Fatwa Ulama: Apakah Salafi Itu Khawarij?

Fatwa Ulama: Apakah Salafi Itu Khawarij?

Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baaz

Soal:

Bagaimana tanggapan anda terhadap orang yang mengatakan bahwa aqidah khawarij itu adalah aqidah salafiyah dan bahwa salafiyun itu khawarij?

Jawab:

Ini perkataan yang batil. Dibatalkan oleh sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam tentang khawarij:

تمرق مارقة على حين فرقة من أمتي يحقر أحدكم صلاته مع صلاتهم، وقراءته مع قراءتهم، يمرقون من الإسلام مروق السهم من الرمية، أينما لقيتموهم فاقتلوهم فإن في قتلهم أجراً لمن قتلهم

Mereka keluar saat terjadi perpecahan di antara umatku. Salah seorang diantara kalian (sahabat Nabi) akan menganggap remeh shalatnya dibanding shalat mereka. Kalian menganggap remeh baca’an Al Qur’an kalian dibanding bacaan mereka. Mereka itu keluar dari agama ini sebagaimana keluarnya panah keluar dari busurnya. Dimanapun kalian menemui mereka, bunuhlah mereka. Karena membunuh mereka itu berpahalanya bagi yang membunuhnya” (HR. Bukhari 3611)

Dan dalam lafadz yang lain, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda tentang khawarij:

يقتلون أهل الإسلام ويدعون أهل الأوثان

Mereka membunuhi orang Islam dan membiarkan para penyembah berhala” (HR. Bukhari 3344)

Dan sudah diketahui bersama bahwa aqidah khawarij adalah menganggap kafirnya kaum muslimin pelaku dosa besar, dan meyakini bahwa mereka kekal di neraka. Oleh karena itu kaum khawarij memerangi Ali bin Abi Thalib radhiallahu’anhu dan para sahabat yang bersama beliau. Lalu Ali pun memerangi mereka pada perang Nahrawan. Ridha Allah atas beliau dan para sahabat Nabi semuanya. Wallahul muwaffiq.

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/4167

Penerjemah: Yulian Purnama
Artikel Muslim.Or.Id

Print Friendly, PDF & Email
Muslim App
App Muslim.or.id

About Author

Yulian Purnama

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, S1 Ilmu Komputer UGM, kontributor web Muslim.or.id dan Muslimah.or.id

View all posts by Yulian Purnama »
  • Hendrik Hidayah

    berarti kaum khawarij adalah kaum sesat dan bukan islam karna telah menyalahi syariat islam, seperti halnya kaum syiah karna mengkafirkan sebagian para sahabat nabi yang mana mereka semua akan menjadi anjing2 neraka nauzubillah