Siapa Bilang Demonstrasi Itu Solusi?

Siapa Bilang Demonstrasi Itu Solusi?

Imam Ibnul Qoyyim berkata dalam Madarijus Salikin: “Apabila seorang merasa kesulitan tentang hukum suatu masalah, apakah mubah ataukah haram, maka hendaklah dia melihat kepada mafsadat (kerusakan) dan hasil yang ditimbulkan olehnya.

Apabila ternyata sesuatu tersebut mengandung kerusakan yang lebih besar, maka sangatlah mustahil bila syari’at Islam memerintahkan atau memperbolehkannya, bahkan keharamannya merupakan sesuatu yang pasti.

Lebih-lebih apabila hal tersebut menjurus kepada kemurkaan Allah dan Rasul-Nya baik dari jarak dekat maupun dari jarak jauh, seorang yang cerdik tidak akan ragu akan keharamannya”.

Dengan bercermin kepada kaidah yang berharga ini marilah kita bersama-sama melihat hukum demonstrasi secara adil. Apakah yang kita dapati bersama? Kita akan mendapati dampak negatif dan kerusakan-kerusakan akibat demonstrasi, di antaranya: hilangnya keamanan negara, hilangnya wibawa pemimpin, kerusakan bangunan dan jalan, penjarahan, kemacetan lalu lintas, keluarnya kaum wanita di jalan-jalan, aksi mogok makan yang sangat mengkhawatirkan, bahkan tak jarang nyawa manusia melayang. Bukankah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

لزوال الدنيا وما فيها أهون عند الله من قتل المسلم بغير حق

Hancurnya dunia dan isinya lebih ringan di sisi Allah daripada hilangnya nyawa seorang muslim tanpa alasan yg benar“.

Kemudian, tanyakan pada dirimu, bukankah demonstrasi sudah seringkali digelar? Lantas apa hasilnya? Pikirkanlah!!

Ya Allah, jagalah negeri kami dari kerusakan.

Baca Juga: Noda Hitam Demokrasi

Penulis: Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi

Artikel Muslim.Or.Id

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Print Friendly, PDF & Email
batik travel
MPD Banner

About Author

2 Comments

  1. Ginanjar Eka Putra

    berarti kalau demonya damai aman tentram, nda apa2 kan? memang demo itu bukan solusi tp salah satu cara menyampaikan pendapat/pemikiran secara beramai ramai dan ada pengerahan massa, adanya demo merupakan ciri pemerintahan yg menganut sistem demokrasi, jd kalau gak mau ada demo ya rubah dulu sistemnya

    • Demo yang damai pun tidak diperbolehkan karena banyak penyimpangan lainnya dalam demo.

      Anda benar, pemerintah yang Islami tidak akan membolehkan demo, demikian juga masyarakat yang Islami tidak semestinya berdemo.

Leave a Reply