad bin Nashir Asy Syatsriy, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir Al Barrak, Syaikh Sholih bin ‘Abdullah bin Hamad Al ‘Ushoimi dan ulama lainnya. Sekarang memiliki pesantren di desa yang membina masyarakat, Pesantren Darush Sholihin di Panggang, Gunungkidul.

View all posts by Muhammad Abduh Tuasikal, MSc. »
  • salaffus solleh

    Celaan adalah Meng Olok2, barang siapa mengolok2,menghibah” kebaikannya akan bangkrut” pindah ke yg diolok2