fbpx

Soal-178: Setiap Orang Bisa Meruqiyah?

Apakah setiap orang bisa meruqiyah dirinya atau orang lain? adakah kewajiban kita berdakwah kepada golongan jin?

Dijawab Oleh Ust Aris Munandar

Jawabannya Klik Player:

Download

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. InsyaAllah, setiap artikel yang dibaca, bisa menjadi pahala untuk kita semua. Donasi sekarang.

🔍 Malaikat Peniup Terompet, Ayat Jilbab, Kalkulator Faraid, Ciri Ciri Calon Penghuni Surga Firdaus, Apa Arti Fardhu Ain

Print Friendly, PDF & Email

About Author

Aris Munandar, Ss., Mpi.

Pengajar Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, pengajar Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Yogyakarta, S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, S2 Fiqih dan Ushul Fiqih Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengasuh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)

View all posts by Aris Munandar, Ss., Mpi. »

3 Comments

  1. Assalamualaikum wr. wb. saya hanya ingin bertanya: tolong informasinya untuk kajian sunnah daerah padalarang dan sekitarnya. karena saya penduduk baru di daerah Padalarang. kalau ada tolong kirim informasi ke alamat email saya. Jazakallahu khairan Katsiran.

  2. assalamu’alikum

    ustadz, bagaimana hukumnya meruqyah orang(sakit) yang kita jenguk (katanya ini termasuk dalam adab menjenguk), apakah ini termasuk meminta di ruqyah (bagi si sakit) yg makruh, dan dapat mengeluarkan dia dari golongan yg tidak di azab dan hisab Allah kelak?

    • #usman
      Sebelumnya, ruqyah bukan solusi atas semua penyakit. Jika memang sakit yang diderita itu bisa disembukan dengan ruqyah, seperti kena ‘ain, jika yang menjenguk bisa meruqyah dan berinisiatif ingin meruqyah, itu merupakan hal yang dianjurkan.

Leave a Reply