Keutamaan Shalat Isyroq

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ »

Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk – dalam riwayat lain: dia menetap di mesjid[1] – untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna[2].

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan duduk menetap di tempat shalat, setelah shalat shubuh berjamaah, untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat[3].

Faidah-faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:

  • Shalat dua rakaat ini diistilahkan oleh para ulama[4] dengan shalat isyraq (terbitnya matahari), yang waktunya di awal waktu shalat dhuha[5].
  • Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “… sampai matahari terbit“, artinya: sampai matahari terbit dan agak naik setinggi satu tombak[6], yaitu sekitar 12-15 menit setelah matahari terbit[7], karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang shalat ketika matahari terbit, terbenam dan ketika lurus di tengah-tengah langit[8].
  • Keutamaan dalam hadits ini lebih dikuatkan dengan perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri, dari Jabir bin Samurah radhiyallahu anhu: bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika selesai melakukan shalat shubuh, beliau duduk (berzikir) di tempat beliau shalat sampai matahari terbit dan meninggi”[9].
  • Keutamaan dalam hadits ini adalah bagi orang yang berzikir kepada Allah di mesjid tempat dia shalat sampai matahari terbit, dan tidak berbicara atau melakukan hal-hal yang tidak termasuk zikir, kecuali kalau wudhunya batal, maka dia boleh keluar mesjid untuk berwudhu dan segera kembali ke mesjid[10].
  • Maksud “berzikir kepada Allah” dalam hadits ini adalah umum, termasuk membaca al-Qur’an, membaca zikir di waktu pagi, maupun zikir-zikir lain yang disyariatkan.
  • Pengulangan kata “sempurna” dalam hadits ini adalah sebagai penguat dan penegas, dan bukan berarti mendapat tiga kali pahala haji dan umrah[11].
  • Makna “mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah” adalah hanya dalam pahala dan balasan, dan bukan berarti orang yang telah melakukannya tidak wajib lagi untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah jika dia mampu.

Penulis: Ustadz Abdullah Taslim, MA

Artikel www.muslim.or.id


[1] HR ath-Thabrani dalam “al-Mu’jamul kabir” (no. 7741), dinyatakan baik isnadnya oleh al-Mundziri.

[2] HR at-Tirmidzi (no. 586), dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani dalam “Silsilatul ahaditsish shahihah” (no. 3403).

[3] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (3/157) dan “at-Targhib wat tarhib” (1/111-shahih at-targhib).

[4] Bahkan penamaan ini dari sahabat Ibnu Abbas t, lihat kitab “Bughyatul mutathawwi'” (hal. 79).

[5] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (3/157) dan “Bughyatul mutathawwi'” (hal. 79).

[6] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (3/158).

[7] Lihat keterangan syaikh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin dalam “asy-Syarhul mumti'” (2/61).

[8] Dalam HSR Muslim (no. 831).

[9] HSR Muslim (no.670) dan at-Tirmidzi (no.585).

[10] Demikian keterangan yang kami pernah dengar dari salah seorang syaikh di kota Madinah.

[11] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (3/158).

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Print Friendly, PDF & Email
iklan
MPD Banner

About Author

Abdullah Taslim, Lc., MA.

Lulusan Fakultas Hadits, Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Beliau adalah penulis aktif di majalah Pengusaha Muslim.

View all posts by Abdullah Taslim, Lc., MA. »

63 Comments

  1. AssaLamu’aLaikum, sy mw tnya bacan niat shLt isyroq bgmn? Brp raka’at dan kira2 dr jam brp? Mohon ptunjuk k’e-maiL sy. Terima kasih, smoga anda mendapat pahaLa yg besar dr ALLAH SWT

  2. kira-kira itu jam berapa ya

  3. Assalamu ‘alaikum
    Ana mau tanya tentang hukum membaca zikir pagi dan petang,karena pada pagi dan petang hari tak sempat membacanya yg disebabkan setelah shubuh ana langsung berangkat kerja untuk menghindari macet dan setelah ashar ana dari kantor langsung ke kampus untuk belajar dan menghindari macet pula. Bagaimana saran,tanggapan,masukan dari muslim.or.id?
    Jazakallah

    • @ Fahrul
      Wa’alaikumus salam.
      Untuk dzikir pagi dan sore itu sunnah. Silakan melakukan dzikir tersebut ketika di kendaraan atau dalam perjalanan. Dzikir pagi sore tidak disyaratkan berada di masjid.

