Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 Hijriyah

Muslim.or.id dan segenap keluarga besar Yayasan Pendidikan Islam Al Atsary Indonesia mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H, Taqobbalallahu minna wa minkum.

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Print Friendly, PDF & Email
iklan
MPD Banner

About Author

14 Comments

  1. Amin Saifudin Al-Atsary

    Mau Tanya, mengucapkan Selamat Hari Raya hukumnya bid’ah apa tidak ya?, Tasyabuh apa tidak ya?

  2. Kepada akhi Amin Saifudin -semoga Allah slalu merahmatimu-:

    At Tahni’ah atau ucapan selamat hari raya bukanlah bid’ah dan tidaklah tasyabuh. Bahkan hal ini dicontohkan oleh para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Mereka saling mengucapkan selamat hari raya dgn ucapan di antaranya: TAQOBALALLAHU MINNA WA MINKUM.

    Untuk menguatkan hal ini, kami bawakan ucapan syaikhul islam ibnu taimiyah dlm MAJMU’ FATAWA nya 24/253 ketika beliau ditanya mengenai ucapan selamat hari raya ketika ied. Berikut perkataan beliau:

    “Adapun ucapan slamat hari raya ketika bertemu satu dan lainnya seperti ucapan TAQOBALALLAHU MINNA WA MINKUM. WA AHALALLAHU ‘ALAIKA, dan semacam itu, maka hal ini telah diriwayatkan dari beberapa sahabat di mana mereka melakukan semacam ini. Para imam juga memberi keringanan dlm masalah ini termasuk imam ahmad dan selainnya.”

    Karena tidak ada dalil yg menjelaskan apa yg hendak diucapkan ktk mau mengucapkan selamat hari raya, maka ketentuannya dikembalikan pd urf (kebiasn org sholeh setempat), selama tdk bertentangan dgn syariat (Lihat penjelasan ini di taisir ushul fiqh, yusuf al judai). Maka kita bs ucapkn: selamat hari raya, sugeng riyadi, taqobalallahu minna wa minkum, dsb.

    Semoga kita selalu mendapat ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyib dan amalan yg diterima.

    Muhuhammad Abduh Tuasikal

  3. assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa baarakatuhu, tiada lisan yang tak cela, tiada hati yang luput dari prasangka, tiada perbuatan yang lepas dari kealpaan,kepada segenap ikhwah dan akhwat fillah, kami, abu sa’ad, ummu husam, ummu hindun sekeluarga, menghaturkan, “TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUN SHOLIH A’MAAL. KULLU AAM WA ANTUM BI-KHAIR, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN, SEMOGA LIMPAHAN RAHMAH DAN AMPUNAN-NYA SETIAP SAAT SENANTIASA MENAUNGI KITA SEMUA, WALLAHU WALIYYU-TAUFIQ, wassalamu ‘alaikum.

  4. assalamu’alaikum sahabat2 qu di YPIA

    taqobbalallahu minna wa minkum :)

  5. Assalaamu’alaikum…

    Taqobbalallahu minna wa minkum…

    Bagi akhi yang ingin download murattal ahmad Saud, Muhammad Thaha, dan masyeikh, klij saja blog ana di :http://yenzu.blogspot.com/

  6. taqabbal yaa Kariim, amin…
    selamat Idul Fitri 1429H… mohon maaf lahir & batin juga…

    sebagai tambahan, saya membuat tulisan tentang “Idul Fitri, Kembali Fith-rah ataukah Kembali Fith-run?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/10/idul-fitri-kembali-fith-rah-ataukah.html
    (link di atas adalah tulisan ke-1 dr 2 buah link tentang Muhasabah Idul Fitri)

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

  7. Lha qlo mengucapkan minal aidzin wal faidzin ato maaf lahir batin itu hukumnya bgmn? boleh tidak mengucapkan nya????????????

  8. taqoballallohu minna wa minnkum ……. untuk semua sahabat – sahabatku yang dulu mbak hafhsoh uminya hatim,umynya umair afwn blm bisa silaturahmi kesana saudaranya dah lairan belum ,mbak muthmainah kaifa haluk ana kehilangan no anti. umynya aisyah kaifa haluki?,saudaraku sulis diseberang sana. Sedih sekali kita tidak pernah bertemu lagi. semoga Alloh mempertemukan kita kembali dilain waktu. amin

  9. Lukman singaraja Bali

    Alhamdulillah semakin banyak artikel bernuansa agama manambah ilmu sehingga iman semakin mantap. Bagus sekali jika disediakan kolom tanya jawab untuk mnghilangkan keraguan

  10. Usman Hamid

    terima kasih buat muslim.or.id, karena telah banyak memberikan informasi penting buat saya mengenai bulan ramadhan, dan mengenai sholat, saya telah banyak berbuat kesalahan dikarenakan tidak banyak mengetahui, Insya Allah Saya akan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang saya telah perbuat Amiin, dan Mohon bantuanya………

  11. Assalamu’alaikum . . .
    Bagaimana hukumnya mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin dsb setiap menjelang puasa ramadhan ? Apakah ada tuntunannya ?

    • @ Heri
      Wa’alaikumus salam.
      Minta maaf boleh kapan saja, tdk khusus sebelum ramadhan. Jika dilakukan seperti itu berarti ada istimewa, sekarang apa dalilnya dikhususkan dengan ucapan spt itu?!

  12. Uztad Abduh: terus apa hukumnya kalau mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir batin, mohon penjelasaanya karena sudah menjadi kebiasaan kita terutama yg hidup di indonesia..sukron

Leave a Reply