Saudara-Saudara Kita di Somalia Kelaparan, Mari Kita Segera Salurkan Bantuan !

Saudara-Saudara Kita di Somalia Kelaparan, Mari Kita Segera Salurkan Bantuan !

Awal tahun 2017 ini kita dikejutkan dengan terjadinya bencana kemanusiaan di Afrika Timur. Hujan yang tak kunjung tiba, mengakibatkan kekeringan dahsyat dengan dampak yang melanda 8 negara (Somalia, Djibouti, Kenya, Eritrea, Uganda, Ethiopia, Sudan, dan Sudan Selatan). Organisation of Islamic Cooperation (OIC) menyatakan bahwa kekeringan ini mengancam 17 juta jiwa di delapan negara tersebut, dengan Somalia sebagai negara yang terkena dampak paling parah karena kelaparan di negara ini diderita 6 juta jiwa, atau setara dengan setengah jumlah penduduk negara tersebut. Berdasarkan hal tersebut, Yayasan Peduli Muslim segera membentuk tim penyaluran bantuan, dan alhamdulillah tim relawan ini telah sampai di Somalia pada hari Senin, 22 Mei 2017.

Usai tim Peduli Muslim landing di ibukota Somalia, Mogadishu, tim berkeinginan mengunjungi berbagai tempat pengungsian di berbagai penjuru Somalia, dengan meminta pengawalan dari mitra NGO setempat. Akan tetapi, rencana tersebut diurungkan karena di kota Mogadishu saja, terdapat +/- 600.000 pengungsi yang datang dari berbagai pelosok, termasuk dari kawasan perbatasan Somalia. Mereka mengungsi ke ibukota dengan harapan bisa mendapatkan bantuan karena di daerah asalnya sudah terlalu parah ketidaktersedian makanannya.

Ada kisah memilukan dari salah satu pengungsi wanita yang diceritakan langsung kepada kami. Ketika wanita ini mulai berjalan mengungsi dari tempat tinggalnya, ia membawa lima orang anaknya. Akan tetapi, begitu sampai di tempat pengungsian, anaknya hanya tersisa dua, sedangkan tiga lainnya meninggal dunia di tengah perjalanan.

Belum lagi urusan kesehatan pengungsi yang cukup pelik. Tenaga medis, peralatan medis, serta fasilitas kesehatan tidak sebanding dengan jutaan warga Somalia yang membutuhkan perawatan, terutama ratusan ribu jiwa yang mengungsi.

Oleh karena itu, kami mengetuk hati kaum muslimin sekalian di Indonesia, untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara-saudara kita di Somalia yang sampai detik ini masih berjuang mempertahankan hidup dari kelaparan. Bantuan Anda, dapat disalurkan melalui rekening:

BNI Syariah (Kantor Cabang Yogyakarta), no. 430.4444.308 a.n. Peduli Muslim

👉 Kode transfer dari non BNI: 009
👉 Swift Code untuk transfer dari bank luar negeri: BNINIDJA
👉 CP: 0812.9121.1046
👉 Batas akhir donasi: 5 Juni 2017.
👉 Donasi untuk operasional tim lapangan: BNI Syariah (kantor Cabang Yogyakarta), no: 04444.4322.2 a.n. Peduli Muslim.

Semoga Allah ta’ala memberikan kesabaran bagi saudara-saudara kita di Somalia. Dan semoga Allah ta’ala memberikan keikhlasan bagi kita semua dalam membantu mereka, dan menjaga semangat kita untuk terus berkhidmat untuk kemaslahatan kaum muslimin di manapun mereka berada. Aamiin.

Paket Bantuan untuk Korban Kelaparan Massal Somalia

Alhamdulillah, pagi hari tadi (Rabu, 24 Mei 2017), Peduli Muslim mulai mendistribusikan paket bantuan logistik bagi 100 KK warga miskin Somalia. Tiap paket senilai $ 60, yang terdiri terdiri atas:1. Beras 25 kg2. Tepung gandung 25 kg3. Gula 25 kg4. Minyak 5 liter5. Kurma 4 kgDi Somalia, masyarakat setempat dapat memanfaatkan paket bantuan di atas untuk kebutuhan keluarga selama satu bulan, karena mereka terbiasa hidup sangat hemat (baca: sangat terbatas)..Distribusi ini dilakukan di tempat khusus yang telah disiapkan, terpisah dari camp pengungsian, untuk menjaga perasaan warga lainnya maupun pengungsi yang tidak mendapatkan bagian..Bencana kelaparan di Somalia ternyata sangatlah dahsyat. Untuk di kota Mogadishu saja, jumlah pengungsi diperkirakan mencapai 600.000 jiwa yang berasal dari berbagai penjuru Somalia. Ketika menelusuri Mogadishu, akan sangat banyak ditemui titik-titik konsentrasi massa yang merupakan tempat para pengungsi berada. Di kota tempat kami transit dalam perjalanan udara, kota Hargeisa, pun tidak jauh berbeda dengan kondisi di Mogadishu. Bisa Anda bayangkan bagaimana kondisi masyarakat Somalia yang tinggal di pelosok, tidak sempat mengungsi, dan jauh dari ketersediaan logistik..Apa yang dilihat tim Peduli Muslim di Somalia ini merupakan bencana kemanusiaan terbesar, yang pernah kami temui. Dilihat dari kuantitas jiwa yang memerlukan bantuan darurat, apa yang terjadi di Somalia lebih dahsyat dibanding yang pernah kami temui di Suriah..Oleh karena itu, kami mengetuk hati kaum muslimin sekalian di Indonesia, untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara-saudara kita di Somalia yang sampai detik ini masih berjuang mempertahankan hidup dari kelaparan.—Bantuan Anda, dapat disalurkan melalui: .BNI Syariah (Kantor Cabang Yogyakarta), no. 430.4444.308 a.n. Peduli Muslim.👉 Kode transfer dari non BNI: 009👉 Swift Code untuk transfer dari bank luar negeri: BNINIDJA👉 CP: 0812.9121.1046👉 Batas akhir donasi: 5 Juni 2017. 👉 Donasi untuk operasional tim lapangan: BNI Syariah (kantor Cabang Yogyakarta), no: 04444.4322.2 a.n. Peduli Muslim.—Semoga Allah ta'ala memberikan kesabaran bagi saudara-saudara kita di Somalia. Dan semoga Allah ta'ala memberikan keikhlasan bagi kita semua dalam membantu mereka, dan menjaga semangat kita untuk terus berkhidmat untuk kemaslahatan kaum muslimin di manapun mereka berada. Aamiin.

Posted by Peduli Muslim on Mittwoch, 24. Mai 2017

Print Friendly, PDF & Email
Travel Haji dan Umrah
App Muslim.or.id

About Author