Dari Redaksi: Bingkisan Istimewa untuk Saudaraku agar Bersegera Menolong Dakwah Islam

Saudaraku, kami mengajak Anda untuk menjadi bagian dari tugas dakwah ini, dengan meluangkan sedikit waktu, menumpahkan sedikit pikiran, mengerahkan sedikit tenaga, dan menyisihkan sedikit harta Anda. Peran Anda tentu sangatlah berarti bagi dakwah ini. Semoga dengan amalan yang sedikit tersebut menjadi pemberat timbangan kebaikan di akhirat kelak. Peran apa yang dapat Anda berikan ?


1. Penulis Artikel

Sampai saat ini muslim.or.id masih kekurangan artikel, terutama artikel untuk kategori Biografi, Sejarah Islam, Fiqh dan Muamalah, Al-Qur’an, dan Hadits. Insya Allah nanti akan ditambah satu kategori lagi, yaitu Serba-Serbi, yang mana Saudara dapat menulis berbagai artikel yang bermanfa’at dengan tema seputar keagamaan selain 10 kategori yang ada sekarang, seperti: menulis artikel tentang kesehatan dan pengobatan cara Nabi (Thibbun Nabawi), atau artikel Kesehatan dengan tema umum, dan lain-lain. Banyak sekali ide-ide kreatif yang bisa Saudara gali dan kemudian ditumpahkan menjadi sebuah tulisan yang bermanfa’at.

Tulisan merupakan karya asli (tulisan sendiri atau terjemahan) dan bukan hasil plagiasi, dan mohon untuk menyertakan Sumber Rujukan artikel pada akhir tulisan. Bentuk tulisan tidak perlu terlalu formal dan tidak mesti mengutip banyak Ayat dan Hadits. Tulisan dengan gaya penulisan yang santai dan bertutur insya Allah lebih mudah dicerna. Panjang tulisan minimal 250 kata (setengah halaman A4), dan maksimal tidak ditentukan (bebas).

Semua tulisan yang masuk ke meja redaksi insya Allah akan diedit oleh editor dan kemudian akan dimuroja’ah oleh ustadz. Tulisan dapat dikirimkan ke e-mail: muslim.or.id@gmail.com dalam bentuk file word (*.doc atau *.rtf)

2. Donasi Dakwah

Muslim.or.id memiliki beberapa program dakwah online yang membutuhkan dukungan dana. Hingga saat ini, dana yang masuk (baik dari donasi maupun dari penjualan produk melalui toko online) baru mampu menjalankan program yang ada saat ini, dan belum mencukupi untuk membiayai program yang direncanakan ke depan. Beberapa rencana program ke depan:

  • Mengoptimalkan kembali kolom Soal Jawab Islam: Sekarang ini muslim.or.id memiliki ribuan pertanyaan konsultasi islam dari pembaca yang belum terjawab, dan semakin hari pertanyaan tersebut semakin bertambah. Selama ini kami sudah berusaha semampu kami menyusun pertanyaan yang masuk, mencetaknya pada kertas, dan kemudian menyerahkannya kepada para ustadz untuk dijawab di sela-sela kesibukan mereka. Dan alhamdulillah program ini sempat berjalan (silakan lihat https://muslim.or.id/soaljawab/), akan tetapi seiring dengan banyaknya dan semakin bertambah banyaknya pertanyaan yang masuk; hingga mencapai ribuan, tentu sangatlah mustahil untuk dijawab oleh para ustadz yang memiliki kesibukan penuh (mengajar dan mencari nafkah), jadi mohon hal ini untuk dimaklumi oleh Saudara sekalian yang sudah lama mengajukan pertanyaan dan sampai saat ini belum juga dijawab. Salah satu solusi yang kami tawarkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengupayakan agar kolom Soal Jawab diasuh langsung oleh ustadz secara khusus. Jadi, ustadz yang mengasuh kolom Soal Jawab mendedikasikan waktunya secara penuh untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk. Dan sebagai penghargaan terhadap ustadz pengasuh, insya Allah kita upayakan untuk memberi mukafa’ah/gaji secara rutin. Wahai saudaraku, ini adalah program yang mulia yang membutuhkan dukungan dari saudara sekalian. Mudah-mudahan Allah memudahkan.
  • Menghidupkan dan mengoptimalkan kembali program belajar bahasa arab secara online. Pada program ini, seluruh kaum muslimin dapat belajar Bahasa Arab secara online dengan gratis. Dengan menggunakan kurikulum, panduan suara, konsultasi melalui e-mail dan chatting, ujian, tutorial langsung secara online. Jika dana untuk pengembangan program ini belum mencukupi, maka insya Allah solusi yang kami tawarkan adalah dengan menjadikan program ini berbayar.
  • Program download e-book, software islam, audio pengajian Islam, video pengajian Islam, dll. Kendala utama untuk merealisasikan program ini adalah terbatasnya koneksi internet. Selama ini koneksi internet menggunakan jasa warung internet (warnet) dengan dibatasi dana online sebesar Rp. 100.000 perbulan. Solusi sekarang adalah dengan memasang koneksi internet sendiri yang memiliki kecepatan yang lumayan besar. Kisaran biaya yang dibutuhkan secara rutin setiap bulan sebesar Rp. 750.000 – 1.000.000. Insya Allah, dengan memiliki koneksi yang tetap sangat memudahkan untuk menjalankan program-program yang lainnya.
  • Radio Internet, seperti Radio Rodja dan Hang Batam
  • Silakan lihat keterangan lengkapnya pada link: Donasi Dakwah Online

