Donasi Muslim.or.id
Muslim.or.id
khutbah jumat
  • Aqidah
  • Manhaj
  • Landasan Agama
  • Penyejuk Hati
  • Fikih
  • Sejarah
  • Khotbah Jum’at
  • Kalkulator Waris
  • E-Book
No Result
View All Result
  • Aqidah
  • Manhaj
  • Landasan Agama
  • Penyejuk Hati
  • Fikih
  • Sejarah
  • Khotbah Jum’at
  • Kalkulator Waris
  • E-Book
No Result
View All Result
Muslim.or.id
No Result
View All Result
Donasi Muslim.or.id Donasi Muslim.or.id

Hukum Belajar Ilmu Alat kepada Ahlul Bidah

Yulian Purnama, S.Kom. oleh Yulian Purnama, S.Kom.
1 Februari 2021
Waktu Baca: 2 menit
1
Hukum Belajar Ilmu Alat Kepada Ahlul Bidah

Hukum Belajar Ilmu Alat Kepada Ahlul Bidah

132
SHARES
728
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Bagaimana hukum belajar ilmu alat seperti bahasa Arab (nahwu, saraf, imla, balaghah, badi’, khat, dll.) atau ilmu Alquraan (tajwid, tahsin, qiraah, dll.) kepada ahlul bid’ah ketika yang ada hanya mereka?

Syekh ‘Ubaid Al-Jabiri Hafizhahullah menjelaskan, dalam keadaan tidak ada guru yang dari kalangan orang-orang yang berpegang pada manhaj salaf, dibolehkan belajar ilmu alat dari orang-orang yang tidak bermanhaj salaf dengan dua syarat:

Pertama, orang yang mau belajar tersebut harus sudah paham akidah yang benar dan ilmu syar’i secara umum.

Majelis ilmu di bulan ramadan

Kedua, orang yang mau belajar tersebut haruslah orang yang cerdas dan tidak mudah terpengaruh.

(Fatwa lengkap: http://bit.ly/2LpXjJF)

Syekh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Rahimahullah juga ketika ditanya perihal yang sama, beliau menjawab,

إذا كان هو متمكنا في العقيدة جاز ، وإلا فلا

“Kalau orang yang hendak belajar tersebut sudah mantap ilmu aqidahnya, maka boleh. Jika belum, maka tidak boleh” (Fatwa lengkap: http://bit.ly/35cX8s7).

Syekh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Rahimahullah menasihatkan untuk orang yang tinggal di daerah yang tidak ada guru dari kalangan ahlus sunnah, agar berusaha belajar dari guru dari kalangan ahlus sunnah melalui media komunikasi, atau berkunjung ke daerah yang ada guru di sana, atau upaya-upaya yang lain.

Syekh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Rahimahullah juga mengatakan,

وإذا كان يريد أن يتعلم منهم فلا يتعلم منهم، حتى لو كان في غير العقيدة، حتى لو كان يدرسهم في النحو أو البلاغة. لا تقربهم؛ لأنهم قد يدسون السم في الدسم

“Jika tujuan dari duduk di majelis ahlul bidah adalah untuk belajar, maka ini tidak diperbolehkan. Walaupun bukan untuk belajar akidah. Walaupun yang dipelajari adalah nahwu atau balaghah. Jangan dekati mereka. Karena dikhawatirkan akan mereka akan menyelipkan racun di dalam lemak” (Liqa Baabil Maftuh, rekaman nomor 162).

Kesimpulan, tidak boleh bermudah-mudahan belajar ilmu alat kepada ahlul bidah, kecuali tidak ada lagi orang yang bisa mengajarkan kecuali mereka dan sudah punya dasar akidah dan manhaj yang kuat.

Baca Juga:

  • Keutamaan Belajar Bahasa Arab dan Ilmu Nahwu
  • Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab

Wallahu Ta’ala a’lam.

Penulis: Yulian Purnama, S.Kom.

Artikel: Muslim.or.id

Tags: ahlul bid'ahbahasa arabbelajar bahasa arabbelajar pada ahlul bid'ahBid'ahfaidah belajar bahasa arabilmu alatkeutamaan bahasa arab
SEMARAK RAMADHAN YPIA
Yulian Purnama, S.Kom.

Yulian Purnama, S.Kom.

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, S1 Ilmu Komputer UGM, kontributor web Muslim.or.id dan Muslimah.or.id

Artikel Terkait

Bahaya Bidah

10 Bahaya Bid’ah dalam Agama

oleh Yulian Purnama, S.Kom.
18 Februari 2023
0

Bid'ah dalam agama selain terlarang juga memberikan bahaya bagi pelakunya. Di antaranya berikut ini:

Dakwah Prioritas

Buah Manis Dakwah Prioritas

oleh Fauzan Hidayat
3 Januari 2023
0

Apa yang dimaksud dengan dakwah prioritas dan apa saja buah manis yang bisa dipetik darinya

dusta

Berdusta atas Nama Allah dan Rasulullah

oleh dr. M Saifudin Hakim, M.Sc., Ph.D.
27 Desember 2022
0

Pada zaman dulu, banyak dijumpai hadis-hadis palsu atas nama Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam.

Artikel Selanjutnya
Terjerumus dalam Kesyirikan

Nasihat Bagi yang Terjerumus dalam Kesyirikan

Komentar 1

  1. Adam says:
    2 tahun yang lalu

    Afwan Ustadz izin bertanya.
    Jika saya sudah tahu kaidahnya bahwa sesuatu itu bertentangan dengan kaidah yang shahih, lalu saya ragu karena itu konsekuensi menggunakan kaidah itu sehingga merasa harus cek pemahaman kepada ustadz, apakah ini salah? Contoh: ada yang berdusta dan dia itu tidak diketahui manhajnya dan -berdusta atas nama bahasa (menurut saya)-, dia berkata bahwa mukmin berbeda dengan alladziina aamanuu, bahwa alladziina aamanuu itu sedang beriman sehingga sewaktu-waktu bisa kafir, sedangkan mukmkn tidak. Konsekuensi kalimat tersebut bagi saya adalah akidah murjiah, di sisi yang lain adalah saya tidak tahu apakah kaidah tersebut benar disebutkan oleh ulama ahlussunnah. Namun saya yakin itu adalah kebatilan, apakah saya harus tanya ustadz jika ada kasus seperti itu ataukah saya kembalikan kepada kaidah/ushulnya itu sudah cukup tanpa verifikasi/pemastian kebenaran pemahaman saya, Ustadz?

    جزاك الله خيرا

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

donasi muslim.or.id donasi muslim.or.id donasi muslim.or.id
Muslim.or.id

Kantor Sekretariat Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA).

Pogung Rejo RT 14 RW 51 no. 412
Sinduadi, Mlati, Sleman, D.I Yogyakarta, Indonesia, 55284.

Media Partner

YPIA | Muslimah.or.id | Radio Muslim | FKIM

Buletin At Tauhid | MUBK | Mahad Ilmi | FKKA

Kampus Tahfidz | Wisma Muslim | SDIT Yaa Bunayya

Wisma Muslimah | Rumah Tahfidz Ashabul Kahfi

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Donasi
  • Pasang Iklan
  • Kontak

© 2023 Muslim.or.id - Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

No Result
View All Result
  • Aqidah
  • Manhaj
  • Landasan Agama
  • Penyejuk Hati
  • Fikih
  • Sejarah
  • Khotbah Jum’at
  • Kalkulator Waris
  • E-Book

© 2023 Muslim.or.id - Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah