Fatwa Ulama: Menuntut Ilmu Ataukah Menikah?

Fatwa Ulama: Menuntut Ilmu Ataukah Menikah?

Fatwa Syaikh Robi’ bin Hadi Al Madkholi hafizhohullah

Soal:

Manakah yang lebih didahulukan, menuntut ilmu ataukah menikah? Perlu diketahui bahwa saya sudah tidak sabar lagi untuk menikah.

Jawab:

Jika engkau mampu bersabar dan bisa terus belajar, maka bersabar itu lebih baik. Sebagaimana kata ‘Umar bin Al Khottob,

تعلموا قبل أن تسودوا

Tuntut ilmulah sebelum engkau menjadi orang mulia.” Sebagian orang ada yang menunda nikah karena ingin sibuk belajar karena jika ia menikah malah bisa meninggalkan menuntut ilmu sampai bersantai-santai hingga menyengsarakan dirinya.

Namun jika engkau memiliki banyak waktu, maka engkau bisa menggabungkan kedua maslahat tersebut dan itu baik. Akan tetapi, barangsiapa yang menganggap bahwa ia bisa terjerumus dalam maksiat dan zina, maka –wallahi– lebih baik baginya untuk menikah agar bisa menjaga dirinya dari zina.

Sumber fatwa Syaikh Robi’ bin Hadi Al Madkholi dari website pribadi beliau:

http://www.rabee.net/show_fatwa.aspx?id=213

 

* Syaikh Robi’ bin Hadi Al Madkholi adalah ulama senior di Saudi Arabia dan terkenal sebagai ahli hadits saat ini. Di antara guru beliau adalah Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz, Syaikh Al Albani, Syaikh ‘Abdul Muhsin Al ‘Abbad, dan Syaikh Muhammad Al Amin Asy Syinqithi.

 

Riyadh, KSA, 22 Muharram 1434 H

 

Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

Print Friendly, PDF & Email
Muslim App
App Muslim.or.id

About Author

Muhammad Abduh Tuasikal, MSc.

Pengasuh Rumaysho.Com dan RemajaIslam.Com. Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta (2003-2005). S1 Teknik Kimia UGM (2002-2007). S2 Chemical Engineering (Spesialis Polymer Engineering), King Saud University, Riyadh, KSA (2010-2013). Murid Syaikh Dr. Sholih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan, Syaikh Dr. Sa’ad bin Nashir Asy Syatsriy, Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir Al Barrak, Syaikh Sholih bin 'Abdullah bin Hamad Al 'Ushoimi dan ulama lainnya. Sekarang memiliki pesantren di desa yang membina masyarakat, Pesantren Darush Sholihin di Panggang, Gunungkidul.

View all posts by Muhammad Abduh Tuasikal, MSc. »