Fatwa Ulama: Zakat dari Penghasilan Sewa Rumah – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Fatwa Ulama: Zakat dari Penghasilan Sewa Rumah

Fatwa Syaikh ‘Abdul Karim Al Khudair hafzihohullah Soal: Jika seseorang mengambil upah sewa rumah di awal tahun apakah wajib baginya menunggu hingga berlalu haul (satu tahun) baru dikenai …

8022 1

Zakat Sewa Rumah Zakat Sewa Menyewa Zakat Rumah Kontrakan Zakat Rumah Kos Zakat Rumah Sewa

Fatwa Syaikh ‘Abdul Karim Al Khudair hafzihohullah

Soal:

Jika seseorang mengambil upah sewa rumah di awal tahun apakah wajib baginya menunggu hingga berlalu haul (satu tahun) baru dikenai zakat?

Jawab:

Hasil sewa rumah tidak ada zakat sampai harta tersebut bertahan satu haul. Kenapa demikian? Karena sebelum satu tahun, ada kemungkinan uang sewa rumah tersebut terpakai. Jadi uang tersebut selama menunggu jatuhnya haul belum tetap ada pada si pemilik karena kemungkinan terpakai. Lalu nanti uang sewa tersebut akan kembali lagi dipungut. Padahal di antara syarat wajib zakat adalah harta tersebut tetap terus ada.  Jadinya dipersyaratkan menunggu sampai haul sehingga syarat ini terpenuhi.

 

السؤال: يقول: إذا أخذ أجرة البيت في أول السنة فهل يجب انتظار مضي الحول؟

الجواب:

قلنا: إن الأجرة لا زكاة فيها حتى تتم المدة، لماذا؟ لأنه قبل تمام المدة احتمال أن ينهدم البيت، فإذا قبض الأجرة قبل تمام المدة فالملك حينئذٍ غير مستقر؛ لاحتمال أن ينهدم البيت، ثم يرجع ذاك على أجرته، واستقرار الملك شرط لوجوب الزكاة، فالاحتمال قائم حتى تتم المدة ليستقر الملك.

(Sumber fatwa di website pribadi Syaikh ‘Abdul Karim Khudair: http://www.khudheir.com/text/4392)

* Syaikh ‘Abdul Karim Al Khudair adalah ulama senior di Saudi Arabia, berdomisi di kota Riyadh. Beliau adalah anggota Hai-ah Kibaril Ulama dan menjadi pengajar di kuliah hadits Jami’ah Malik Su’ud (King Saud University), Riyadh Saudi Arabia. Beliau pun terkenal karena keilmuan beliau sebagai pakar hadits.

Riyadh-KSA, 25 Shafar 1434 H

Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

Kaum muslimin yang ingin menitipkan harta zakatnya, untuk disalurkan kepada saudara-saudari kita yang termasuk dalam delapan golongan yang berhak menerima zakat, dapat menunaikannya melalui Layanan Penyaluran Harta Zakat Peduli Muslim.


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  

Perhitungan Zakat Rumah Kontrakan Uang Hasil Usaha Kontrakan Rumah Ap Wajib Di Zakati? Sewa Rumasyho Zakat Atas Rumah Kontrakan Zakat Dari Hasil Rumah Kontrakan

In this article

Join the Conversation


Shares