Apabila kita cermati munculnya fenomena aliran dan pemahaman yang menyimpang di kalangan umat Islam -seperti halnya kasus yang sedang banyak dibicarakan yaitu tentang terorisme berkedok jihad- boleh jadi akan banyak orang yang merasa heran bercampur kebingungan. Bagaimana bisa orang yang dikenal rajin beribadah, aktif mengikuti kegiatan keagamaan, dan menunjukkan semangat yang tinggi dalam berislam ikut terseret dalam pemahaman yang sesat?
Jawabannya tentu tidak sulit. Sebab bagaimana pun juga semangat keberagamaan yang tidak dilandasi dengan ilmu yang benar tidaklah mencukupi. Bahkan hal itu bisa membahayakan diri sendiri serta orang lain. Oleh sebab itu, sebagian ulama salaf memperingatkan, “Barang siapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka apa yang dirusaknya lebih banyak daripada yang diperbaiki.”
Nah, mungkin ada orang yang mengatakan, “Bukankah mereka itu juga mempelajari al-Qur’an dan hadits, bahkan sudah jadi ustadz. Lalu di mana letak kesalahannya?”
Saudaraku sekalian, semoga Allah menambahkan kepada kita curahan petunjuk dan bimbingan-Nya. Seringkali kita lihat bahwa ternyata orang-orang yang menyimpang itu juga membawakan dalil ayat ataupun hadits untuk membela kekeliruan mereka. Sehingga orang yang tidak paham bisa saja akan mengiyakan dan minimal ‘memaklumi’ apa yang mereka lakukan. Apalagi kalau yang berbicara adalah sosok yang dianggap sebagai kyai dan ditokohkan oleh banyak orang. Sederhana saja, dia cukup mengatakan bahwa itu ‘kan hasil ijtihad mereka, dan orang yang berijtihad itu meskipun salah ya tetap berpahala. Intinya mereka yang melakukan bom bunuh diri dan peledakan gedung itu tidak boleh disalahkan. Lha wong mereka itu mujahid kok, itulah inti yang dia maksudkan.
[lwptoc]
Mencomot ayat demi mendukung paham sesat
Sebenarnya perbuatan mencomot ayat atau hadits dan memelintirnya demi kepentingan membela pemikiran menyimpang bukanlah perkara baru. Kita masih ingat bagaimana dahulu di masa kekhalifahan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu orang-orang yang menganut paham Khawarij/pemberontak mengusung ayat inil hukmu illa lillah, artinya tidak ada hukum kecuali hukum Allah. Ayat itu mereka salah gunakan untuk mengkafirkan pemerintah yang berkuasa ketika itu yaitu Ali bin Abi Thalib karena mereka menganggap beliau tidak berhukum dengan hukum Allah.
Padahal apa yang beliau lakukan sama sekali tidak melanggar hukum Allah bahkan didukung oleh dalil dari al-Qur’an dan as-Sunnah, sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma ketika mendebat orang-orang Khawarij. Menghadapi tudingan itu, dengan cerdas Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu mengomentari sikap mereka yang tidak bisa memahami ayat secara utuh,
كَلِمَةُ حَقٍّ أُرِيدَ بِهَا بَاطِلٌ
“Itu adalah ucapan yang benar, namun maksudnya batil.” (HR. Muslim dari Ubaidullah bin Abi Rafi’ radhiyallahu’anhu)
Dari kejadian ini, kita bisa memetik pelajaran berharga bahwa semata-mata membawakan ayat atau hadits untuk mendukung suatu pendapat atau keyakinan tidaklah cukup apabila tidak diiringi dengan pemahaman serta metode penarikan kesimpulan hukum/istidlal dan istinbath yang benar.