Muslim.or.id merupakan salah satu bagian dari kegiatan dakwah Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari Yogyakarta (YPIA), selain dakwah online melalui internet melalui website www.muslim.or.id dan www.muslimah.or.id, YPIA juga memiliki program-program dakwah lainnya, seperti: Pesantren Mahasiswa & Umum melalui Ma’had ‘Ilmi, Pelatihan Bahasa Arab melalui Ma’had Umar bin Khatab, pengajian Islam umum rutin, penyebaran Bulletin Islam At tauhid, pelaksanaan Dauroh Umum rutin, dll. Untuk informasi selanjutnya silakan klik link: Proposal Kegiatan Dakwah Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

Saudara sekalian dapat menyisihkan sedikit dari harta Saudara (berapapun jumlahnya). Donasi dapat dikirimkan ke:

  • Bank Muamalat atas nama Satria Buana cq muslim.or.id, nomor rekening 906 280 7699
  • Bank BCA atas nama Satria Buana, nomor rekening: 2951 825 893
  • Bank Mandiri atas nama Satria Buana – muslim.or.id nomor rekening: 137 00 0503568 4

3. Menyumbangkan software islam bermanfa’at, seperti Kamus Mufid, dll. Untuk disebarluaskan dengan cara menyediakan link download di muslim.or.id secara gratis.

4. Mempromosikan muslim.or.id

Belantara internet telah sekian lama dipenuhi dan disesaki dengan berbagai konten negatif yang bertentangan dengan agama. Konten yang positif, terutama yang berkaitan dengan Islam yang masih murni berdasarkan manhaj salaf masih sangat sangat sedikit dan belum ada secuilnya dibandingkan dengan artikel-artikel negatif yang ada. Insya Allah muslim.or.id sedikit demi sedikit berupaya memposting artikel-artikel Islam yang insya Allah bermanfaat. Dan kami juga mengajak Saudara sekalian untuk melakukan hal yang serupa. Bagi Saudara yang sudah memiliki weblog/blog pribadi, dapat mempromosikan muslim.or.id dengan melakukan berbagai cara, seperti:

  • Menambahkan link www.muslim.or.id di weblog Saudara.
  • Membahas atau meliput artikel-artikel muslim.or.id: Selama ini, cukup banyak blog yang mengutip beberapa artikel di muslim.or.id secara keseluruhan (baca: copy paste), dan ini konon dapat mengakibatkan adanya double content yang berpengaruh pada search engine seperti Google. Untuk menghindari hal ini, Saudara dapat membahas artikel-artikel di muslim.or.id di blog pribadi Saudara sembari memberi link ke artikel aslinya di muslim.or.id, dan insya Allah ini lebih baik.
  • Mempromosikan muslim.or.id melalui berbagai Milis dan Forum Diskusi di internet.
  • Mempromosikan berbagai konten muslim.or.id ke berbagai situs Social Bookmark seperti digg.com, Google Bookmark, dll. Pada setiap artikel di muslim.or.id sudah tersedia link untuk mempromosikannya, yaitu link Share This. Untuk mempromosikannya Saudara terlebih dahulu membuat account pada website-website tersebut.
  • Mempromosikan muslim.or.id secara offline, diantaranya dengan cara mencetak artikel-artikel muslim.or.id dalam bentuk bulletin, majalah dinding, dll. Dan jangan lupa untuk selalu menyertakan www.muslim.or.id sebagai sumber artikel.

