Fatwa Ulama: Bahayakah Sufiyah? – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Fatwa Ulama: Bahayakah Sufiyah?

 Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ 2: 86   Soal: Apa itu sufiyah dan apakah ajarannya membahayakan agama? Apa hukum duduk bersama orang-orang …

7243 1

 Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ 2: 86

 

Soal:

Apa itu sufiyah dan apakah ajarannya membahayakan agama? Apa hukum duduk bersama orang-orang sufi?

Jawab:

Umumnya, sufi di zaman ini adalah kelompok yang telah salah jalan (alias: sesat). Cara mereka beragama telah menyelisihi ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ajaran agama mereka diambil dari pembesar dan guru-guru mereka. Mereka pun percaya bahwa guru-guru mereka tadi dapat memberikan manfaat dan mendatangkan bahaya selain Allah. Tidak boleh duduk di majelis mereka kecuali jika ingin mengajak mereka untuk berpegang teguh dengan ajaran Rasul.

Wa billahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad, wa aalihi wa shohbihi wa sallam.

Ditanda tangani oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz selaku ketua; Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh,  Syaikh Sholih Al Fauzan, Syaikh Bakr Abu Zaid selaku anggota.

 

* Al Lajnah Ad Daimah adalah komisi fatwa di Saudi Arabia, yang berpusat di kota Riyadh. Sebelumnya diketuai oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz. Saat ini  diketuai oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh dan terdapat anggota-anggota yang duduk saat ini seperti Syaikh Sholih Al Fauzan.

 

Riyadh, KSA, 28 Muharram 1434 H

 

Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

 


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  
Print Friendly, PDF & Email

In this article

Join the Conversation

  • Birned Avicenna Satriadi

    sebaiknya menjauhi diri dari para pelaku sufi. krn banyak dari mereka sesat dan menyesatkan. sy pernah di ajak oleh teman sy untuk bergabung dalam suatu tarekat di kota sy. pertama kali sy melihat cara mereka berdzikir seperti orang kerasukan, berteriak2, sy langsung percaya mereka telah tersesat. dan saat berbicara pada pemimpin mrk dan pada waktu itu masuk waktu sholat dzuhur mrk tidak sholat malah berbincang2 smpai waktu ashar.

    mereka hanya mementingkan dzikir tanpa melakukan sholat atau yang lain. bahkan teman sy itu tidak berpuasa selama bulan Ramadhan.


Shares