Selain kejadian di atas, sebenarnya masih banyak contoh lainnya. Di antaranya adalah model penafsiran (lebih tepat dikatakan pemelintiran) makna ‘Islam’ yang dilakukan oleh penganut ajaran Islam Liberal. Mereka mengatakan bahwa istilah islam atau muslim itu tidak hanya mencakup pemeluk agama Islam. Menurut anggapan mereka, Islam adalah bentuk kepasrahan diri kepada Yang Maha benar, yaitu Allah. Maka di masa sekarang ini -menurut keyakinan mereka- siapa saja dan dari agama mana pun bisa menjadi muslim tanpa harus mengikuti agama Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bagi mereka cukuplah seorang dikatakan sebagai muslim jika meyakini Allah itu ada dan meyakini adanya hari akhir yang mereka tafsirkan dengan masa depan. Padahal, kita semua sudah sama-sama mengerti bahwa Islam yang diterima oleh Allah -setelah diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam– adalah apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda,
وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَا يَسْمَعُ بِي أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ يَهُودِيٌّ وَلَا نَصْرَانِيٌّ ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ إِلَّا كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ
“Demi Tuhan yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah ada seorang pun yang mendengar kenabianku di kalangan umat ini, baik Yahudi ataupun Nasrani kemudian dia mati dalam keadaan tidak beriman dengan ajaranku ini niscaya dia akan tergolong penduduk neraka.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)
Demikian pula banyak orang yang meyakini bahwa Allah itu ada di mana-mana. Mereka membawakan ayat wahuwa ma’akum ainama kuntum, “Dan Dia bersama kalian di mana pun kalian berada.” Padahal Allah ta’ala sendiri telah menegaskan dalam banyak ayat demikian pula Nabi dalam banyak hadits bahwa Allah itu tinggi berada di atas langit, di atas Arsy-Nya. Secara naluri dan fitrah, ketika orang berdoa niscaya dia akan menengadahkan telapak tangannya dan mengangkatnya ke atas, bahkan sampai-sampai ada yang mendongakkan kepalanya. Apa itu artinya? Artinya setiap orang yang masih bersih fitrahnya akan meyakini bahwa Allah itu di atas. Bahkan tidak jarang kita dengar sebagian orang yang notabene jauh dari aktifitas agama kalau menemukan masalah atau musibah, maka dia pun berkata, “Ya kita serahkan saja pada yang di atas.”
Itu beberapa contoh pemelintiran ayat yang dilakukan oleh sebagian orang. Mereka mengira bahwa apa yang mereka yakini adalah benar, namun ternyata keliru. Sungguh malang keadaan yang menimpa mereka, semoga Allah memberikan petunjuk-Nya kepada kita dan mereka.
Menyingkirkan yang jelas dan menonjolkan yang samar
Pembaca sekalian, semoga Allah mengarahkan gerak langkah kita di atas jalan-Nya. Salah satu ciri paling menonjol yang dimiliki oleh kaum ahlul bid’ah (penyeru kebid’ahan) dari sejak dulu hingga sekarang adalah gemar menggunakan dalil-dalil yang masih samar untuk mendukung pemikiran mereka dan kemudian menyingkirkan, menutup-nutupi, atau menyimpangkan makna dalil-dalil lain yang sudah tegas dan jelas. Seperti contoh kasus yang dibawakan di atas. Dalil yang samar itu biasa disebut sebagai ayat-ayat yang mutasyabih, sedangkan dalil yang jelas itu biasa disebut sebagai ayat-ayat yang muhkam. Allah telah menjelaskan hal ini di dalam firman-Nya,
هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٌ مُحْكَمَاتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ فَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ
