Apa Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Saudara Kita Di Aleppo? – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Apa Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Saudara Kita Di Aleppo?

Sebagai seorang muslim yang masih memiliki keimanan dan perikemanusiaan, kita kemudian bertanya: apa aksi nyata yang bisa kita lakukan untuk menolong mereka?

561 0

Saudara kita di Kota Aleppo dalam beberapa waktu terakhir mendapat cobaan yang tak tertara. Kota mereka dibombardir dari udara yang menghancurkan kawasan pemukiman penduduk sipil dan rumah sakit, serta telah memakan banyak korban, termasuk anak-anak dan tenaga medis. Bahkan, orang-orang yang masih bertahan di rumah-rumah mereka ditembaki dengan senjata api. Kejadian ini merupakan episode tambahan dari episode-episode lainnya tentang penderitaan saudara kita di Suriah.

Sebagai seorang muslim yang masih memiliki keimanan dan perikemanusiaan, kita kemudian bertanya: apa aksi nyata yang bisa kita lakukan untuk menolong mereka? Berikut daftar aksi yang bisa anda lakukan untuk menolong saudara kita di Suriah.

Sebagai aksi individual, hal-hal berikut bisa anda lakukan:

  1. Bermohon kepada Allah agar Allah berkenan segera mencabut cobaan yang menimpa kaum muslimin di Suriah dan menolong kaum muslimin yang ada di sana. Berdo’alah di waktu-waktu yang mustajab, seperti antara azan dan iqomah, di sepertiga malam terakhir, dan di penghujung hari Jum’at (sebelum Magrib).
  2. Memperbanyak taubat dan istighfar kepada Allah.
  3. Ikut meringankan beban kaum muslimin Suriah dengan berinfaq ke lembaga-lembaga kemanusian yang terpercaya
  4. Ikut menyadarkan orang di sekitar anda tentang apa yang terjadi di Suriah dengan cara menyebarkan pesan ini melalui social media yang anda punya.

Aksi lainnya yang bisa anda lakukan:

  1. Bila anda memiliki akses ke kepengurusan sebuah masjid, cobalah meminta khotib jumat/penceramah pengajian yang ada di masjid anda untuk menyadarkan para jamaah tentang apa yang terjadi di Suriah, agar para jamaah tergerak untuk ikut mendoakan dan membantu kaum muslimin di Suriah.
  2. Cobalah juga meminta pengurus masjid untuk mengalihkan infak yang terkumpul di hari Jum’at ke Suriah. Akan sangat baik jika hal tersebut diumumkan terlebih dahulu ke para jama’ah.
  3. Menyelenggarakan qunut nazilah bersama imam ketika solat berjamaah. Qunut nazilah ini bisa digabungkan dengan qunut nazilah untuk muslimin Rohingnya yang memang dianjurkan untuk diselenggarakan oleh Kemenag. Pembahasan qunut nazilah bisa diakses pada tautan berikut: https://muslim.or.id/3763-mengkaji-qunut-nazilah.html
  4. Bila anda mengenal seseorang yang memiliki akses terhadap sebuah page dengan liker yang banyak, mintalah ia untuk memposting sesuatu untuk menyadarkan para liker-nya tentang apa yang terjadi di Suriah. Bisa juga dengan memposting ulang broadcast ini.
  5. Bila anda mengenal seseorang yang memiliki broadcast list/grup, mintalah ia untuk mem-broadcast ulang pesan ini.

*Salah satu lembaga kemanusiaan yang memiliki Program Peduli Suriah adalah Yayasan Peduli Muslim. Silakan baca keterangan lebih lanjut mengenai kebijakan dan cara berdonasi pada tautan berikut: http://pedulimuslim.com/donasi-suriah/

Broadcasted and supported by:

  • YPIA Yogyakarta
  • KIPMI
  • Indonesia Bertauhid
  • Twit Ulama
  • Masjid Pogung Raya
  • Masjid Al-Ashri Pogung Rejo
  • Masjid Pogung Dalangan
  • Yayasan Muslim Plus
  • Islam Itu Indah
  • Hikmah Muslim
  • Muslim Edu

[Download banner]


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  

In this article

Join the Conversation

Shares