Mari Dukung Program Pendidikan Dari YPIA Yogyakarta – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Mari Dukung Program Pendidikan Dari YPIA Yogyakarta

Mari kita dukung berbagai program di bidang pendidikan dari Yayasan Pendidikan Islam Al Atsary - Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini akan disampaikan secara singkat berbagai kegiatan pendidikan tersebut.

12728 5

Asrama Mahasiswa Muslimah Jogja Pondok Pesantren Wisma Qonita Di Jogha Pondok Pesantren Wisma Qonita Jogja

Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA) Yogyakarta merupakan organisasi non-profit yang mewadahi berbagai kegiatan yang dirancang dalam rangka mewujudkan visi dan misi Islam. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh YPIA Yogyakarta secara umum bergerak di dalam enam bidang, yaitu bidang pendidikan, dakwah, media, kemuslimahan, donasi, dan sosial. Sesuai dengan nama yang digunakan, kegiatan utama dari YPIA Yogyakarta adalah kegiatan di bidang pendidikan. Pada kesempatan kali ini akan disampaikan secara singkat berbagai kegiatan pendidikan tersebut.

MA’HAD AL ‘ILMI

Pesantren Mahasiswa Bermanhaj Salaf

Ma’had Al-‘Ilmi Yogyakarta merupakan pesantren yang dirancang berorientasi pada mahasiswa. Dalam kegiatan belajar mengajarnya, Ma’had Al-‘Ilmi melibatkan beberapa ustadz dari berbagai pondok pesantren yang ada di Yogyakarta sebagai tenaga pengajar. Kegiatan belajar mengajar dilakukan di luar jam kuliah yang bertempat di masjid-masjid di sekitar kampus UGM. Masa belajar di Ma’had Al-‘Ilmi adalah selama 1 tahun dengan menggunakan referensi-referensi berbahasa Arab. Ma’had Al-‘Ilmi ini didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan para mahasiswa yang memiliki bekal untuk thalabul ‘ilmi lebih dalam dan siap untuk menjadi da’i. Metode pembelajaran yang diterapkan berupa kajian rutin setiap pekan, ujian akhir semester, penugasan, dauroh awal tahun ajaran, dauroh ramadan, dan dauroh liburan akhir semester.

Sistem pembelajaran Ma’had al-‘Ilmi dibagi dalam dua jenis, yaitu regular dan non regular. Sistem pembelajaran reguler adalah sistem pembelajaran yang dilaksanakan rutin setiap pekan selama dua semester. Terdapat empat pelajaran di setiap pekannya, yaitu tauhid, akidah, fikih, dan ushul fikih. Selain itu setiap pekan santri juga dibebankan untuk menghafal Al Quran dan Hadits Arbain An Nawawiyah dengan target-target tertentu. Adapun sistem pembelajaran non regular diadakan secara intensif pada saat liburan semester, ramadan, atau liburan yang lain dengan pelajaran bertemakan manhaj, hadits, fikih, dll.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ma’had Al-‘Ilmi Yogyakarta silahkan mengakses halaman mahadilmi.com atau menghubungi kontak 085799203331.

MA’HAD UMAR BIN KHATTAB (MUBK)

Pelajarilah Bahasa Arab, karena itu adalah bagian penting dari agama kalian” (Umar bin Khattab)

MUBK dirancang untuk mengajarkan bahasa arab kepada para mahasiswa yang ada di Yogyakarta secara khusus, dan kepada masyarakat Yogyakarta secara umum. Di dalam prosesnya, peserta didik dibimbing secara bertahap dan berkelanjutan sehingga bisa menguasai kemampuan dasar bahasa Arab, agar bisa memahami sumber ilmu Islam (Al Qur’an, Hadits, dan kitab-kitab para ulama) secara lebih baik. Beberapa tahun belakangan, MUBK selalu membuka pendaftaran di setiap awal semester baru dan di setiap libur semester. Tidak kurang dari 200-300 peminat yang mendaftar pada masing-masing periode tersebut.

Secara umum, MUBK selalu membuka pendaftaran di setiap awal semester dan libur semester dengan tiga pilihan kelas yang ditawarkan, yaitu kelas dasar, menengah, dan lanjutan. Masing-masing kelas tersebut dirancang untuk selesai dalam satu periode program. Terdapat dua jenis program yang dilaksanakan, yaitu Program Reguler dan Program Badar. Program Reguler adalah program yang dilaksanakan selama satu semester, dengan frekuensi pertemuan 3-4 kali setiap pekan. Adapun Program Badar adalah program yang dilaksanakan ketika libur semester dan dilaksanakan secara intensif dengan frekuensi pertemuan 2 kali per hari.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ma’had ‘Umar bin Khattab silahkan mengakses halaman badaronline.com atau menghubungi kontak 085786599931.