“Dialah -Allah- yang telah menurunkan kepadamu Kitab suci itu, di antaranya ada ayat-ayat yang muhkam yaitu Ummul Kitab sedangkan yang lain adalah ayat-ayat mutasyabihat. Adapun orang-orang yang di dalam hatinya menyimpan penyimpangan/zaigh maka mereka akan mengikuti ayat yang mutasyabih itu demi menimbulkan fitnah dan ingin menyimpangkan maknanya…” (Qs. Ali Imran: 7)
Ibnu Juraij menjelaskan maksud ungkapan ‘orang-orang yang di dalam hatinya tersimpan penyimpangan’ di dalam ayat ini, “Mereka itu adalah orang-orang munafik.” Hasan al-Bashri berkata, “Mereka itu adalah kaum Khawarij.” Qatadah apabila membaca ayat tersebut maka beliau mengatakan, “Apabila mereka itu bukan Haruriyah (Khawarij, pen) dan Saba’iyah (Syi’ah, pen) maka aku tidak tahu lagi siapakah mereka itu.” al-Baghawi berkata, “Ada pula yang berpendapat bahwa ayat ini mencakup semua ahli bid’ah.” (Ma’alim at-Tanzil karya Imam al-Baghawi [2/9] as-Syamilah)
‘Aisyah radhiyallahu’anha meriwayatkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فَإِذَا رَأَيْتِ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ فَأُولَئِكِ الَّذِينَ سَمَّى اللَّهُ فَاحْذَرُوهُمْ
“Apabila kamu melihat orang-orang yang mengikuti ayat-ayat mustasyabihat maka mereka itulah orang-orang yang disebut oleh Allah -di dalam ayat tadi- maka waspadalah kamu dari bahaya mereka.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dll)
Penulis syarah Sunan Abu Dawud berkata, “Ayat ini berlaku umum bagi semua kelompok yang melenceng dari kebenaran yaitu dari kalangan kelompok-kelompok bid’ah. Sesungguhnya mereka itu sering mempermainkan Kitabullah dengan permainan yang sangat keterlaluan, kemudian mereka menarik kesimpulan hukum dari ayat-ayat itu yang sebenarnya sama sekali tidak mengandung penunjukan atas apa yang mereka yakini, namun hanya demi menyembunyikan kebodohan diri mereka.” (Aun al-Ma’bud [10/117] as-Syamilah)
Nah, inilah yang terjadi. Jarang sekali ada orang yang berbuat bid’ah -terutama tokohnya- tidak membawakan ayat atau hadits untuk mendukung keyakinan dan pemahaman mereka yang keliru. Sehingga alangkah tidak tepat apabila ada orang yang berkeyakinan, “Yang penting kan ada dalilnya.” Atau berkata, “Kamu ini jangan suka menyalahkan orang lain. Kebenaran itu milik Allah, bukan milik kamu!” Atau dengan ungkapan, “Mbok ya toleransi dengan orang lain yang berbeda pendapat denganmu. Jangan jadi orang yang maunya menang sendiri.” Ada lagi yang berujar, “Yang penting kan niatnya. Innamal a’malu bin niyat, iya kan?!” Atau berkata, “Jadi orang itu jangan picik, semua orang kan bebas berpendapat.” Dan seabrek celotehan lain yang pada hakikatnya adalah bertujuan untuk menyimpangkan manusia dari jalan kebenaran. Orang yang tidak mengerti akan manggut-manggut dan takluk di bawah silat lidah mereka yang tidak bermutu itu. Allahul musta’an (Allah semata tempat kita minta pertolongan).
Salah penafsiran
Untuk menunjukkan kepada pembaca sekalian tentang bukti kejahatan kaum ahli bid’ah ini terhadap dalil syari’at maka berikut ini kami bawakan sebuah ayat yang dicomot oleh sebagian kalangan untuk membela pendapat yang menyatakan bahwa terorisme itu adalah bagian dari ajaran Islam. Allah ta’ala berfirman,
وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ
“Dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka -musuh- kekuatan apa saja yang kalian sanggupi, kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuh kalian…” (QS. al-Anfal: 60)
Mereka menafsirkan kata irhab (menggentarkan musuh) di dalam ayat ini dengan istilah teror. Sehingga melakukan teror kepada orang-orang kafir -selama mereka dianggap ‘memusuhi’ Islam- adalah sah-sah saja, bahkan berpahala karena itu adalah bagian dari jihad. Bagaimana kita menjawab syubhat/kerancuan ini?
