Proposal Bakti Sosial “Kesabaran dan Kemurahan Hati untuk Membantu Sesama”.

LATAR BELAKANG

Betapa banyak orang di sekitar kita yang berada masih di bawah garis kemiskinan. Mereka bekerja keras setiap harinya walaupun hanya cukup untuk sesuap nasi saja.  Belum lagi kebutuhan pokok yang lain, mereka mesti mencari utang sana-sini.

Disisi lain, betapa banyak orang yang terkesima dengan kilauan harta orang lain. Tidak pernah merasa cukup dengan harta yang ia miliki. Jika sudah mendapatkan suatu materi dunia, dia ingin terus mendapatkan yang lebih. Jika baru mendapatkan motor, dia ingin mendapatkan mobil kijang. Jika sudah memiliki mobil kijang, dia ingin mendapatkan mobil sedan. Dan seterusnya sampai pesawat pun dia inginkan. Itulah watak manusia yang tidak pernah puas.

Sikap seorang muslim yang benar, hendaklah dia selalu melihat orang di bawahnya dalam masalah harta dan dunia. Seharusnya seorang muslim memperhatikan petuah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hal ini. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian melihat orang yang memiliki kelebihan harta dan bentuk (rupa) [al kholq], maka lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan memiliki sifat yang mulia ini yaitu selalu memandang orang di bawahnya dalam masalah dunia, seseorang akan merealisasikan syukur dengan sebenarnya.

Maka Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari (YPIA) Yogyakarta bekerjasama dengan Lembaga Sosial Al Qois merasa tergerak dengan keadaan saudara kita sesama muslim yang keadaannya berada di bawah kita dengan mengadakan Bakti Sosial “Kesabaran dan Kemurahan Hati untuk Membantu Sesama”. Dengan diadakannya Bakti Sosial ini kami berharap dapat meringankan sedikit beban yang ditanggung mereka, sehingga mereka bisa menikmati makanan sebagaimana yang kita makan, bisa menikmati pakaian sebagaimana yang kita pakai, dan bisa memenuhi kebutuhan sebagaimana ketika kita mempunyai uang.

NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini diberi nama Bakti Sosial “Kesabaran dan Kemurahan Hati untuk Membantu Sesama”.

BENTUK KEGIATAN

Bentuk Kegiatan Bakti Sosial ini berupa pembagian sembako, pakaian layak pakai, uang tunai, dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak mampu di Desa Nglarang, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dan terdapat selingan Tausiyah Agama Islam yang disampaikan oleh Ustadz.

TUJUAN

Adapun tujuan pelaksanaan Bakti Sosial “Kesabaran dan Kemurahan Hati untuk Membantu Sesama” adalah sebagai berikut.

  1. Menumbuhkan rasa kepedulian sosial kepada sesama muslim.
  2. Meringankan beban perekonomian masyarakat tidak mampu.
  3. Meningkatkan dan mempererat tali persaudaran.

SASARAN

Kegiatan Bakti Sosial ini akan ditujukan kepada masyarakat tidak mampu di Desa Nglarang, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

PELAKSANAAN

Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal  :  Ahad, 27 Juni 2010

Waktu              :  Pukul 08.00-12.00 WIB

Tempat            :  Desa Nglarang, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Download Proposal

Print Friendly, PDF & Email
Travel Haji dan Umrah
App Muslim.or.id

About Author

  • izin copy admin…syukron jaziilan