Fatwa Ulama: Ulama Masa Kini Menshahihkan Hadits Yang Didhaifkan Ulama Terdahulu – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Fatwa Ulama: Ulama Masa Kini Menshahihkan Hadits Yang Didhaifkan Ulama Terdahulu

Jika sebuah hadits didhaifkan oleh para ulama hadits terdahulu (mutaqaddimin), lalu ulama hadits masa kini (muta'akhirin) menshahihkannya, pendapat mana yang kita ambil?

5781 2

Fatwa Syaikh Muhammad bin Abdillah Al Imam

Soal:

Jika sebuah hadits didhaifkan oleh para ulama hadits terdahulu (mutaqaddimin), lalu ulama hadits masa kini (muta’akhirin) menshahihkannya, pendapat mana yang kita ambil?

Jawab:

Jika ulama hadits masa kini tersebut menshahihkan hadits dengan menggunakan kaidah-kaidah dan dhawabitdhawabit yang juga di gunakan oleh para ulama hadits terdahulu, maka penshahihan tersebut tidak masalah. Namun jika ulama masa kini tersebut tidak menggunakan metode yang digunakan oleh para ulama hadits terdahulu, maka hukum hadits tersebut tetap sebagaimana yang disebutkan oleh para ulama hadits terdahulu.

Wallahul Musta’an.

 

Sumber: http://www.sh-emam.com/show_fatawa.php?id=722

Penerjemah: Yulian Purnama
Artikel Muslim.Or.Id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  
Print Friendly, PDF & Email

In this article

Join the Conversation

  • Gilang Farhan Ramadhan Mulyadi

    dhawabit itu apa?

    • Sa’id Abu Ukkasyah

      kaidah-kaidah juga artinya , tapi khusus untuk bab/ masalah tertentu


Shares