  4. Ijinkan saya utk bertanya,
    Pertanyaan: Bagaimana keutamaan sholat ini utk kaum muslimah, dimana sholat yg utama adalah sholat yg dilaksanakan di rumahnya?
    Mohon penjelasan. Terima kasih.

  5. Assalamualaikum,

    Mau tanya, apakah kajian/pengajian/majelis ilmu bada subuh,
    juga termasuk
    zikir sehingga kita bisa mendapat keutamaan tsb ?

    sukron

  6. Jual Karpet Refleksi

    alhamdulillah

  7. awaludin ershat

    Assalamu’alaikum
    Afwan kalo kira-kira sekitar jam 5.30 sudah diperbolehkan blm ya…. Barokallahufik

  8. Alhamdulilah akhirnya ketemu juga

  9. Siapa nama Syaikh di kota Madinah tersebut agar para pembaca bisa mengetahui biar ngak ragu dalam mengamalkan sholat Isyro ?

  10. @wong ndeso:

    Ngapain tny syaikhnya org dalilnya udh jls gt kok :)

  11. Kepada Mas Worl Cars apakah kamu tahu nama Syaikh yang dari Madinah masalah dalil saya mempunyai 3 sumber

  12. Mohon penjelasan berapa raka’at yang biasa dilakukan Rosululloh dan bagaimana lafalz niatnya.

  13. Saya masih ragu untuk mengamalkan karena belum tahu nama Syaikh dari Madinah meskipun ada dalilnya

  14. Saya mengamalkan ikut dalil tapi nama Syaikh ngak tau karena belum pernah ngaji ke tempat Syaikh dari Madinah

  15. baru denger kalo ada yang nama nya solat isyraq kira2 sama ga ya ma solat fajar…saol nya setau aku solah ketika matahari terbit tu solat fajar….

  16. Susi Ummu Shaliha

    Assalamu’alaykum..
    Afwan, ana ingin mendownload dzikir pagi-sore dan dzikir ba’da shalat..
    Mohon bantuannya..
    Jazaakallah khayran..

  17. Cut Susan

    Hehe ini dia salah satu tugas ane…

  18. Taufik Rahman

    afwan ustadz, numpang nanya.
    apakah sholat isyroq ini juga disebut dengan sholat dhuha?
    karena ada kesamaan definisi antara isyroq dan dhuha.
    syukron

    • @ Taufik Rahman
      Para ulama katakan bahwa shalat isyroq adl shalat Dhuha di awal waktu.
      Berikut ini kami nukilkan fatwa Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah.

      Tanya:
      Apakah shalat sunnah Isyroq termasuk bagian dari shalat sunnah Dhuha?

      Jawab:
      Iya, shalat sunnah Isyroq merupakan bagian dari shalat sunnah Dhuha. Jika shalat Dhuha itu dikerjakan di awal waktu ketika matahari terbit dan setinggi tombak, maka ini disebut shalat Isyroq. Jika dikerjakan di akhir atau pertengahan waktu, maka ini disebut shalat Dhuha. Karena para ulama mengatakan bahwa waktu shalat Dhuha adalah mulai dari matahari setinggi tombak hingga mendekati waktu zawal (matahari mulai bergeser ke barat).
      [Fatwa Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, Liqo’ Al Bab Al Maftuh, kaset no. 141]

  19. Taufik Rahman

    tolong dibahas tentang hukum yayasan.

  20. assalaamu ‘alaykum wr. wb.
    Permisi, saya ingin bertanya, apakah bila waktu antara shalat Shubuh dan terbitnya matahari diisi dengan ta’ lim berjamaah dengan judul buku yang dibahas “Himpunan Fadhilah ‘Amal”(bukan dzikir sendirian) tetap terhitung dzikrullah, dan dapat ditutup dengan shalat Isyraq?
    Terimakasih. Wassalaamu’alaykum wr.wb.

    • #mario
      wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh, jika yang dimaksud adalah kitab fadhailul’amal yang sebagian besar memuat hadits-hadits lemah dan palsu, maka tidak terhitung dzikrullah.