KAMPUS TAHFIZH

Mencetak Intelektual Muda yang Qur’ani

Kampus Tahfizh merupakan sebuah wadah kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam pembinaan ruhiyah mahasiswa, melalui pembinaan Al Qur’an. Berbagai program yang ditawarkan bertujuan untuk mencetak generasi pecinta dan penghafal Al Qur’an, terutama dari dunia kampus. Selain itu, Kampus Tahfizh juga bertujuan untuk memberikan materi tahsin dan tahfizh Al Qur’an kepada mahasiswa secara profesional, meningkatkan kuantitas dan kualitas interaksi umat terhadap Al Qur’an, juga mewujudkan masyarakat yang gemar membaca dan menghafal Al Qur`an dengan tartil.

Berbagai program tersebut berlokasi di berbagai mushola dan masjid di sekitar kampus UGM dan kampus lainnya. Metode pembelajaran yang ditawarkan pun beragam: pelatihan tahsin dan tajwid, talaqqy, setoran hafalan Al Quran, kajian rutin, camp qur’an, dan kegiatan lainnya.

Pada saat tulisan ini dibuat, kampus tahfizh telah memasuki angkatan ketiga. Melihat jumlah dan animo pendaftar pada tiga angkatan tersebut, kita patut bersyukur kepada Allah bahwa di tengah berbagai kesibukannya, banyak mahasiswa yang masih memiliki perhatian dan ketertarikan untuk mempelajari dan menghafal Al Qur’an. Pada angkatan pertama dan kedua, tidak kurang dari 120 santri yang mendaftar. Memasuki angkatan ketiga, dimana program mulai dibuka untuk putra dan putri, tercatat sekitar 220 pendaftar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kampus Tahfizh silahkan mengakses halaman kampustahfizh.blogspot.com atau menghubungi kontak 085643933383.

WISMA MUSLIM

Wisma Muslim, Hadirkan Lingkungan Islami

Wisma Muslim Yogyakarta adalah wisma, asrama, atau tempat tinggal bagi para mahasiswa muslim/muslimah, yang bersedia dan berkomitmen untuk memenuhi visi dan misi Islami. Pada tahun ajaran 2013/2014, terdapat 5 wisma muslim dan 4 wisma muslimah yang berlokasi di sekitar kampus UGM Yogyakarta.

Penghuni Wisma Muslim Yogyakarta adalah mahasiswa/mahasiswi yang beragama Islam dan berkomitmen dalam membagi waktunya untuk secara optimal dan proaktif memenuhi amanahnya berupa pendidikan perkuliahan dan sejenisnya, serta turut terlibat dalam program pendidikan wisma dan kegiatan dakwah Islam. Para penghuni wisma juga diharapkan bersedia memenuhi aturan dan etika tertulis maupun tidak tertulis, yang disepakati oleh para penghuni wisma dan YPIA Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Wisma Muslim Yogyakarta silahkan mengakses halaman wisma.muslim.or.id atau menghubungi kontak 083840550257.

SDIT YAA BUNAYYA

Beraqidah Shahih, Beramal Shalih, Berakhlak Mulia

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Yaa Bunayya adalah bentuk satuan pendidikan dasar yang menyelenggarakan program pendidikan formal selama enam tahun berdasarkan sistem pendidikan Islam yang benar, yang diperkaya kurikulum nasional sesuai dengan standar Dikdasmen  Kemendiknas.Terdapat empat tujuan utama dari didirikannya SDIT Yaa Bunayya, yaitu (1) terbentuknya generasi yang beraqidah Ahlussunnah wal Jama’ah yang mengamalkan nilai – nilai Islamiyah sesuai Al Qur’an dan As-Sunnah dalam keseharian, (2) menanamkan ajaran Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah dalam kurikulum pembelajaran secara optimal, (3) membentuk generasi muslim yang kompetitif dan tangguh, dan (4) membekali siswa dengan keterampilan yang sesuai perkembangan iptek.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SDIT Yaa Bunayya silahkan mengakses halaman sdityaabunayya.com atau menghubungi kontak 081328826611.

INFORMASI LEBIH LANJUT DAN DONASI

Bagi kaum muslimin yang ingin turut membantu kelancaran berbagai kegiatan di atas dengan menyalurkan donasi, dapat mentransfer ke nomor rekening Donasi Dakwah YPIA sebagai berikut:

  1. Bank BNI Syariah Yogyakarta atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening 024 1913 801.

  2. Bank Muamalat atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta. Nomor rekening: 5350002594

  3. Bank Syariah Mandiri atas nama YPIA Yogyakarta. Nomor rekening: 703 157 1329.

  4. CIMB Niaga Syariah atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening: 508.01.00028.00.0

Catatan :

Setiap donatur yang telah melakukan transfer kami mohon untuk dapat memberikan SMS konfirmasi ke nomor: 0857-4722-3366 dengan format sebagai berikut:

Nama#Alamat#Besaran Donasi#Tanggal Transfer#Via Rekening#Peruntukan (Mahad Ilmi/MUBK/Kampus Tahfizh/SDIT/Wisma Muslim)

Contoh: Abdullah#Bekasi#1.000.000#25 Februari 2014#BNI Syariah#Kampus Tahfizh

Ndaru Tri Utomo, S.Si

Kepala Bidang Pendidikan YPIA Yogyakarta


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  

In this article

Join the Conversation

Shares