Soal-22: Hukum Bacaan Imam Tidak Fasih

Bagaimana jika imam bacanya tidak fasih, dan diketahui ketika shalat telah dimulai

[audio:http://www.archive.org/download/soal7-25/soal-22.mp3]
Print Friendly, PDF & Email
Muslim App
App Muslim.or.id

About Author

Aris Munandar, Ss., Mpi.

Pengajar Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, pengajar Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Yogyakarta, S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, S2 Fiqih dan Ushul Fiqih Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengasuh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)

View all posts by Aris Munandar, Ss., Mpi. »
  • Abdullah

    Bagaimana jika tidak bisa menghilangkan dialek misalnya jika imamnya orang keturunan china atau rusia tentu dialeknya berbeda atau tiap suku di Indonesia sulit menghilangkan kebiasan dialek.

    Jazzakallah

    • Muhammad Subhan Khadafi

      #Abdullah
      Selama dialek tersebut tidak merubah makna dari bacaan alqur’an yang dibacanya maka ma’fu atau dimaafkan, namun wajib baginya berusaha mempelajari makhroj bacaan dari seorang guru qur’an untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam membaca al qur’an yang disebabkan karena dialek

  • ferry

    Bagimana seorang suami yang tidak lancar menbaca al-quran (gagap) menjadi imam shalat untuk isteri dan anak ? dan dalilnya

    • #ferry
      Jika yang anda maksud adalah shalat wajib, maka sang suami seharusnya ikut shalat berjama’ah di masjid, karena hukumnya wajib bagi laki-laki.
      Namun jika yang anda maksud adalah shalat sunnah, jika tidak lancarnya tidak sampai membuat rusaknya makna bacaan, maka tidak mengapa insya Allah. Namun jika memang separah itu, sebaiknya shalat sunnah sendiri-sendiri saja.