  21. ummu 'aisyah

    apakah jika telah melakukan shalat isyroq masih boleh melakukan shalat dhuha di pertengahan/akhir waktu?

  22. tanya : apakah mendengarkan ta’lim/kultum setelah berjamaah shalat subuh itu termasuk dzikir?

    • #Anwar Rais
      Seluruh ta’lim termasuk dzikir, dalilnya firman Allah :
      فاسألو أهل الذكر إن كنتم لا تعلمون

      Allah menamakan ahlul ilmi dengan ahlu ad-dzikir. akan tetapi tentunya dzikir ta’lim ini bukanlah dzikir yang merupakan rangkaian sholat.

  23. Ridho Amrullah

    Assalammu’alaikum,

    1. Pukul berapa matahari terbit ?
    2. Pukul berapa juga matahari setinggi tombak ?

    Mungkin Muslim bisa memperkirakannya ?

    Syukron, mohon dijawab pernomor ya !

  24. Assalamu’alaikum
    ust,,berarti shalat isyraq itu hanya bisa dilakukan jika memenuhi kondisi tersebut ya. apa setelah melaksanakan shalat isyraq itu,,kita boleh melakukan shalat dhuha lagi?
    syukron atas jawaban nya
    jazakallahu khair

  25. siti nurjanah

    Asw. Ijin share,, thx. Wass.

  26. toni reza

    Apakah yang dimaksud “sempurna, sempurna, sempurna”? apakah artinya mabrur? syukron

  27. Apa boleh pindah tempat dimana dia sholat atau sekedar mengambil alquran di rak buku masjid? Apa pahala haji&umroh hilang jika ini dilakukan?

  28. Assalamu’alaikum mohon izin untuk copas

  29. karena waktu sholat Isyro waktunya di awal waktu shalat dhuha dan saya baca beberapa komentar menanyakan jam berapanya waktu sholat Isyro ini. ini saya coba jawab, tentunya jadwal awal waktu dhuha berbeda antara tempat satu dengan lainnya. jadwal awal waktu dhuha bisa dilihat di JadwalSholat.org atau website-website lainnya. Waktu dhuha ini kalau kriteria Depag adalah saat Matahari berada pada sudut 4,5° di atas horizon setelah terbit ditambah ihtiyati 2 menit. semoga manfaat, jika ada kesalahan mohon koreksinya.

  30. Mhn izin menambahkan…..waktu pelaksanaan sholat sunnah isyroq adl +/- 1,5 jam dari waktu subuh pada waktu setempat, dan awal sholat dhuha adalah +/- 23 menit setelah sholat isyroq. contoh: waktu masuk sholat subuh jam 04.45(wib) maka matahari terbit jam 06.04(wib), sholat isyroq jam 06.17(wib), sholat dhuha paling awal jam 06.40(wib. mudah2an bermanfaat

  31. ijin share ya tq

  32. Abu Anang

    Assalamu’alaikum Ustadz ana sangat ingin sekali mengamal kan Sholat Sunna Isyiroq, tapi terus terang Ustadz ana masi bingung dalam penetuan waktunya yang pas, untuk itu ana kiranya ustadz dapat memberikan solusi nya, misalnya di daerah saya yaitu di Palembang ( Sumatera – Selatan ) kalau menurut Jadwal sholat dari Depag waktu terbit matahari pukul 06,06 WIB, kira-kira pukul berapa waktu yang afdol utk melakukan sholat sunna Isyroq itu, atas bantuan ustadz ana ucapkan Jazakullah khoir. Baaraqollahufik. Wasaalamu’alaikum warohmatullahiwa barokaatu. Abu Anang

  33. Bagaimana Ustadz jika saat dzikir kemudian buang angin atau buang air sehingga harus ke toilet dan berwudlu kembali? Apakah itu termasuk keluar dari masjid karena tempat wudlu ada di luar masjid?

  34. Ruswanto Suwardjo

    Ustadz, kalau sudah melaksanakan sholat isyroq, bagaimana dengan sholat dhuhanya? Masih perlu apa tidak? Syukron.

    • Sa'id Abu Ukkasyah

      Shalat Isyraq termasuk Shalat Dhuha itu sendiri, hanya saja dikerjakan di awal waktu.

  35. terima kasih informasinya

  36. terima kasih informasinya

  37. terima kasih informasinya

  38. terima kasih informasinya

Leave a Reply