Berbagi Cerita Dari Sydney – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah
X
“Memurnikan Aqidah, Menebarkan Sunnah”

Berbagi Cerita Dari Sydney

Saat tiba di Sydney kami langsung berkenalan dengan para pelajar Islam lain yang kebanyakan sedang menempuh studi di University of New South Wales. Ternyata perkumpulan pelajar Islam di …

5378 27

Islam Di Sydney Saat tiba di Sydney kami langsung berkenalan dengan para pelajar Islam lain yang kebanyakan sedang menempuh studi di University of New South Wales. Ternyata perkumpulan pelajar Islam di Sydney ini mempunyai berbagai macam kegiatan. Perkumpulan yang diberi nama KPII (Keluarga Pelajar Islam Indonesia) ini mengadakan pengajian keluarga setiap akhir bulan yang diadakan di aula kampus UNSW serta pada waktu-waktu tertentu diadakan di Konsulat Jenderal RI. Untuk para ibu-ibu mengadakan pengajian khusus akhowat setiap dua pekan sekali. Sedangkan untuk anak-anak diadakan kegiatan TPA setiap pekan sekali yaitu pada hari Sabtu. Pada bulan Ramadhan kami mengadakan buka bersama di rumah-rumah pelajar muslim yang dilakukan secara bergantian. Selain itu, kami bekerja sama dengan ISOC (Islamic Society) of UNSW juga mengadakan buka bersama di beberapa hari dalam bulan Ramadhan, bergantian dengan komunitas muslim dari negara-negara lain, seperti Libanon dan India. Pada waktu tertentu, komunitas muslim SUMSA (Sydney University Muslim Student Association) juga mengadakan event bertajuk Islamic Awareness Week dengan kegiatan-kegiatan berupa ceramah, isu-isu Islam terkini di dunia, serta juga menampilkan acara multicultural lunch di mana para muslim dari berbagai negara menyajikan makanan khas dari daerah mereka masing-masing kepada para pengunjung.

Mendapatkan Makanan Halal
Di Sydney ini terhitung mudah dalam mendapatkan makanan halal. Daerah di sekitar kami tinggal (Kingsford) terdapat dua buah toko Asia (Asian Market) yang banyak menjual makanan dan snack berlabel halal yang merupakan produk-produk impor dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan lauk seperti ayam dan daging, ada butcher khusus yang hanya menjual daging dan ayam halal. Daftar bahan-bahan makanan dan toko halal sudah dicantumkan dalam list Halal Food around UNSW (and Sydney) di situs http://www.falamaki.id.au/halal.html . Para student yang ingin catering pun tersedia beberapa jasa catering makanan halal yang langsung dapat diantar ke unit masing-masing.

Pelayanan di Bidang Kesehatan
Ini adalah pengalaman pribadi kami yang sangat penting diketahui oleh para muslimah berkaitan dengan preference ketika melakukan periksa kesehatan. Pengalaman kami ketika melakukan cek kehamilan selama sembilan bulan, kami bisa meminta pihak rumah sakit untuk menyediakan female staff only. Dan sepanjang proses kehamilan hingga melahirkan kami pun hanya diperiksa oleh staf wanita saja, baik itu midwife ataupun dokter. Hal yang sangat kami sukai lagi adalah ketika dokter meminta ijin sebelum melakukan imunisasi pada bayi. Bahkan dokter memberikan referensi tentang bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan vaksin serta menjelaskan apa yang ada di dalam vaksin tersebut sehingga kami berhak menolak ataupun menyatakan setuju untuk dilakukan imunisasi pada bayi kami.

Masjid di Sydney
Masjid Lakemba Di Sydney ini terdapat sebuah masjid di pusat kota, selain itu ada masjid di daerah Tempe dan juga di kampung muslim di daerah Lakemba. Lakemba merupakan pusat kegiatan muslim di Sydney. Di sana banyak diadakan kegiatan-kegiatan keislaman seperti pengajian keluarga dan manasik haji. Daerah Lakemba juga terdapat toko-toko buku Islam. Di daerah sekitar UNSW sendiri tidak terdapat masjid. Shalat jamaah biasa dilakukan di Religious Room di salah satu gedung UNSW, serta ada aula khusus untuk melaksanakan shalat Jumat. Yang sangat disayangkan, beberapa sholat Jumat terakhir terpaksa dilakukan di halaman kampus karena kami tidak lagi mendapatkan ijin dari pihak universitas untuk menggunakan ruangan yang biasanya.

Penulis:
Nur Fitri Fatimah bersama suami, Syarif Hidayat (Mahasiswa Pasca Sarjana Master of Informatics, University of New South Wales)

Artikel Muslim.Or.Id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  
Print Friendly, PDF & Email

In this article

Join the Conversation

  • Muslim Pati

    Barakallahufikum bgus banget artkelnya

  • Assalamu’alaikum
    Semoga Islam selalu berjaya di muka bumi. Sudah tugas kita untuk berdakwah yang sesuai kemampuan kita masing-masing dan sesuai syar`i.

