Kebenaran Itu Amat Jelas Dan Terang – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Kebenaran Itu Amat Jelas Dan Terang

Imam Ahmad: "Sesungguhnya muncul penentangan orang yang menentang, dikarenakan kedangkalan ilmu mereka terhadap ajaran yang dibawa oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam"

6354 0

Allah Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?“ (QS. Al-Qamar:17).

Allah memudahkan lafazhnya untuk dibaca dan maknanya untuk dipahami. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الْحَلَالُ بَيِّنٌ وَالْحَرَامُ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا أُمُوْرٌ مُشْتبِهَاتٌ

Sesungguhnya perkara halal itu sudah jelas dan perkara haram itu sudah jelas. Dan di antara keduanya ada perkara-perkara yang samar”. (Muttafaqun ‘alaih).

Oleh karena itu, kebatilan hanya laku pada orang yang tidak memiliki ilmu dan ma’rifah sama sekali, dan tidak memiliki perhatian terhadap nash-nash Al-Qur`an dan Sunnah serta ucapan-ucapan Sahabat dan Tabi’in.

Imam Ahmad rahimahullah berkata, “Sesungguhnya muncul penentangan orang yang menentang, dikarenakan kedangkalan ilmu mereka terhadap ajaran yang dibawa oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam”. (I’lamul Muwaqqi’in 1/44).

Sedangkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan: “dan tidaklah kamu mendapati seseorang yang terjerumus dalam bid’ah kecuali karena ia kurang mengikuti petunjuk Sunnah dalam aspek pengetahuan dan pengamalannya” (Syarhu Hadits ‘Laa Yazni az-Zani’ hlm.35).

Ya Allah, tunjukilah kami ke jalan yang lurus. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri kenikmatan kepada mereka, bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan jalan orang yang sesat.

Penulis: Muhammad Ashim Musthafa, Lc.

Artikel Muslim.Or.Id


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  
Print Friendly, PDF & Email

In this article

Join the Conversation


Shares