Syaikh Abdullah bin al-Kailani berkata menjelaskan maksud ayat ini, “Sesungguhnya irhab/menggentarkan yang diperintahkan sebagaimana tertera di dalam al-Qur’an al-Karim itu khusus berlaku bagi orang-orang [kafir] yang melampaui batas dengan tujuan memalingkan mereka dari tindakan permusuhan yang mereka lakukan di saat hal itu mereka lancarkan (di saat perang maksudnya, pen). Akan tetapi maksud irhab di sini bukanlah irhab/teror yang sengaja melanggar batas sebagaimana yang dimaknakan di masa kini yang pada hakikatnya justru ditolak oleh ajaran Islam” (al-Irhab wal Unuf wa at-Tatharruf fi Dhau’i al-Kitab wa as-Sunnah, hal. 12 as-Syamilah)
Oleh sebab itu Majma’ al-Fiqhi al-Islami dalam konferensi ke-13 yang diselenggarakan pada tanggal 26 Syawwal 1422 H (10 Januari 2002) di Rabithah al-‘Alam al-Islami di Mekah Mukarramah telah menetapkan bahwasanya gerakan radikal, mengumbar kekerasan, dan terorisme sama sekali tidak termasuk bagian dari ajaran Islam. Lembaga ini juga menyatakan bahwa perbuatan itu adalah tindakan yang membahayakan serta menimbulkan dampak yang buruk dan keji. Di dalamnya terkandung tindakan yang melampaui batas dan kezaliman terhadap manusia (lihat al-Irhab, al-Mafhum wa al-Asbab wa Subul al-‘Ilaj, hal. 16 as-Syamilah)
Syaikh Abdurrahman bin Mu’alla al-Luwaihiq menjelaskan bahwa dengan pengkajian lebih dalam dapat disimpulkan bahwa sebagian sisi persoalan terorisme ini telah dibahas oleh para ulama aqidah dan fiqih serta telah dijelaskan hukum-hukumnya di dalam bab khusus yang dinamai Bab Qital ahlil baghyi yang artinya: memerangi pembuat kekacauan (al-Irhab wa al-Ghuluww, hal. 28 as-Syamilah). Dan dari sisi yang lain orang-orang yang melakukan teror ini pun dapat dikategorikan sebagai pengusung paham Khawarij, penebar kerusakan di atas muka bumi, dan termasuk kategori orang yang bertindak ghuluw/melampaui batas. Yang jelas Allah ta’ala tidak mencintai orang-orang yang membuat kerusakan. Allah ta’ala berfirman,
وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
“Janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang menebarkan kerusakan.” (Qs. al-Qashash: 77)
Bahkan Allah memberikan hukuman yang sangat keras bagi orang-orang yang gemar menebar teror dan kerusakan di muka bumi ini. Allah ta’ala berfirman,
إِنَّمَا جَزَاءُ الَّذِينَ يُحَارِبُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا أَنْ يُقَتَّلُوا أَوْ يُصَلَّبُوا أَوْ تُقَطَّعَ أَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ مِنْ خِلَافٍ أَوْ يُنْفَوْا مِنَ الْأَرْضِ ذَلِكَ لَهُمْ خِزْيٌ فِي الدُّنْيَا وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ
“Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bersilang, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka berhak memperoleh siksaan yang besar.” (Qs. al-Ma’idah: 33)
Di dalam tafsirnya Syaikh as-Sa’di rahimahullah berkata, “Orang-orang yang memerangi Allah dan rasul-Nya itu adalah orang-orang yang secara terus terang memusuhi Allah serta membuat kerusakan di muka bumi dalam bentuk kekafiran, pembunuhan, perampasan harta, maupun menebarkan rasa takut di jalan-jalan.” (Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 229-230).
Pendapat yang populer menyatakan bahwa ayat ini berbicara tentang hukuman yang dijatuhkan kepada perampok. Apabila mereka melakukan perampokan sekaligus pembunuhan maka mereka berhak untuk dihukum bunuh dan disalib sebagai pelajaran dan peringatan bagi orang-orang selain mereka. Apabila mereka membunuh namun tidak merampas harta maka mereka cukup dihukum bunuh, tanpa disalib. Apabila mereka hanya merampas harta dan tidak melakukan pembunuhan maka hukuman bagi mereka adalah dipotong tangan dan kaki mereka secara bersilang, yaitu tangan kanan dan kaki kirinya yang dipotong. Apabila mereka menakut-nakuti orang tanpa disertai dengan pembunuhan dan perampasan harta (ancaman bom misalnya, pen) maka mereka diusir dari negerinya dan tidak boleh menetap terus menerus di suatu daerah selama taubat mereka belum tampak nyata. Inilah pendapat Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma serta banyak ulama lainnya, meskipun dalam sebagian perkara mereka berbeda pendapat (Diringkas dari Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 230).
Kemudian, Syaikh as-Sa’di rahimahullah juga menyampaikan pelajaran yang sangat berharga -semoga kita bisa meresapi hikmahnya-, “Apabila kejahatan ini sedemikian besar persoalannya dapatlah diketahui bahwasanya membersihkan muka bumi ini dari para penebar kerusakan, menjaga keamanan jalan dari ancaman pembunuhan dan perampokan harta serta membebaskan cekaman rasa takut dari masyarakat merupakan salah satu kebaikan yang paling baik, ketaatan yang paling mulia, dan merupakan bentuk perbaikan di muka bumi. Sebagaimana pula lawannya dikategorikan sebagai tindak perusakan di muka bumi.” (Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 230).