  • satya abu daffah

    Siapa tahu dengan dilaksanakannya shalat jum’at di halaman kampus maka dakwah islam justru semakin tersebar biidznillah…

  • Customer

    kebetulan pernah shalat jumat di halaman rumput yang ada di pinggiran univeristy mall UNSW dan pernah juga shalat jumat dalam siraman air hujan di tempat tersebut.

    Saya sungguh sedih,. melihat kejadian ini,.

    Di indonesia , masjid megah berserakan dimana, yang artinya mudah di dapat nyaman, dan sungguh sangat tenang jikalau shalat atau pun shalat jumat.

    Padahal jikalau mau bersepakat para muslim di indonesia, ataupun negara lainnya saling memberikan donasi untuk membeli lahan di sekitaran kingsford ( maks 3 menit walk from unsw) ataupun di dalam UNSW untuk membangun sebuah mesjid minimal untuk ukurang 250 orang. alangkah indahnya sekolah di aussie punya mesjid dalam kampus pula, nggak pindah2 shalat jumatnya.

    saya pernah diskusi dengan salah satu jamaah di tempat shalat jumat UNSW. beliau pernah di Inggris, dan disana banyak mesjid yang bagus, sehingga umat islam sungguh nayaman dalam melaksanakan ibadahnya.

    Kira2 mungkin nggak ya ada orang yang sangat kaya yang bisa merealisasikan ide saya untuk bangun mesjid di dalam kampus UNSW??

    MUDAH MUDAHAN TERLAKSANA

  • dianita k

    tegakkan syari,ah islam walaupun rintangan menghadangmu

    ALLAHUAKBAR

  • ririh wejang ningtyas

    islamic religion is a good religion for me and islam will be a good religion if we always appreciate it…..and never forget to our god
    i really surprise when i know that there are many muslim go to sydney and study there
    and how surprise that they can do a lot of things such as open fasting,pengajian,and another things about it……..

  • Verily, Islam gonna hefty on the surface of this earth …

  • vida

    ssssiiiiiiiip

  • Subhanallah ….
    Insya allah di Sydney akan didirikan pesantren secepatnya & itu Allah yang bangunkan buat umat Islam disana aku kok sampe skarang sering terobsesi ini ya …. gara2 lihat Ausi yg tanahnya luas tapi gk ada pesantren satupun disana klo dibangun dibukit2 itu Insya Allah Islam bs membuka mata hati mereka warga Ausi… Amiiin

  • Abu Jundi Aedi

    Mudah2an tetap istiqomah di jalan-NYA walau dinegeri kuffar

  • m yusuf

    masya alloh bagus artikelnya…teruskan penulisan artikelnya dan tolong terus kabari kami tentag keadaan orng islam di sana….syukron

  • Membaca artikel antum diatas kami jadi inget pas masih di Sydney (January 2004-March 2006), kebetulan suami juga ambil Master di UNSW beasiswa dari ADS. Memang, temen2 KPII cukup kompak dulu, kebetulan saya juga pernah memegang (koordinator) pengajian akhowat 2 mingguan tsb, dan suami memegang pengajian bapak2 mingguan periode 2004-2005. Temen2 KPII dan ISOC-nya alhamdulillah mmg kompak, wlo pun klo diskusi kadang sampai agak panas2 juga, terutama bapak2 (hehe, maklum dg latar belakang ngaji dan manhaj yg beda2, sementara belum ada ahlul ilmi yang ilmunya se-level ustadz). diatas semua itu, tetep saya rasakan ukhuwah-nya.

    Kini kami sekeluarga tinggal di Southampton, England. Suami sedang menempuh PhD program. Berbeda dg Sydney, community Indonesia-nya dikit, ISOC-nya sebagian besar orang arab or middle east. Jadi, dari sisi kedekatan (temen Indonesia), memang agak kurang di banding di KPII Sydney. ISOC lebih berperann (multination)Kami bangun Pengajian Soton disini, dan alhamdulillah berjalan dg baik, wlo pertemuannya belum sesering di Sydney, mungkin kayak pengajian family-nya KPII bulanan. Tapi kami juga mau buat pengajian akhowat 2 mgu-an disini yg sudah dirapatkan ramadhan ini, InsyaAllah.

