Keindahan Islam (4) – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Keindahan Islam (4)

Agama Islam merupakan agama yang sempurna dari segala sisi, tidak ada kekurangan, tidak ada kesalahan, dan tidak ada aib di dalam agama ini sedikitpun

239 0

Islam Mencakup Seluruh Kehidupan Kesempurnaan Islam

Agama Islam merupakan agama yang sempurna dari segala sisi, tidak ada kekurangan, tidak ada kesalahan, dan tidak ada aib di dalam agama ini sedikitpun. Tidak ada satupun kebaikan yang dibutuhkan umat manusia kecuali Allah telah jelaskan dalam agama Islam dengan penjelasan yang sempurna, jelas, dan gamblang yang mampu dipahami oleh manusia.

Demikian pula, dalam agama Islam ini tidak ada satupun dari keburukan yang membahayakan umat manusia kecuali Allah telah peringatkan manusia darinya. Hal ini adalah perkara yang ditetapkan dalam Alquran dan As-Sunnah dan disepakati oleh ulama kaum muslimin. Beberapa dalil berikut ini menjadi dasarnya:

Firman Allah Ta’ala:

مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ

Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab” (QS. Al-An’aam: 38).

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (QS. An-Nahl: 89).

Firman Allah Ta’ala:

وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا

Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas” (QS. Al-Israa’: 12).

Dalam Dar`u Ta’arudhil ‘aqli wan naqli, Ibnu Taimiyyah rahimahullah setelah menyebutkan ayat-ayat Alquran yang menunjukkan bahwa Kitabullah menjelaskan seluruh petunjuk Allah yang dibutuhkan manusia, beliau mengatakan,

ومثل هذا في القرآن كثير، مما يبين الله فيه أن كتابه مبيِّن للدين كله، موضح لسبيل الهدى، كافٍ لمن اتبعه، لا يحتاج معه إلى غيره يجب اتباعه دون اتباع غيره من السبل

“Dan ayat-ayat yang seperti ini dalam Alquran banyak jumlahnya, yang mana Allah menjelaskan di dalamnya bahwa Kitab-Nya menjelaskan seluruh ajaran agama Islam ini, menjelaskan jalan petunjuk-Nya, mencukupi bagi orang yang mengikutinya dan ia tidaklah membutuhkan petunjuk selain Alquran serta wajib baginya mengikutinya dan tidak boleh mengikuti jalan-jalan selainnya.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam bersabda,

أيها الناس ! إنه ليس من شيء يقربكم من الجنة ويبعدكم من النار إلا قد أمرتكم به، وليس شيء يقربكم من النار ويبعدكم من الجنة إلا قد نهيتكم عنه

“Wahai manusia, sesungguhnya tiada sesuatupun yang mendekatkan diri kalian ke surga dan menjauhkan diri kalian dari dari neraka kecuali telah aku perintahkan kalian melakukannya.

Dan tidak ada sesuatupun yang mendekatkan diri kalian ke  neraka dan menjauhkan diri kalian dari dari surga kecuali telah aku larang kalian dari melakukannya”.

(HR. Ibnu Abi Syaibah dan Abdur Razzaq dalam Mushannaf keduanya, Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dan selain mereka. Syaikh Al-Albani menshahihkannya As-Silsilah).

Dan masih banyak dalil lainnya yang menunjukkan kesempurnaan agama Islam. Ajaran agama Islam merupakan ajaran yang menyeluruh. Islam mengandung petunjuk yang mencakup seluruh sisi kehidupan manusia, baik di dunia dan akhirat.

Dalam Islam, terdapat petunjuk tentang aspek akidah, ibadah, mu’amalah, dan akhlak manusia, sebagaimana terdapat pula aturan tentang perekonomian, politik, sosial, budaya, dan keamanan. Sebagaimana terdapat pula aturan tentang individu, masyarakat, negara, maupun hubungan antar negara, serta seluruh sisi kehidupan lainnya. Dan semua petunjuk dan aturan dalam Islam merupakan ajaran yang sempurna dari segala sisi, dan tidak ada aib serta tiada pula kekurangan dari sisi manapun.

[Bersambung]

***

Penulis: Ust. Sa’id Abu Ukasyah

Artikel Muslim.or.id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  

In this article

Join the Conversation

Shares