Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ »
“Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk – dalam riwayat lain: dia menetap di mesjid[1] – untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna“[2].
Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan duduk menetap di tempat shalat, setelah shalat shubuh berjamaah, untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat[3].
Faidah-faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:
- Shalat dua rakaat ini diistilahkan oleh para ulama[4] dengan shalat isyraq (terbitnya matahari), yang waktunya di awal waktu shalat dhuha[5].
- Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “… sampai matahari terbit“, artinya: sampai matahari terbit dan agak naik setinggi satu tombak[6], yaitu sekitar 12-15 menit setelah matahari terbit[7], karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang shalat ketika matahari terbit, terbenam dan ketika lurus di tengah-tengah langit[8].
- Keutamaan dalam hadits ini lebih dikuatkan dengan perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri, dari Jabir bin Samurah radhiyallahu anhu: bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika selesai melakukan shalat shubuh, beliau duduk (berzikir) di tempat beliau shalat sampai matahari terbit dan meninggi”[9].
- Keutamaan dalam hadits ini adalah bagi orang yang berzikir kepada Allah di mesjid tempat dia shalat sampai matahari terbit, dan tidak berbicara atau melakukan hal-hal yang tidak termasuk zikir, kecuali kalau wudhunya batal, maka dia boleh keluar mesjid untuk berwudhu dan segera kembali ke mesjid[10].
- Maksud “berzikir kepada Allah” dalam hadits ini adalah umum, termasuk membaca al-Qur’an, membaca zikir di waktu pagi, maupun zikir-zikir lain yang disyariatkan.
- Pengulangan kata “sempurna” dalam hadits ini adalah sebagai penguat dan penegas, dan bukan berarti mendapat tiga kali pahala haji dan umrah[11].
- Makna “mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah” adalah hanya dalam pahala dan balasan, dan bukan berarti orang yang telah melakukannya tidak wajib lagi untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah jika dia mampu.
Penulis: Ustadz Abdullah Taslim, MA
Artikel www.muslim.or.id
[1] HR ath-Thabrani dalam “al-Mu’jamul kabir” (no. 7741), dinyatakan baik isnadnya oleh al-Mundziri.
[2] HR at-Tirmidzi (no. 586), dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani dalam “Silsilatul ahaditsish shahihah” (no. 3403).
[3] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (3/157) dan “at-Targhib wat tarhib” (1/111-shahih at-targhib).
[4] Bahkan penamaan ini dari sahabat Ibnu Abbas t, lihat kitab “Bughyatul mutathawwi'” (hal. 79).
[5] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (3/157) dan “Bughyatul mutathawwi'” (hal. 79).
[6] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (3/158).
[7] Lihat keterangan syaikh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin dalam “asy-Syarhul mumti'” (2/61).
[8] Dalam HSR Muslim (no. 831).
[9] HSR Muslim (no.670) dan at-Tirmidzi (no.585).
[10] Demikian keterangan yang kami pernah dengar dari salah seorang syaikh di kota Madinah.
[11] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (3/158).
AssaLamu’aLaikum, sy mw tnya bacan niat shLt isyroq bgmn? Brp raka’at dan kira2 dr jam brp? Mohon ptunjuk k’e-maiL sy. Terima kasih, smoga anda mendapat pahaLa yg besar dr ALLAH SWT
Niat tidak perlu dilafalkan. Cukup niat dalam hati saja untuk melakukan shalat isyroq
Kira-kira 15 menit setelah waktu matahari terbit
Waktu matahari terbit tidak sama tiap daerah. Silahkan cek di jadwal kemenag atau download saja apk android untuk waktu shalat. biasanya waktu terbit juga ada.
kira-kira itu jam berapa ya
Assalamu ‘alaikum
Ana mau tanya tentang hukum membaca zikir pagi dan petang,karena pada pagi dan petang hari tak sempat membacanya yg disebabkan setelah shubuh ana langsung berangkat kerja untuk menghindari macet dan setelah ashar ana dari kantor langsung ke kampus untuk belajar dan menghindari macet pula. Bagaimana saran,tanggapan,masukan dari muslim.or.id?
Jazakallah
@ Fahrul
Wa’alaikumus salam.
Untuk dzikir pagi dan sore itu sunnah. Silakan melakukan dzikir tersebut ketika di kendaraan atau dalam perjalanan. Dzikir pagi sore tidak disyaratkan berada di masjid.
Ijinkan saya utk bertanya,
Pertanyaan: Bagaimana keutamaan sholat ini utk kaum muslimah, dimana sholat yg utama adalah sholat yg dilaksanakan di rumahnya?
Mohon penjelasan. Terima kasih.