Inilah kesimpulan cerdas seorang ulama tafsir mumpuni dan memiliki kapasitas untuk berijtihad seperti beliau. Amat berbeda dengan kesimpulan penafsiran yang dilontarkan oleh sebagian orang yang dijuluki sebagai ustadz dan kiyai tapi tidak mengerti manhaj/metode penafsiran yang benar terhadap ayat-ayat dan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah merenungkan hal ini baik-baik, kita sangat berharap agar saudara kita yang salah jalan -dan masih hidup- mau menyadari kekeliruannya, bertaubat, dan segera kembali kepada jalan yang lurus, yaitu jalannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.
Yogyakarta, 23 Sya’ban 1430 H
***
Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi
Artikel www.muslim.or.id
Assalamu ‘alaikum
Ana mau tanya kepada pihak redaksi ada mengatakan Allah ada di mana2 saat menjawab pertanyaan Di manakah Allah maksudnya sesungguhnya ilmu Allah berada ada di mana2 tapi Allah ada di atas langit,jadi mereka menjawab itu tak secara tekstual namun secara kontekstual saja,bagaimana tanggapan pihak redaksi Muslim.or.id dan/atau pihak pembaca artikel ini ana mohon tanggapannya segera,karena ada yang minta penjelasan kepada ana
Jazakallah
utk fahrul
Kita tidak bisa merubah makna tekstual, karena “di mana2 ilmunya” tidak berdasarkan dalil quran sunnah. Membicarakan Allah tanpa petunjuk dari kitab mempunyai konsekwensi yang berat. QS 22:8-9
Assalamu ‘alaikum
Untuk saudara Awe maksud anta kita harus menjawab sesuai apa yang diajarkan Allah dan Rasul-Nya,terima kasih atas informasinya
Assalamu ‘alaikum
Ana masih membutuhkan semua informasi dan/atau tanggapan para pembaca maupun pihak Muslim.or.id,karena hal ini sangat mendesak sekali bagi ana karena ana selalu harus menjawab pertanyaan tersebut padahal ana sudah bilang tidak tahu(perlu diingat yang bertanya adalah paman saya). Bagaimana saran/tanggapan anda semua
Untuk saudaraku Fahrul yg semoga dimuliakan Allah Ta’ala…
Saran saya, tidak perlu memaksa untuk menjelaskan hal2 yg kita belum paham karena klo kita memaksakan, yg saya takutkan adalah kita salah menafsirkan dan akan jatuh pada pemikiran yg syubhat, demikian pula dengan org yg akan kita jelaskan, dia akan jatuh pula pada hal2 syubhat. Karena apa? Kita membicarakan Allah Subhanahu wa Ta’ala, Dzat Yang Maha Segalanya, yang DzatNya dan IlmuNya diluar akal nalar dan kemampuan kita yg sangat terbatas ini.
Saran saya lagi, akhi Fahrul. Bila ada seseorg memaksa untuk menjelaskan sesuatu yg belum kita paham dan kita tidak memiliki ilmu tentangnya, cukuplah kita katakan, “saya belum mengerti soal itu,” atau persilahkan ia untuk merujuk pada ulama yg jujur dan tsiqot (terpercaya), yg sekiranya paham akan topik yg akan dibahas. Tidaklah perlu merasa malu.
Sekiranya bila memang akhi Fahrul ingin belajar mengenai sifat2 Allah, bisa merujuk ke kitab Syarah Aqidah Al Wasithiyah karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah yg disyarah (dijelaskan) oleh Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin -rahimahullah-. (sudah diterjemahkan dalam bhs Indonesia dan klo tdk salah diterbitkan oleh Pustaka Sahifa)
Lalu ada juga kitab bagus, Kitab At Tauhid, karya Imam Muhammad bin Abdul Wahhab, tentunya saya sarankan akhi didampingi oleh ustadz yg berpengalaman.
Demikianlah akhi, semoga akhi Fahrul dan pamannya tambah semangat dlm beribadah dan mencari kebenaran yg haq.
