Mungkinkah Allah Mengampuniku?

Mungkinkah Allah Mengampuniku?

Para pembaca yang semoga dirahmati Alloh, mungkin ada yang bertanya, “Aku ingin bertaubat, namun dosaku terlalu banyak. Tidak ada satu macam perbuatan keji pun melainkan telah kukerjakan. Tidak ada satu bentuk dosa pun melainkan aku telah terjerumus ke dalamnya. Mungkinkah Alloh mengampuni dosa-dosaku?!!”

Bagi siapa saja yang merasa dosanya sulit diampuni maka perhatikanlah kisah berikut ini.

Kisah Taubat Pembunuh 100 Jiwa

Kisah ini diriwayatkan dari Abu Sa’id Sa’ad bin Malik bin Sinaan Al Khudri rodhiyallohu ‘anhu, Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dahulu pada masa sebelum kalian ada seseorang yang membunuh 99 jiwa, lalu ia bertanya tentang orang yang paling alim di muka bumi, maka ia ditunjukkan kepada seorang rahib (ahli ibadah), lalu ia mendatangi rahib tersebut dan berkata, ‘Jika ada orang yang membunuh 99 jiwa, apa taubatnya bisa diterima?’ Rahib pun menjawab, ‘Tidak.’ Lalu orang tersebut membunuh rahib itu sehingga genap sudah dia membunuh 100 nyawa. Kemudian ia kembali bertanya tentang orang yang paling alim di muka bumi, lalu ia ditunjukkan kepada seorang yang ‘alim, lalu dia berkata, ‘Jika ada orang telah membunuh 100 jiwa, apakah masih ada pintu taubat untuknya?’ Orang alim itu pun menjawab, ‘Ya Siapakah yang menghalangi nya untuk bertaubat? Pergilah ke daerah ini karena di sana terdapat sekelompok orang yang menyembah Alloh Ta’ala, maka sembahlah Alloh bersama mereka dan janganlah kembali ke daerahmu yang dulu karena daerah tersebut adalah daerah yang jelek.’ Laki-laki ini lantas pergi menuju tempat yang ditunjukkan oleh orang alim tersebut. Ketika sampai di tengah perjalanan, maut menjemputnya. Maka terjadilah perselisihan antara malaikat rahmat dan malaikat azab. Malaikat rahmat berkata, ‘Orang ini pergi untuk bertaubat dengan menghadapkan hatinya kepada Alloh’. Sedangkan malaikat azab berkata, ‘Sesungguhnya orang ini belum pernah melakukan kebaikan sedikit pun’. Lalu datanglah malaikat lain dalam bentuk manusia, mereka pun sepakat untuk menjadikan malaikat ini sebagai juru damai. Malaikat ini berkata, ‘Ukurlah jarak kedua tempat tersebut (jarak antara tempat jelek yang dia tinggalkan dengan tempat yang baik yang ia tuju,pen.), daerah yang jaraknya lebih dekat, maka daerah tersebut yang berhak atas orang ini.’ Mereka pun mengukur jarak kedua tempat tersebut dan teryata orang ini lebih dekat dengan tempat yang ia tuju, Oleh karena itu ruhnya dibawa oleh malaikat rahmat.” (HR. Bukhori & Muslim)

Wahai saudaraku, siapakah yang dapat menghalangi dari pintu taubat? Laki-laki ini telah membunuh 100 nyawa dan dia telah Alloh ampuni. Jika demikian mengapa Anda berputus asa dari rohmat Alloh dan ampunan-Nya yang begitu luas ??!

Pesan yang Terkandung Dalam Kisah di Atas

Pertama; Pembunuh masih memiliki kesempatan untuk bertaubat. Dalilnya adalah firman Alloh yang artinya, “Sesungguhnya Alloh tidak akan mengampuni dosa syirik, namun Dia mengampuni dosa-dosa di bawah syirik, bagi siapa yang Dia kehendaki.” (An Nisaa’: 48). Yaitu Alloh mengampuni dosa-dosa di bawah syirik, apabila Dia menghendaki. Ini merupakan pendapat mayoritas para ulama. Ayat ini juga menunjukkan tentang keutamaan ikhlas dan ikhlas merupakan sebab dosa terampuni.

Kedua; Hati ahli maksiat lebih mudah tergugah untuk bertaubat kepada Alloh daripada ahli bid’ah karena dia merasa berbuat salah.

Ketiga; Orang yang berilmu lebih utama daripada ahli ibadah karena ahli ibadah yang jahil (bodoh) terkadang dengan kejahilannya bertindak ‘ngawur’ sekalipun menurut dia hal itu baik. Bertitik tolak dari hal ini dapat diketahui bahwa orang yang terjun berdakwah, harus memiliki ilmu agar tidak membuat kerusakan yang lebih besar.

Keeempat; Orang yang bertaubat hendaknya berpindah dari lingkungan yang jelek ke lingkungan yang baik. Karena bergaul dengan orang-orang sholeh merupakan penyebab iman menjadi kuat dan tipu daya syaithon makin lemah.

