Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat membantu dalam penerapan manajemen perkantoran modern. Dengan tersedianya perangkat komputer sangat membantu dalam kelancaran kegiatan administratif. Dengan bertambahnya waktu, kebutuhan perangkat komputer semakin bertambah pula.
Demikian pula hal yang terjadi di YPIA. Semakin banyak kegiatan yang dilaksanakan YPIA, semakin bertambah pula kebutuhan perangkat komputer. Saat ini, kegiatan yang dilaksanakan YPIA antara lain: Ma’had al ‘Ilmi putra-putri, Ma’had ‘Umar bin Khottob putra-putri, Forum Kajian Islam Mahasiswa, Kajian Umum, Forum Kegiatan Kemuslimahan Al Atsari, Pembinaan Wisma Muslim-Muslimah, Buletin At Tauhid, Buletin Zuhairoh, Kabar Dakwah, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Mayoritas kegiatan-kegiatan tersebut membutuhkan perangkat komputer dalam hal word processing, graphic design, video/audio editing, server SMS Tausiyah, dan back-up rekaman kajian. Untuk itu, kami menawarkan kepada kaum muslimin untuk berpartisipasi dalam rangka pengadaan perangkat komputer guna mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kemudian.
Setelah dilakukan pendataan, maka diketahui bahwa YPIA masih membutuhkan 1 unit personal computer. 2 unit laptop, 2 unit printer, dan 3 unit lisensi software. Alokasi penggunaannya yaitu: 1 unit personal computer, 1 unit laptop dan 1 unit printer akan ditempatkan di sekretariat YPIA dan akan mendukung kegiatan ikhwan. Adapun 1 unit laptop dan 1 unit printer akan ditempatkan di sekretariat FKKA dan akan mendukung kegiatan akhwat. Software akan diinstall pada masing-masing PC/laptop.
Perkiraan 2 unit laptop yang akan dibeli merk Asus A43E Intel B960 2.2Ghz, 14″ HD Color Shine, 2GB DDR3, 320GB, Intel HD, DVDRW, Camera, Wifi, No Bluetooth, USB 3.0, Card Reader, DOS. Personal computer berupa rakitan dengan pembelian per bagian secara terpisah. Hal ini menjadi lebih murah, lebih customizable, dan garansi tergantung per parts. Software yang akan dibeli yaitu operating system Windows 7 home premium dan word processing MS Office Home & Student. Dan printer yang akan dibeli dengan merk canon dengan kemampuan mencetak hitam dan warna.
Perkiraan kebutuhan biaya:
PC: 1 x Rp. 6.000.000,- = Rp. 6.000.000,-
Laptop: 2 x Rp. 4.200.000,- = Rp. 8.400.000,-
OS: 3 x Rp. Rp. 1.300.000,- = Rp. 3.900.000,-
Printer: 2 x Rp. 500.000,- = Rp. 1.000.000,-
Total Biaya = Rp. 20.100.000,-
Demikianlah penawaran donasi komputer ini kami tawarkan, atas perhatian dan kerjasama kaum muslimin semua diucapkanjazakumullahu khairan..
Bagi anda yang ingin berpartisipasi dalam pengadaan komputer, dapat disalurkan ke rekening
1. Bank BNI Syariah dengan no. rekening 0241913801
Atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari
2. Bank Muamalat dengan no. rekening 0001247776
Atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta
3. Bank Syariah Mandiri dengan no. rekening 0300132637
Atas nama YPIA Yogyakarta
4. Bank CIMB Niaga Syariah dengan no. rekening 508.01.00028.00.0
Atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari
Donatur yang telah menyalurkan bantuan dimohon memberikan sms konfirmasi ke no. 085747223366 (Syarif Mustaqim)
knp tdk memakai OS dan aplikasi office yg free saja?anda akan menghemat sekitar 11jt-an…
baarokallohu fiikum
kok harga OS windowsnya mahal banget, di bhineka.com, harga windows 7 home premium cuma Rp 1,257,300. kalau tiga OS itu cuma 3.8 jutaan.
http://www.bhinneka.com/products/sku00609251/microsoft_windows_7_home_premium__retail_.aspx
Iya Benar, kenapa tidak memakai Linux dan OpenOffic/Libre Office saja, Menghemat jutaan rupiah. Toh sama saja fungsinya. Kalau tidak mau, minimal prgogram Officenya yang Free.
