Fatwa Ulama: Bahayakah Sufiyah?

Fatwa Ulama: Bahayakah Sufiyah?

 Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ 2: 86

 

Soal:

Apa itu sufiyah dan apakah ajarannya membahayakan agama? Apa hukum duduk bersama orang-orang sufi?

Jawab:

Umumnya, sufi di zaman ini adalah kelompok yang telah salah jalan (alias: sesat). Cara mereka beragama telah menyelisihi ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ajaran agama mereka diambil dari pembesar dan guru-guru mereka. Mereka pun percaya bahwa guru-guru mereka tadi dapat memberikan manfaat dan mendatangkan bahaya selain Allah. Tidak boleh duduk di majelis mereka kecuali jika ingin mengajak mereka untuk berpegang teguh dengan ajaran Rasul.

Wa billahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad, wa aalihi wa shohbihi wa sallam.

Ditanda tangani oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz selaku ketua; Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh,  Syaikh Sholih Al Fauzan, Syaikh Bakr Abu Zaid selaku anggota.

 

* Al Lajnah Ad Daimah adalah komisi fatwa di Saudi Arabia, yang berpusat di kota Riyadh. Sebelumnya diketuai oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz. Saat ini  diketuai oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh dan terdapat anggota-anggota yang duduk saat ini seperti Syaikh Sholih Al Fauzan.

 

Riyadh, KSA, 28 Muharram 1434 H

 

Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

 

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khair

Print Friendly, PDF & Email
iklan
MPD Banner

About Author

Muhammad Abduh Tuasikal, MSc.

Pengasuh Rumaysho.Com dan RemajaIslam.Com. Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta (2003-2005). S1 Teknik Kimia UGM (2002-2007). S2 Chemical Engineering (Spesialis Polymer Engineering), King Saud University, Riyadh, KSA (2010-2013). Murid Syaikh Dr. Sholih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan, Syaikh Dr. Sa’ad bin Nashir Asy Syatsriy, Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir Al Barrak, Syaikh Sholih bin 'Abdullah bin Hamad Al 'Ushoimi dan ulama lainnya. Sekarang memiliki pesantren di desa yang membina masyarakat, Pesantren Darush Sholihin di Panggang, Gunungkidul.

View all posts by Muhammad Abduh Tuasikal, MSc. »