Fatwa Ulama: Kapan Masuknya Waktu Shubuh? – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Fatwa Ulama: Kapan Masuknya Waktu Shubuh?

Apakah masuknya waktu fajar itu dengan adanya warna putih di langit ataukah disyaratkan adanya warna kemerahan baru dianggap sebagai waktu fajar (shubuh) yang syar'i ?

5277 2

Fatwa Syaikh Khalid Al Mushlih

Soal:

Apakah masuknya waktu fajar itu dengan adanya warna putih di langit ataukah disyaratkan adanya warna kemerahan baru dianggap sebagai waktu fajar (shubuh) yang syar’i ?

Jawab:

الحمد لله، وصلى الله وسلم وبارك على رسول الله، وعلى آله وصحبه أما بعد

Waktu fajar berdasarkan nash-nash yang ada yaitu ketika muncul fajar kedua. Dalam hal ini ulama sudah ijma’. Adapun tandanya, yaitu warna putih yang menyebar di ufuk dan ini disebut sebagai fajar shadiq. Dan warna putih di langit ini terkadang memang terdapat sedikit campuran warna kemerahan namun patokan tetap berporos pada warna putihnya, baik ada warna kemerahan ataupun tidak. Berdasarkan firman Allah Ta’ala:

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ

makan dan minumlah sampai jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu fajar” (QS. Al Baqarah: 187)

 

Sumber: http://almosleh.com/ar/index.php?go=fatwa&more=283

Penerjemah: Yulian Purnama

Artikel Muslim.Or.Id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  
Print Friendly, PDF & Email

In this article

Join the Conversation

  • muhammad abdullah

    di indonesia lebih kurang pada 19,5 derajat atau 20 menit dari jadwal waktu sholat depag yang ada sekarang. konsekuensinya adalah mereka yang sholat sebelum waktu shubuh yang syar’i adalah batal dan harus sholat lagi diwaktu yang benar

    • Itu tidak benar, berdasarkan pengamatan, jadwal dari Depag yang menggunakan metode hisab Ummul Qura masih sesuai dengan tanda-tanda fajar shadiq.

      Namun jika mau berhati-hati dan mengundurkan beberapa menit itu tidak mengapa.


Shares