fbpx

Soal-24: Hukum Shalat di Mushalla Instansi

Di kampus ada musholla, ketika terdengar adzan di masjid, apakah kita boleh shalat di mushalla?

Klik Player:

Sahabat muslim, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Tayamum Cara, Pengertian Ibadah Menurut Islam, Ayat Alquran Tentang Ketenangan Hati, Tawaf Qudum Adalah, Apa Itu Pacaran Menurut Islam

Print Friendly, PDF & Email

About Author

Aris Munandar, Ss., Mpi.

Pengajar Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, pengajar Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Yogyakarta, S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, S2 Fiqih dan Ushul Fiqih Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengasuh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)

View all posts by Aris Munandar, Ss., Mpi. »

9 Comments

  1. Dicky BP

    Kayaknya udah dijawab di soal yang lain tadi dan kalau perlu carilah masjid bila waktu sholat memungkinkan.

  2. Assalamu’alaikum
    Ustadz,bagaimana bila masjid di kampus tersebut hanya dibuka saat kampus buka di hari kerja,sedangkan pada hari Ahad ditutup juga? Dan apakah mushala di basement instasi,kampus,pusat perbelanjaan bisa dikatakan sebagai masjid mengingat di sana juga diserukan adzan dan apakah boleh shalat tahiyatul masjid di mushala instasi,pusat perbelanjaan,atau kampus?

    • #Fahrul
      Wa’alaikumussalam, mushala di basement instasi, kampus, pusat perbelanjaan itu bukan masjid. Tidak ada padanya shalat tahiyyatul masjid. Namun tentang keabsahan shalat Jum’at, sah jika hadirin inti adalah orang-orang yang tinggal di dekat tempat itu.

  3. Assalamu`alaikum
    Jazakallah Ustadz Aris Munandar

  4. Assalamu ‘alaykum…
    ana mendapatkan pertanyaan yg senada ustadz…
    udah ana jawab cuman baru hari ini nemu penguatnya…
    mengenai sholat di Mushola Kontrakan karyawan…
    ana kasih link ke sini…
    Jazakumullah khair…
    wassalamu ‘alaykum…

  5. Assalamu’alaykum ustadz…
    Barakallahu fiikum..

    Ana bekerja di sebuah rumah kontrakan yang di dalamnya terdapat tempat untuk sholat (musholla). Apakah boleh sholat di musholla tersebut, sedangkan masjid agak jauh (perjalanan kaki sekitar 5-10 menit)? mohon penjelasannya..

    Jazakumullah khoir..

  6. Assalamualaikum
    maaf ustad waktu itu saya bernah bertanya kepada konsultasi syariah, namun belum dapat jawaban yang memuaskan.

    jika di lingkungan rumah kita ada mushola yang kurang baik (tata cara shalat imam nya)namun ada masjid terdekat yang lebih jauh jarak nya dari mshola tetapi bagus imam nya,

    berdasarkan pertimbangan dalil dan mudhorat dan manfaat yang akan timbul, mana yang lebih utama buat saya?

    • @Vevi
      Wa’alaikumussalam.
      Jika yang dimaksudkan tata cara shalat imam tersebut belum sesuai tuntunan nabi, namun tetap memperhatikan rukun shalat seperti misalnya tumakninah, maka kami sarankan untuk tetap berjama’ah di musholla tersebut.
      Jika imam tersebut kurang memperhatikan tumakninah, -seperti yang sering terjadi di kebanyakan masjid-, maka lebih baik imam tersebut dinasehati terlebih dahulu melalui orang terdekatnya sebelum kita memutuskan untuk shalat di masjid yang lain. Terkadang, cepatnya imam ketika memimpin shalat bisa diatasi oleh makmum dengan membaca dzikir-dzikir shalat yang lebih pendek dan alhamdulillah banyak contoh dzikir-dzikir shalat yang ringkas bisa kita temukan di karya para ulama seperti buku sifat shalat nabi karya Syaikh al-Albani rahimahullah.