Linux sekarang beda dgn bbrpa thaun yg lalu. Sangat mudah dan kompatibel dgn windows. Sementara openOffice jauh lebih optimal daripada MsOffice. Saya gunakan sejak 2005. tidak pernah negok ms office lagi. Lagian khan cuman buat ngetik, excel dan semacamnya khan. bukan buat perusahaan enterprise. Biaya kursus juga murah, seminggu sudah mahir.
Win 7 Home Premium di sini jauh lebih murah : http://goo.gl/p2O98
iya sy cek di bhinneka trnyt g semahal itu harganya???
Tim IT muslim.or.id mungkin punya pertimbangan lain utk memakai OS n Office suite berbayar dan sy kira tim IT nya bukan orang sembarangan tp memiliki ilmu yg mumpuni, buktinya situs ini didesain sangat apik dgn backend memakai wordpress.
Bagaimana kalau pakai windows 8 yang release preview dan office 2013 release preview. Lisensinya gratis dari microsoft.
Saya Mohon tim IT website ini ataupun YPIA menggunakan OS berbayar seperti UBUNTU,dkk sedang untuk Program Office menggunakan Libra Office (Open Office),dengan seperti itu maka anda akan menghemat dana dan dana anda bisa anda gunakan untuk hal lain yg lebih Urgent.
Bismillah. Saya setuju dengan para penghemat devisa. Kalau sekadar aplikasi perkantoran (word processing, spreadsheet, dll.), pakai saja yang versi cuma-cuma (gratisan). Coba kunjungi “http://www.linuxmint.com” dan unduhlah berkas ISO (untuk dibakar di DVD) instalasi LinuxMint. Di dalamnya sudah terdapat aplikasi perkantoran. Hebat dan hemat. Insya Allah tidak repot beradaptasi dengannya. Selamat mencoba.
Kepada seluruh komentator,
Jazaakumullah khayr katsir atas saran dan masukannya. Sejujurnya saya pribadi sebagai admin web ini, saya pengguna Linux Mint. Saya juga pengguna Windows 7 berlisensi dan di dalamnya menggunakan software-software gratis OpenOffice, Gimp, Scribus, Geany, 7Zip, dll untuk maintenance web ini. Demikian juga tim redaksi muslim.or.id, sepengetahuan kami, insya Allah semuanya menggunakan software yang halal.
Adapun donasi komputer yang dicantumkan di atas adalah komputer untuk keperluan administrasi di kantor Yayasan Pendidikan Islam Al Atsary di Yogyakarta. Mengingat sebagian staf yayasan yang bertugas di sana terdiri dari berbagai macam background dan tidak semua mahir dalam IT, juga komputer tersebut sangat dimungkinkan digunakan dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang dari pihak lain. Sehingga kami merasa perlu menggunakan OS dan software yang mudah digunakan oleh orang banyak.
Mudah-mudahan dimaklumi.
Sekedar saran.
Kami di kantor juga sering menggunakan produk-produk Open Source. Ada beberapa alternatif aplikasi untuk pengolahan kata selain MS Office atau Apache Open Office.
1. Libre Office – multi platform
Untuk versi terbaru 3.6.3 sangat kompatibel dengan produk2 dari ms office. Dapat diunduh di tautan http://repo.ugm.ac.id/ekstra/software/linux/office/libreoffice/3.6.3/
2. Jika tetap menggunakan MS Office, kami menyarankan tetap menggunakan platform terbuka yang berbasis *nix dengan perantara crossover. Harga untuk layanan support satu bulan adalah $39.95. Jika ada 2 PC, brarti 2 x $39.95. Crossover adalah versi berbayar dari aplikasi wine dan mempunyai kompatibilitas tinggi terhadap aplikasi2 berbasis MS. Tujuannya adalah untuk mempertahankan pondasi OS dengan produk2 yang stabil dan tidak mudah diserang oleh virus melalui pertukaran flashdisk.
Untuk ISO produk2 Open Source bisa dengan mudah memilih di http://repo.ugm.ac.id/iso/