Untuk akhi Fahrul,
Insya Allah, tulisan di link ini bisa membantu:
https://muslim.or.id/manhaj/sufi-benarkah-ajaran-nabi.html
1. Kaidah mengatakan ” Dhohir dari suatu kalam itu sesuatu yang terlintas dalam pikiran berupa makna”. Kaedah ke4 tantang ‘Kaidah-Kaidah dalam Memahami Dalil-dalil Nama dan Sifat’. Almujalla hal.229
2. Jika ada yang bertnya
‘Dimanakah pulpen?’
tentu akan dijawab ‘di atas meja’ atau ‘di atas lemari’ atau ‘didalam tas’. Maka jawaban ini sesuai dengan dhohir pertanyaan. Karena yang dimaksud adalah dzat pulpen itu dimana.
3. Jika ada ptanyaan?
‘dimanakah Allah?’ maka ada yang menjawab
‘diatas langit’. Maka jawaban ini sesuai dengan dhohir pertanyaan dan sesuai dengan dalil. Namun ada juga yang menjawab ‘Allah dimana-mana’. Memang jwaban ini sesuai dengan dhohir ptanyaan namun bertentangan dengan dalil “Arrahman (yaitu Allah) bersemayam diatas ‘arsy .thaha:5”. Konsekswensi jawaban ini adalah
-berbilangnya Allah
-berarti,menurut sangkaan mereka, Allah berada di tempat-tempat kotor spt kamar mandi comberan dan tempat lain yang kita saja dilarang melafadzkan lafdz jalalah Allah.(Maha Suci Allah atas apa yang mrk katakan). Yang Lebih heran lagi jika ada yang menjawab ‘Allah itu dimana-mana ilmunya’. Karena jwaban ini tidak sesuai dengan dhohir pertanyaan dan bertentangan dengan dalil. Dua kesalahan yang ia dapat alias jahl murakkab. Karena dhohir pertanyaan menunjukkan dzat Allah bukan sifatnya.
4. Jika ada pertanyaan ‘bagaimanakah ilmu Allah?’ maka jawaban yang sesuai dhohir pertanyaan dan sesuai dalil adalah “ilmu Allah itu meliputi segala sesuatu yang akan terjadi, segala yang sedang terjadi, segala yang telah terjadi, segala sesuatu yang tidak terjadi dan bagaimana seandainya sesuatu yang tidak terjadi itu terjadi
Kesimpulannya jika paman antm belum faham pertanyaan “dimanakh Allah?” sebaiknya belajar tata bahasa dahulu.
Semoga bermanfaat. Allahu Ta’ala A’lam
asslamu’alaikum..
semoga rahmat allah selalu tercurahkan pada hambanya yang shalih,
semoga website ini terus mendapat berkat dari allah dan terus
menebarkan ilmu2 yang yg bener adanya dari alquran dan hadist,
hingga saat ini aku bingung dengan pemikiran-pemikiran yg di tuliskan website arrahamah.
mereka mengatakan bom jihad seperti kemarin itu adalah sebuah
kebenaran,bahkan saat hadir di tv one.mereka lantang mengatakan
itu adalah kebenaran.lalu seperti apakah pemahaman jihad para
penulis di web arrahmah?? %^&#@^)% tanya kenapa??
by.HAMBA MISKIN IMAN.MISKIN ILMU.BANYAK DOSA.SUSAH BNGT MAU TOBAT.
Ya betul akhi Fahrul
Jawaban harus sesuai dengan apa yang diajarkan Allah dalam quran ketika seorang paman bertanya di mana Allah.
Itulah jawaban yang betul dan sesuai dengan akal dan hati nurani kita.
utk teroris
Itu menandakan mereka belum lengkap dalam membaca quran dan hanya terbawa nafsu untuk membunuh tanpa dilandasi ilmu yang mencukupi.
alhamdulillah bagus
MasyaAlloh
Innalloha ‘Alaa kulli syai’in qodir…
Huwalladii kholaqossamaawaati wal ardho fiisittati ayyaamin tsummastawaa ‘alal arsy…
Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Untuk semua pembaca yang telah memberi saran/ilmu/tanggapan terima kasih atas kebaikan anda semua. Semoga Allah membalas kebaikan anda semua dengan diberikan tempat yang layak di surga oleh-Nya. Jazakallah
Smoga Allah slalu menunjukkan mana jalan yang benar dan mana jalan yang salah kepada kita. Amien…
Assalamualaikum, ijin menyebarkan artikel ini di FB ana, jazaakumulloh khoiron
Aku teringat akan perkataan Ali bin abu thalib dalam buku yang di tulis oleh al faqih al laits. bahwa adapun kriteria yang memahami ilmu adalah : merasa tidak aman akan siksa Allah, tidak meuduh org yang sedang melakukan maksiat masuk neraka dan begitupun sebaliknya org yang sedang melakukan perbuatan baik akan masuk sorga sampai ada ketetapan dari Allah…….
