Ciri-Ciri Da’i Sukses

Ciri-Ciri Da’i Sukses

Oleh : Syaikh ‘Abdul Aziiz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah

Soal :

Bagaimana pendapat Anda tentang ciri-ciri da’i yang sukses dan berhasil ? Apa saja sifat-sifat yang harus dimiliki seorang da’i sehingga bisa meningkatkan efektifitas dalam berdakwah dan memberikan pengaruh terhadap objek dakwah ?

Jawab :

Da’i yang sukses dan berhasil adalah,

  1. Da’i yang memperhatikan dalil dalam menyampaikan ilmu dan mampu bersabar dalam menghadapai ujian dakwah serta melakukan upaya yang terbaik dalam berdakwah kepada Allah mesikpun ditimpa beragam ujian dan dilanda kelelahan. Seorang da’i hendaknya tidak bersikap lemah terhadap ujian yang menimpanya dan juga perkataan yang didengarnya. Kewajibannya adalah bersabar terhadap itu semua.
  2. Hendaknya dia juga berupaya maksimal dalam berdakwah dengan memanfaatkan seluruh cara dan sarana yang ada, namun dengan tetap berpedoman pada dalil dan cara penyampaian yang baik. Dengan demikian dakwahnya dibangun di atas landasan kuat yang mendapat keridhaan Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang mukmin.
  3. Hendaknya para da’i berhati-hati dari perbuatan menggampangkan dalam menyampaikan ilmu sehingga tidak berkata tentang Allah tanpa dasar ilmu.
  4. Wajib bagi seorang da’i memiliki perhatian terhadap dalil syariat dan bersabar terhadap kesulitan dalam menempuh jalan tersebut tatkala berdakwah kepada Allah baik ketika menyampaikan ilmu maupun mempelajarinya.

Inilah sifat-sifat da’i sukses yang berhak mendapatkan pujian dan kedudukan yang tinggi di sisi Allah jika semuanya itu dilakukan ikhlas karena Allah Ta’ala.

Sumber : http://www.binbaz.org.sa/node/1779

Tambahan editor:

Ternyata da’i sukses menurut Syaikh Ibnu Baz bukanlah yang populer dan banyak pengikutnya.

***

Penerjemah : Adika Mianoki

Print Friendly, PDF & Email
Travel Haji dan Umrah
App Muslim.or.id

About Author

dr. Adika Mianoki

Alumni dan pengajar Ma’had Al Ilmi, S1 Kedokteran Umum UGM, penulis buku “Jawaban 3 Pertanyaan Kubur”

View all posts by dr. Adika Mianoki »