Fatwa Ulama: Penyebutan Ali Karramallahu Wajhah Adalah Kebiasaan Syi’ah

Fatwa Ulama: Penyebutan Ali Karramallahu Wajhah Adalah Kebiasaan Syi’ah

Fatwa Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Ar Rajihi

Soal: 

Apakah dibenar mengkhususkan sebutan karramallahu wajhah kepada Ali bin Abi Thalib Radhiallahu’anhu? Apakah pengkhususan ini sama seperti sebutan Ash Shiddiq untuk Abu Bakar Radhiallahu’anhu dan Al Faruq untuk Umar Radhiallahu’anhu, juga sebutan ‘Al Imam’ untuk Imam Ahmad, juga sebutan ‘Syaikhul Islam’ untuk Ibnu Taimiyah?

Jawab:

Para sahabat, seorang pun dari mereka tidak dikhususkan dengan sebutan tertentu. Para sahabat itu semuanya karramallahu wajhah (semoga Allah memuliakan wajahnya) dan semuanya radhiallahu’anhu (semoga Allah meridhainya). Pengkhususan yang demikian adalah kebiasaan orang Syi’ah. Mereka mengatakan: “Ali karramallahu wajhah” atau “Ali ‘alaihis salam“.

Adapun sebutan Al Faruq bagi Umar bin Khathab adalah laqb (julukan) dan kun-yah beliau adalah Abu Hafsh. Adpun Ali bin Abi Thalib laqb-nya adalah Abu Turab dan kun-yah beliau adalah Abul Hasan. Sebutan Syaikhul Islam bagi Ibnu Taimiyah merupakan sifat bagi beliau, dan ini tidak bertentangan dengan keadaan beliau dan tidak masalah.

Adapun pengkhususan yang dilakukan orang Syi’ah dengan menyebut Ali karramallahu wajhah atau Ali ‘alaihis salam ini semua tidak ada asalnya.

 

Sumber: http://shrajhi.com//Fatawa/ID/1439

Penerjemah: Yulian Purnama

Artikel Muslim.Or.Id

Print Friendly, PDF & Email
Travel Haji dan Umrah
App Muslim.or.id

About Author

Yulian Purnama

Alumni Ma’had Al Ilmi Yogyakarta, S1 Ilmu Komputer UGM, kontributor web Muslim.or.id dan Muslimah.or.id

View all posts by Yulian Purnama »