Soal-146: Pengumpulan Al-qur’an=Bid’ah Hasanah?

Orang yang membela bid’ah mengatakan “para sahabat mengumpulkan al-qur’an menjadi satu mushaf, maka ini adalah bid’ah hasanah”. Bagaimana menyanggahnya?

Jawabannya Klik Player:

Download

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Print Friendly, PDF & Email
batik travel
MPD Banner

About Author

Aris Munandar, Ss., Mpi.

Pengajar Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, pengajar Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Yogyakarta, S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, S2 Fiqih dan Ushul Fiqih Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengasuh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)

View all posts by Aris Munandar, Ss., Mpi. »

10 Comments

  1. salamun alaykum.. saya dari malaysia,jadi mungkin mmpunyai sdikit masalah untuk memahami apa yg dikatakn oleh ustaz di atas. saya cuba untuk memahami ttapi sukar sdikit. erm..kalau boleh,dpt diberi sdikit ulasan dn kesimpulan apa yg ustaz itu katakn..? syukran.. jazakallahu khairan~

    • #nurul
      Wa’alaikumussalam. Pengumpulan Al Qur’an bukanlah bid’ah karena terdapat dalil umum yang mensyariatkan, dan adanya ijma sahabat. Sedangkan Yasinan dan Maulid Nabi adalah bid’ah karena sama sekali tidak ada dalil.

  2. Ass. mengumpulkan alqur’an merupakan perbuatan sahabat, sedangkan Nabi SAW sendiri dalam haditsnya tentang umat ini akan terpecah menjadi 73 golongan dan yang selamat itu hanya satu yaitu al jama’ah yaitu mereka yang aku bersama sahabatku berada diatasnya. Artinya sahabat telah mendapat jaminan dari rasul tentang kelurusan akhlak dan perbuatannya, dan jika kita ikuti tidak akan sesat.

  3. Ada 73 golongan, yang selamat satu, maksudnya: dalam masing-masing 72 golongan ada orang-orang yang tidak sebesar zarahpun merasa pendapat atau idenya yang paling benar. Karena mereka memegang dalil bahwa yang paling benar cuma Allah SWT. Nah orang-orang inilah yang diambili dari 72 golongan itu dan dijadikan satu golongan yang selamat.

  4. katanya al-qur’anjaman dulu tak ada kasroh, dhomah, tanwin dll bagai9mana itu?

Leave a Reply