    Kelebihannya di England, berdasarkan pengalaman saya, British lebih ramah thd org islam drpd Aussie, Community Muslim-nya lebih berkuasa disini, masjid banyak, pengajian banyak (temen2 arab and middle east), dan jujur saja, saya pribadi ketemu lebih banyak orang2 yang lebih berilmu disini daripada di Sydney, terutama temen2 dari arab, hafalan dan ilmunya banyak, wara’nya, manhajnya dalam memahami ilmu islam, dll. Pakai jilbab, niqob and purdah hal yg biasa disini bagi muslimah, tidak perlu tll takut, kayak dulu kami di Sydney. Mungkin krn komunitas muslim-nya juga lebih banyak. Temen2 bule juga banyak yg mulai masuk islam, kami banyak bertemu dg mereka di ramadhan ini dan bertukar hadiah, ada juga yg baru masuk islam ramadhan ini. Ramai juga.

    Anyway, dimana pun kita berada. Sbg seorang muslim mmg kita mempunyai beban dan tgg jwb untuk menuntut ilmi dien, menebar dakwah dan ukhuwah….

    Moga semua temen2 muslim yang di luar negeri tetep istiqomah dan diberi kemudahan dala menuntut ilmu serta mendapatkan lingkungan muslim yg baik.

    Kabar terakhir saya dengar dari UNSW adalah tanah university yg dulu diberikan oleh pihak university untuk dibangun masjid diurungkan.Sedih juga mendengarnya. Padahal dulu saya lihat temen2 KPII yg senior dan duduk di kepengurusan ISOC seperti Pak Syuhro dkk berjuang keras untuk hal tsb. Dulu di ada staff university yg cukup berpengaruh, Brother Walid yg sekarang kerja di Google yg juga ikut berjuang keras demi terwujudnya masjid tersebut. Sayang dana pembangunan belum ada. Yach, qodarullah, semoga diberi kemudahan dg jalan yg lain….amin

  • Ardityo Giantra

    Waah bagus bangeet….
    Tapi tolong dong beriin info tentang beasiswa di sana.

    Syukron, Jazakumullah Khairon…..

  • Pingback: Berbagi Cerita dari Sdyney - Lazis Garuda Indonesia()

  • Untuk informasi dakwah salafiyah atau ahlussunnah wal jama’ah indonesia ataupun internasional di Australia silahkan hubungi kami di Al Ghuraba Foundation http://www.alghurabafoundation.multiply.com
    http://www.abdullahalaussie.multiply.com

  • Liha Ahliana

    Seneng tau dsana d rumah sakitny respect sama muslimah, sampe mau nyediakan dokter n perawat wanita semua unt melahirkan…..
    Coba d sini smua RS bs gt. d Indonesia sendiri malah setauku banyak ibu2 yg dg ringan bahkan bangga periksa kandungan ke dokter laki2, hanya karena profesionalny saja tanpa berpikir bukan mahram. Semoga suatu saat nanti iklimnya berubah dan dokter SpOG wanita jd most wanted

  • Pingback: Berbagi Cerita Dari Sydney | enkripsi()

  • assalamualaikum
    akh ijin copy untuk blog http://enkripsi.wordpress.com
    jazakumullah khoir

  • abu

    jaga keikhlasan ! bukan kuantitas, tapi kualitas !

  • jadi nambah smangadh!

  • andri wardiana

    saya berkesempatan sholat Ied 1431 H bertepatan dengan September 2010 di UNSW. Subhanalloh jamaahnya bnyak. sy pun sempet 2 kali sholat jumat di UNSW, tp qt di tempatkan di sport hall dekat tempat yg lagi di bangun. jadi ketika khotib berkhutbah, jd kurang jelas karena suara bising dari alat berat bangunan itu. cuman yg saya rasakan, memang terkadang ukhuwah kita begitu erat ketika kita jd minoritas.
    Saya ucapkan terimaksih buat KPII sydney..buka bersamanya, halal bihalal, pengajian jumat malam, sampei ikut BBQan pada saat pergantian pengurus…Jazzakalloh..3 bulan tinggal di Kingsford begitu mengesankan…

  • Selly

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb..
    salam kenal ya :)
    Insya Allah mid januari ini saya sekeluarga pindah ke sydney. mohon info tentang catering halal di sydney.
    Makasih banyak :)

  • abu dawud

    thanks infonya, jadi nambah pengetahuan. Biar nanti kalau bisa skul ke sydney, saya tidak khawatir lagi mengenai makanan halal.

  • abu dawud

    syukron

  • rheen almasy

    waaahhh…
    inspiratif banget!
    thx a lot for artikelx ukh..akh ;)

  • umm saleem

    jika ada yg bisa memberitahu..di mana saya bisa menemukan pengajian2 bermanhaj salaf di Aussie,khususnya di sydney..karena berdasarkan pencarian saya,sepertinya aussie begitu kering dri dakwah salafiyyah..wallahuallam

  • Pingback: Berbagi Cerita Dari Sydney | Islam Kepel()