Assalamualaikum,
Mau tanya, apakah kajian/pengajian/majelis ilmu bada subuh,
juga termasuk
zikir sehingga kita bisa mendapat keutamaan tsb ?
sukron
alhamdulillah
Assalamu’alaikum
Afwan kalo kira-kira sekitar jam 5.30 sudah diperbolehkan blm ya…. Barokallahufik
Sekitar 90 menit setelah waktu masuk subuh. Jadi waktunya bisa berbeda2 antar daerah…
Alhamdulilah akhirnya ketemu juga
Siapa nama Syaikh di kota Madinah tersebut agar para pembaca bisa mengetahui biar ngak ragu dalam mengamalkan sholat Isyro ?
@wong ndeso:
Ngapain tny syaikhnya org dalilnya udh jls gt kok :)
Kepada Mas Worl Cars apakah kamu tahu nama Syaikh yang dari Madinah masalah dalil saya mempunyai 3 sumber
Mohon penjelasan berapa raka’at yang biasa dilakukan Rosululloh dan bagaimana lafalz niatnya.
@ Priyadi.
Niatnya cukup dalam hati. Raka’atnya minimal dua raka’at.
Saya masih ragu untuk mengamalkan karena belum tahu nama Syaikh dari Madinah meskipun ada dalilnya
@ Whong Dheso
Antum mau ikut dalil atau ikut Syaikh?
Sungguh aneh prinsip beragama antum.
Saya mengamalkan ikut dalil tapi nama Syaikh ngak tau karena belum pernah ngaji ke tempat Syaikh dari Madinah
baru denger kalo ada yang nama nya solat isyraq kira2 sama ga ya ma solat fajar…saol nya setau aku solah ketika matahari terbit tu solat fajar….
Assalamu’alaykum..
Afwan, ana ingin mendownload dzikir pagi-sore dan dzikir ba’da shalat..
Mohon bantuannya..
Jazaakallah khayran..
#Susi
Silakan simak
http://radiomuslim.com/bacaan-doa-dan-dzikir-setelah-shalat/
http://radiomuslim.com/dzikir-rutin-di-pagi-hari-2/
Sip dach
Hehe ini dia salah satu tugas ane…
afwan ustadz, numpang nanya.
apakah sholat isyroq ini juga disebut dengan sholat dhuha?
karena ada kesamaan definisi antara isyroq dan dhuha.
syukron
@ Taufik Rahman
Para ulama katakan bahwa shalat isyroq adl shalat Dhuha di awal waktu.
Berikut ini kami nukilkan fatwa Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah.
Tanya:
Apakah shalat sunnah Isyroq termasuk bagian dari shalat sunnah Dhuha?
Jawab:
Iya, shalat sunnah Isyroq merupakan bagian dari shalat sunnah Dhuha. Jika shalat Dhuha itu dikerjakan di awal waktu ketika matahari terbit dan setinggi tombak, maka ini disebut shalat Isyroq. Jika dikerjakan di akhir atau pertengahan waktu, maka ini disebut shalat Dhuha. Karena para ulama mengatakan bahwa waktu shalat Dhuha adalah mulai dari matahari setinggi tombak hingga mendekati waktu zawal (matahari mulai bergeser ke barat).
[Fatwa Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, Liqo’ Al Bab Al Maftuh, kaset no. 141]
tolong dibahas tentang hukum yayasan.
assalaamu ‘alaykum wr. wb.
Permisi, saya ingin bertanya, apakah bila waktu antara shalat Shubuh dan terbitnya matahari diisi dengan ta’ lim berjamaah dengan judul buku yang dibahas “Himpunan Fadhilah ‘Amal”(bukan dzikir sendirian) tetap terhitung dzikrullah, dan dapat ditutup dengan shalat Isyraq?
Terimakasih. Wassalaamu’alaykum wr.wb.
#mario
wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh, jika yang dimaksud adalah kitab fadhailul’amal yang sebagian besar memuat hadits-hadits lemah dan palsu, maka tidak terhitung dzikrullah.
apakah jika telah melakukan shalat isyroq masih boleh melakukan shalat dhuha di pertengahan/akhir waktu?
@ Ummu ‘Aisyah
Sperti itu masih dibolehkan.
tanya : apakah mendengarkan ta’lim/kultum setelah berjamaah shalat subuh itu termasuk dzikir?
#Anwar Rais
Seluruh ta’lim termasuk dzikir, dalilnya firman Allah :
فاسألو أهل الذكر إن كنتم لا تعلمون
Allah menamakan ahlul ilmi dengan ahlu ad-dzikir. akan tetapi tentunya dzikir ta’lim ini bukanlah dzikir yang merupakan rangkaian sholat.