@ awe
komentar anda sepertinya sulit dipahami.
Ayat mana dalam Quran yang memberi petunjuk cara menjawab pertanyaan “di mana Allah?”, karena tidak ada satupun ayat Quran yang menyatakan seperti itu.
kalo sesat dari jalannya kebanyakan orang, gak masalah,
asal jangan sesat dari jalan Alloh
@ nina
Allah Maha Besar dan kebesaranNya meliputi segala sesuatu termasuk langit dan bumi dan bahkan arsy yang agung, kalau Allah lebih kecil tentu tidak akan sanggup meliputi semuanya. Dan kita selalu mengulang-ulang kata “Allah Akbar” setiap pergerakan sholat shg kita mjd yakin bhw kita dekat dengan Allah. Sehingga kalau kita ditanya di mana Allah maka jawabannya ada di Al Baqarah: 186, dan benar apa yang dikatakan Ummu Fatheema, yang ditanyakan adalah dzatNya bukan ilmuNya spt diterangkan di asbabun nuzul ayat ini, semoga kita terhindar dari jahl murakkab.
Assalamu’alaikum wr. wb.
Sedikit nambah jawaban buat akhwat Fahrul,
Sifat Allah itu berdiri sendiri dan tidak bergantung dengan ciptaanNya. Allah itu Kholiq (Pencipta). selainNya adalah Makhluk (ciptaan) Jadi salah bila kita berfikir Allah menempati ruang dan waktu. Karena ruang dan waktupun ciptaan Allah. yang aman untuk kita pikirkan adalah ‘Subhanallahi ama yusrikun’ (maha suci Allah dari apa yang kita serikatkan/umpamakan).
Wassalamu’alaikum wr.wb.
semoga Allah memberikan hidayah kpd kita semua, agar bisa meniti jalan-Nya yang lurus, dengan bimbingan para ulama rabbani yg selalu berpegang teguh dg al-Qur’an dan Hadits sesuai dg pemahaman para salaful ummah,
krn tanpa bimbingan para ulama tentu kita akan sesat.
demikian harapan ana,
barakallahu fikum jami’an
Bismillaahirrohmaanirrohiim…assalaamualaikum wr wb..ya akhiy..sesungguhnya ada yg lebih nikmat dari seluruh kenikmatan dunia dan perhiasannya dan ada yg lebih dahsyat dari semua yg mereka katakan..di banggakan..yaitu nikmat mencintai allah swt dan rosulnya muhammad saw,di manapun kita berada,sedang apapun kita di situ allah swt berada yaitu di dalam dada kita..dzat allah swt penguasa alam semesta meliputi segalanya.. Bumi dan langit bila di bandingkan dengan kursynya allah swt bagaikan telur di letakan di atas sebuah gunung,kursy nya bila di bandingkan dengb arsynya juga bagaikan telur di letakan di atas sebuah gunung..sedangkan allah swt jauh lebih besar dan lebih hebat dari semua itu..ya allah.,.ampunilah aku dan ampuni mereka sesungguhnya kami adalah sekumpulan hamba yang lemah lagi bodoh..
alhamdulillah…mohon ijin u/share akh..smga semakin ana tambah wawasan dalam mengikuti tuntunan Rasullullah..(agar ibadah ini tdk sia-sia krn kurangnya pemahamn fiqih..)
assalamualaikum…afwan teruslah berjihad dlm menebarkan ilmu yg syar’i.krn berjihad dgn ilmu lebih utama daripada jihad berperang melawan orang2 kafir dgn senjata…..mari brsama2 kita bentengi agama kita dari polusi bid’ah yg sangat merusak..karena dengan adanya bid’ah dan kesesatan2 yg lain akan mnjadi penghalang dari datangnya rahmat Allah Ta’ala…..wallahua’lambishshawaf