Fatwa Ulama: Pemikiran Khawarij – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah
X
“Memurnikan Aqidah, Menebarkan Sunnah”

Fatwa Ulama: Pemikiran Khawarij

Orang yang suka mengkafirkan penguasa dan memprovokasi kaum muslimin untuk memberontak kepada para penguasa mereka. Apakah orang semacam itu termasuk dalam kategori Khawarij

5527 4
kekuasaan_caleg_3

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Suatu saat, Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah mendapat pertanyaan: “Orang yang suka mengkafirkan penguasa dan memprovokasi kaum muslimin untuk memberontak kepada para penguasa mereka. Apakah orang semacam itu termasuk dalam kategori Khawarij?”

Beliau menjawab :

Inilah madzhab/pemahaman Khawarij. Yaitu ketika dia memandang bolehnya memberontak kepada para pemimpin kaum muslimin. Dan yang lebih parah daripada itu apabila dia juga mengkafirkan mereka, maka ini jelas termasuk madzhab Khawarij.

Sumber : al-Ijabat al-Muhimmah fil Masyakil al-Mulimmah, Juz 1 halaman 8

Catatan redaksi:
Syaikh di sini menyatakan bahwa perbuatan tersebut adalah pemikiran khawarij, beliau tidak mengatakan orang yang melakukannya disebut orang khawarij. Ini dua hal yang berbeda. Vonis individu bukan urusan ringan, dan banyak faktor yang perlu dilihat.

***

Penerjemah: Ari Wahyudi

Artikel Muslim.Or.Id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  
Print Friendly, PDF & Email

In this article

Join the Conversation