Luasnya Ampunan Alloh

Pembaca yang semoga dirahmati Alloh, perhatikanlah hadits qudsi berikut yang menceritakan luasnya ampunan Alloh Subhanahu wa Ta’ala!!

Dari Anas rodhiyallohu ‘anhu, “Saya mendengar Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, Alloh Ta’ala berfirman, ‘…Hai anak Adam, sungguh seandainya kamu datang menghadapKu dengan membawa dosa sepenuh bumi, dan kau datang tanpa menyekutukan-Ku dengan sesuatupun. Sungguh Aku akan mendatangimu dengan ampunan sepenuh bumi pula’.” (HR. Tirmidzi, dihasankan oleh Al Albani di Shohihul Jaami’)

Semoga Alloh menerima taubat dan membersihkan dosa-dosa kita. Amiin.

***

Penulis: Abu Isma’il M. Abduh Tuasikal
Artikel www.muslim.or.id

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Print Friendly, PDF & Email
iklan
MPD Banner

About Author

Muhammad Abduh Tuasikal, MSc.

Pengasuh Rumaysho.Com dan RemajaIslam.Com. Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta (2003-2005). S1 Teknik Kimia UGM (2002-2007). S2 Chemical Engineering (Spesialis Polymer Engineering), King Saud University, Riyadh, KSA (2010-2013). Murid Syaikh Dr. Sholih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan, Syaikh Dr. Sa’ad bin Nashir Asy Syatsriy, Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir Al Barrak, Syaikh Sholih bin 'Abdullah bin Hamad Al 'Ushoimi dan ulama lainnya. Sekarang memiliki pesantren di desa yang membina masyarakat, Pesantren Darush Sholihin di Panggang, Gunungkidul.

View all posts by Muhammad Abduh Tuasikal, MSc. »

23 Comments

  1. Orang yang masih suka mengambil buku agama di masjid dan suka menghasut apakah juga bisa di ampuni Allah ?

  2. Subbahanallah,,, terimakasih…
    karena muslim.or.id ini banyak ilmu yang saya terima,secara saya baru menjadi mualaf.
    mohon doanya ya bapak udztaz,,,
    wassalam…

  3. hmmm.. menarik sangat laman ini. hingge membuat kite tambah ilmunye..semoga sje laman ini tetap memberikan kontribusi bagi siape saje yang nak kan ilmu berlebih.

  4. tolong bikinlah kajian-kajian yg dapat mempererat persaudaraan antar umat islam krn saat ini terasa antara saudara2 kita antar muslim begitu jauh terpisahkan oleh berbagai kepentingan dan golongan, benar umat islam banyak tapi bagai buih di lautan… trims wasalamualaikum wr wb

  5. Artikel yang ada sangat terasa menyiram rohani/ jiwa…
    Terus Berjuang saudaraku…Walaupun banyak halangan dan rintangan dalam kita berda’wah..
    Mohon doakan saya agar selalu diberikan Hidayah serta Taufik agar dapat bimbingan menjalankan segala Perintah-Nya dan menjauhkan segala larangan-Nya dalam mengarungi kehidupan dunia ini, hingga membawa keridloan dari Allah SWT. Amin.

  6. akh,…. saya mau tanya
    kadang saya suka kebablasan tidak sholat isya, dan berturut-turut
    awalnya karna aktivitas yang terlalu lelah, saya ketiduran
    tapi setelah itu jadi keblablasan trs……
    saya setiap pagi berjanji tidak akan mengulangi…….tapi sulit sekali…..
    saya merasa menyesal asal ketemu malam dan saya tidak menjalankan
    trkadang saya mencela diri saya
    saya benar2 yakin ini bukan saya,
    kenapa saya jadi seperti ini saya tidak tau
    akh,…….. bantu saya
    apakah sholat sehari semalam yang cuma 4 rakaat bisa diampuni…….

  7. Seorang Muslim Wajib membenci kekufuran dan kesyirikan. Serta tidak meniru-niru kebiasaan orang kafir dan orang musyrik.
    Namun tentunya tidak berarti seorang muslim bersikap garang dan kejam terhadap orang kafir dalam setiap keadaan.
    Simak pembahasan hal ini di:
    http://kangaswad.info/islami/bagaimana-menyikapi-non-muslim

  8. Sering aq mengkari janjiq, mem0h0n kpada-Nya. . Dosa terbesarq, aq takt allah tdk mengampuniq, hanya kpadax q mem0h0n, smpt q pts asa, tp aq harus trima dgan k0nsekwensix yg aq lakukan. .

  9. faizah yunianti

    ..Dengan penuh harap kita berdoa agar diampuni segala dosa..

  10. Allah maha Pengampun, dan Hanya Allah Maha Pemaaf … terimakasih atas seluruh artikelnya, semoga jadi bermanfaat untuk yang membacanya.

