Flash Donasi Flash Donasi

Tsalatsatul Ushul (18) : Raghbah, Rahbah, dan Khusyuk

Tsalatsatul Ushul (18) : Raghbah, Rahbah, dan Khusyuk

Raghbah

“Dalil ibadah raghbah (harapan yang khusus), rahbah (takut yang khusus) dan khusyuk (tunduk) adalah firman Allah Ta’ala,

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا ۖ وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

Sesungguhnya mereka itu senantiasa berlomba-lomba dalam (mengerjakan) kebaikan-kebaikan serta mereka berdo’a kepada Kami dengan penuh harap (rahmat Kami) dan sangat takut (akan siksa Kami), sedang mereka itu selalu tunduk hanya kepada Kami” (QS.Al-Anbiya: 90).

Kesimpulan Dalil

Ayat tersebut  merupakan dalil yang menunjukkan adanya ibadah raghbah (harapan yang khusus), rahbah (takut yang khusus), dan khusyuk (tunduk dan tenang).

Penjelasan Dalil

Allah Ta’ala dalam ayat tersebut memuji para Nabi dan Rasul ‘alaihimush sholatu was salam, sehingga hal ini menunjukkan bahwa ketiga perkara tersebut adalah ibadah, karena setiap perkara yang dipuji oleh Allah pastilah dicintai oleh-Nya dan jika suatu perkara dicintai oleh-Nya, maka perkara itu termasuk kedalam definisi ibadah.

Allah Ta’ala berfirman di akhir ayat ini {وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ}. Didahulukannya jar dan majrur {لَنَا} sebelum { خَاشِعِينَ} menunjukkan pembatasan dan pengkhususan, maksudnya bahwa ibadah khusyu’ tersebut  dibatasi hanya boleh dipersembahkan kepada Allah Ta’ala saja dan tidak boleh dipersembahkan kepada selain-Nya.

Khasyyah

Penjelasan dalil firman Allah Ta’ala

فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِي

Maka janganlah kalian takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku” (QS. Al-Baqarah: 150).

Kesimpulan Dalil

Ayat tersebut merupakan dalil tentang adanya ibadah khasyyah, yaitu takut yang didasari ilmu tentang keagungan yang ditakuti.

Penjelasan Dalil

Dalam ayat tersebut, Allah Ta’ala melarang kita dari khasyyah kepada orang-orang kafir dan memerintahkan kita untuk khasyyah hanya kepada Allah Ta’ala. Maka hal ini menunjukkan khasyyah adalah ibadah, karena khasyyah dijadikan sesuatu yang khusus dipersembahkan kepada Allah Ta’ala saja.

[bersambung]

***

Penulis: Ustadz Sa’id Abu Ukasyah

Artikel Muslim.or.id

[serialposts]

Print Friendly, PDF & Email
App Muslim.or.id

About Author

Sa'id Abu Ukkasyah

Pengajar Ma'had Jamilurrahman As Salafy Yogyakarta (hingga 1436H), Pengajar Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, Pengajar Islamic Center Baitul Muhsinin (ICBM) Medari Yogyakarta

View all posts by Sa'id Abu Ukkasyah »