5. Penerjemah

Bagi Saudara yang dikaruniai oleh Allah kemampuan bahasa Inggris yang bagus, kami mengajak Saudara untuk meluangkan sedikit waktu Saudara untuk menerjemahkan artikel-artikel muslim.or.id ke dalam bahasa Inggris, terutama untuk artikel pada kategori Aqidah. Realita saat ini, di belantara internet sangat sedikit sekali artikel Islam yang bermanhaj salaf yang berbahasa inggris. Mudah-mudahan upaya ini membuat Islam yang masih murni yang bermanhaj salaf menjadi tersebar di seluruh dunia dengan izin Allah. Bagi Saudara yang berminat, silakan kirimkan e-mail ke: muslim.or.id@gmail.com

6. Ide Pengembangan Muslim.or.id

Muslim.or.id masih memiliki sangat banyak kekurangan, oleh karena itu berbagai masukan, saran, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan muslim.or.id selalu kami nantikan. Silakan kirimkan saran, masukan, dan ide-ide kreatif Saudara pada kolom komentar di bawah ini.

Motivasi: Asupan untuk Jiwa Anda

Masih juga ragu dan bimbang untuk menyisihkan sedikit dari yang Anda miliki? silakan simak dan renungi janji Allah berikut ini untuk orang yang menafkahkan hartanya.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّئَةُ حَبَّةٍ وَاللّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاءُ وَاللّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Permisalan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Dan Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 261)

Masih juga bimbang dan takut harta Anda berkurang? hadits-hadits berikut mudah-mudahan dapat mengetuk relung-relung hati Anda.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah itu tidak mengurangi harta.” (Riwayat Muslim dalam Shahīh-nya IV/2001/2588, dan lain-lain)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidak ada satu hari pun yang dilalui oleh seorang hamba melainkan pada pagi harinya dua malaikat turun kepadanya. Salah satunya berkata: ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq.’ Sementara yang lainnya berkata: “Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit.'” (Riwayat al-Bukhari dalam Shahīh-nya II/522/1374 dan Muslim dalam Shahīh-nya II/700/1010)

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ بِالْمَسَاجِدِ وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا، حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ، وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ إلى نَفْسِهَا فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ

“Ada tujuh golongan yang akan Allah naungi dengan naungan-Nya, pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. (1) Pemimpin yang adil. (2) Pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah. (3) Pria yang hatinya selalu terikat dengan masjid. (4) Dua orang yang saling mencintai karena Allah; dia berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya. (5) Seseorang yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya. (6) Seseorang yang berdzikir kepada Allah secara menyendiri, lalu air matanya berlinang. (7) Lelaki yang diajak (berzina) oleh wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, lalu dia berkata: ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah ‘Azza wa Jalla.'” (Riwayat al-Bukhari dalam Shahīh-nya I/234/629 dan Muslim dalam Shahīh-nya II/715/1031)

Saudaraku, lihatlah para ahli maksiat, ahli bid’ah, kaum munafik, bahkan orang-orang kafir… mereka sangat kompak tolong menolong menyebarkan propaganda-propaganda busuk mereka. Sungguh “mengagumkan” bukan ? Sekarang lihatlah diri kita, apa yang sudah kita berikan untuk dakwah Islam yang haq ini ? Apakah selamanya kita pasif dan diam ? Apakah kita puas hanya menjadi penonton, dan kemudian sibuk dengan urusan kita masing-masing ? Na’udzubillaahi min Dzaalik…

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Print Friendly, PDF & Email
iklan
MPD Banner

About Author