Assalammu’alaikum,
1. Pukul berapa matahari terbit ?
2. Pukul berapa juga matahari setinggi tombak ?
Mungkin Muslim bisa memperkirakannya ?
Syukron, mohon dijawab pernomor ya !
#Ridha Amrullah
Setiap tempat memiliki waktu yang berbeda-beda, tp ini perkara yang mudah insya Allah.
Assalamu’alaikum
ust,,berarti shalat isyraq itu hanya bisa dilakukan jika memenuhi kondisi tersebut ya. apa setelah melaksanakan shalat isyraq itu,,kita boleh melakukan shalat dhuha lagi?
syukron atas jawaban nya
jazakallahu khair
#didi
Wa’alaikumussalam, jika shalat dikerjakan lebih dari waktu tersebut maka shalat tsb dinamakan shalat dhuha.
Asw. Ijin share,, thx. Wass.
Apakah yang dimaksud “sempurna, sempurna, sempurna”? apakah artinya mabrur? syukron
#toni reza
Ya
Apa boleh pindah tempat dimana dia sholat atau sekedar mengambil alquran di rak buku masjid? Apa pahala haji&umroh hilang jika ini dilakukan?
@ Abu Sausan
Boleh pindah tempat.
Assalamu’alaikum mohon izin untuk copas
karena waktu sholat Isyro waktunya di awal waktu shalat dhuha dan saya baca beberapa komentar menanyakan jam berapanya waktu sholat Isyro ini. ini saya coba jawab, tentunya jadwal awal waktu dhuha berbeda antara tempat satu dengan lainnya. jadwal awal waktu dhuha bisa dilihat di JadwalSholat.org atau website-website lainnya. Waktu dhuha ini kalau kriteria Depag adalah saat Matahari berada pada sudut 4,5° di atas horizon setelah terbit ditambah ihtiyati 2 menit. semoga manfaat, jika ada kesalahan mohon koreksinya.
Mhn izin menambahkan…..waktu pelaksanaan sholat sunnah isyroq adl +/- 1,5 jam dari waktu subuh pada waktu setempat, dan awal sholat dhuha adalah +/- 23 menit setelah sholat isyroq. contoh: waktu masuk sholat subuh jam 04.45(wib) maka matahari terbit jam 06.04(wib), sholat isyroq jam 06.17(wib), sholat dhuha paling awal jam 06.40(wib. mudah2an bermanfaat
ijin share ya tq
Assalamu’alaikum Ustadz ana sangat ingin sekali mengamal kan Sholat Sunna Isyiroq, tapi terus terang Ustadz ana masi bingung dalam penetuan waktunya yang pas, untuk itu ana kiranya ustadz dapat memberikan solusi nya, misalnya di daerah saya yaitu di Palembang ( Sumatera – Selatan ) kalau menurut Jadwal sholat dari Depag waktu terbit matahari pukul 06,06 WIB, kira-kira pukul berapa waktu yang afdol utk melakukan sholat sunna Isyroq itu, atas bantuan ustadz ana ucapkan Jazakullah khoir. Baaraqollahufik. Wasaalamu’alaikum warohmatullahiwa barokaatu. Abu Anang
Wa’alaikumussalam.
Setiap daerah kondisinya berbeda-beda. Waktu shalat isyroq adalah 15 menit setelah matahari terbit. Jadi silakan perkirakan untuk daerah Anda.
2014-07-03 13:59 GMT+07:00 Disqus :
Ust,, kebetulan sewaktu umrah kita solat di masjidil haram, apakah sekira kita tawaf sementara menunggu waktu ishraq. Itu juga termasok zikir?
Termasuk zikir.
Bagaimana Ustadz jika saat dzikir kemudian buang angin atau buang air sehingga harus ke toilet dan berwudlu kembali? Apakah itu termasuk keluar dari masjid karena tempat wudlu ada di luar masjid?
Jika maksud pertanyaan anda “apakah perlu shalat tahiyatul masjid lagi?”. Maka jawabnya, tidak perlu.
Itu tmsk uzur dan bisa lanjutkan lagi duduk di masjid dan laksanakan shalat isyroq.
Ustadz, kalau sudah melaksanakan sholat isyroq, bagaimana dengan sholat dhuhanya? Masih perlu apa tidak? Syukron.
Shalat Isyraq termasuk Shalat Dhuha itu sendiri, hanya saja dikerjakan di awal waktu.
terima kasih informasinya
terima kasih informasinya
terima kasih informasinya
terima kasih informasinya
‘afwan apakah ada do’a khusus setelah sholat isyraq ?
Seperti halnya sholat istikharah