  11. Aku tersesat dalam kelalaian, sedang kematian menuju ke arahku…kian lama kian dekat
    Jika aku tidak mati hari ini, suatu hari kelak aku pasti mati…
    Aku manjakan tubuhku dengan pakaian2 halus dan mewah

    Padahal tubuhku akan membusuk dan hancur dalam kubur
    Aku bayangkan tubuhku berangsur-angsur akan hilang
    Sedikit demi sedikit berkurang hingga tinggallah kerangka, tanpa kulit tanpa daging..

    Aku melihat umurku kian habis.
    Namun keinginan2ku belum juga terpuaskan…
    Perjalanan panjang terbentang dihadapanku.
    Sedangkan aku tidak memiliki bekal untuk menempuh jalan itu.
    Aku mendurhakai Tuhanku dan melanggar perintah2-Nya dengan terang2an

    Padahal Dia mengawasiku setiap saat…
    Aku menuruti hatiku dalam perbuatan2 yang memalukan…
    Apapun yang telah terjadi tak dapat dihapuskan…
    Dan sang waktu, bila telah berlalu tidak dapat ditarik kembali..

    Wahai Allah al-Alim.., aku berdosa secara rahasia..
    Tidak pernah orang lain mengetahui dosa2ku yang mengerikan…

    Tapi esok, rahasia dosa2ku akan ditampakkan
    Dan diperlihatkan kepada Tuhanku
    Aku berdosa kepada..Nya
    Walaupun hati merasa takut..Aku sangat percaya Ampunan-Nya yang tak terbatas
    Aku berdosa dan tak tahan menanggung malu
    Tetapi aku bergantung kepada ampunanNya yang tak terbatas

    Seandainya tidak ada azab setelah kematian… Tiada janji akan surga, tiada ancaman akan neraka
    Kematian dan kebusukan tubuhku cukuplah sebagai peringatan…

    Tak diragukan lagi, aku adalah yang terburuk diantara semua Hamba2Nya
    Belas kasihanilah aku dalam kegelapan kesendirian dalam kubur..
    Ketika aku ditinggalkan oleh segalanya….

  12. Subahanallah begitu baca artikel ini tubuh bergetar.. begitu besar rahmat allah itu begitu besar rasa kasih sayangnya Dosa sebesar bumi masih bisa dimaafkan asalkan JANGAN DOSA SYIRIK.
    Semoga dosa-dasa kita di ampuni.. aminnn

  13. ampunilah dosa2 hamba yaa Allaah

  14. Subhanallah
    hamba membca ini
    bnyk skali yg hrz
    hamba pljri
    dan mudah2an
    hamba msuk k pesantren
    sy mohon
    doakn sya Y

  15. subhanallah..
    setelah membaca laman ini,,rasanya begitu banyak do5a yg tlh q perbuat..
    Ya Allah,,hamba mohon rahmat dan ampunan_MU.
    terima ksh ats bacaan yg bermanfaat ini.

  16. Assalamu’alaikum…
    Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua..
    Mohon maaf, saya tidak bermaksud untuk mencopy atw apa..
    saya mencopy artikel ini dengan tujuan materi tugas sekolah dan sekalian untuk berbagi ilmu utnuk semuanya…
    terima kasih…

  17. Assalamu’alaikum ya ALLOH ampuni dosa2 hamba-MU ini, sangat bermanfaat artikel d atas hatiku tergugah saya masih fakir saya perlu arahan bimbingan dan peringatan

  18. ya ALLAH …saya percaya akan kebaikan mu , yang membawa ku kembali di jalan mu! semua ku jalani sekarng semata-mata untuk ALLAH TA’ALA…karena aku telah sadar akan kenistaan yang amat mengerikan terhadap perbuatan yang telah aku lakukan hanya karena nafsu dunia ku…..AMIN

  19. aku hanya manusia yang berkelana tuk selesaikan tugasku di bumi
    aku berjalan sesuai takdirNya
    sebagian perjalananku sudah aku lalui dengan banyak dosa dan perbuatan
    aku tak pernah tahu apa yang kan aku jalani lagi
    namun…satu yang pasti, inginku kembali pada Pelukan ALLAH dalam kondisi yang suci dan terbaik dengan cinta dan kasihNYA.Amin Ya ALLAH

  20. kalau menurut saya ada tambahan faedah dari kisah ini, yaitu bersegera bertaubat lebih utama mengingat maut bisa datang kapan saja.

  21. susahnya berhenti dari dosa ini

  22. Perbuatan perbuatan dosa istriku dan aku telah membuatku berpisah pisah dengan anak anakku yg telah berjumlah empat tiga kutinggalkan,satu kuambil dan istriku kini tdk bersama sama mereka,ya Allah aku adalah hambamu penuh dosa persatukanlah kami kembali.ampunilah kami dan bagi yg membacanya mohonlah doanya…

Leave a Reply