Salat of the Prophet, Aplikasi Ilustrasi Sifat Shalat Sesuai Tuntunan Nabi – Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Salat of the Prophet, Aplikasi Ilustrasi Sifat Shalat Sesuai Tuntunan Nabi

App ini mengambil tata cara shalat dari kitab “Sifat shalat Nabi” karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani

3078 0
salat-of-prophet

Bacaan Shalat Applikasi Zikir Setelah Salat Sesuai Sunnah Salat Aplikasi Android Tuntunan Shalat Sesuai As Sunnah Tata Cara Shalat Nabi Saw(muslim.or.id)

Umat Islam: potensi pasar digital yang sangat besar

Saat artikel ini ditulis, jumlah umat Islam mencapai hampir seperempat dari seluruh populasi manusia di dunia, sebagaimana yang dilaporkan oleh sebuah hasil penelitian oleh Deloitte1. Untuk Asia sendiri populasi muslim sudah mencapai 1 miliar lebih jiwa yang berarti 62% penduduk Asia adalah muslim.

Secara global, ekonomi berbasiskan produk digital diperkirakan bernilai US$1.9 triliun di tahun 2014 berdasarkan jumlah transaksi e-commerce dan digital advertising. Inilah yang bisa disimpulkan dari laporan riset Thompson Reuters dan DinarStandard2. Sedangkan khusus untuk pasar muslim sendiri diperkirakan bernilai US$107 miliar di tahun 2014 dan diproyeksikan untuk terus tumbuh hingga mencapai US$277 miliar dalam 6 tahun mendatang –in sya Allah-.

Kenyataan akan besarnya potensi pasar digital pada umat Islam mendorong banyak perusahaan dan startups serius menggarap segmen pasar ini 3. Keseriusan ini tidak hanya terlihat pada para startup founder yang memang beragama Islam tetapi juga pada perusahaan-perusahaan multi nasional yang memang menjadikan umat Islam sebagai salah satu segmen pasar mereka.

Mulai menjamurnya App islami

Bila kita membuka app market-place seperti Apple App-Store, Google Play-store dan sebagainya lalu kita lakukan pencarian dengan kata kunci misalnya “shalat” atau “salat” akan muncul banyak sekali aplikasi tentang shalat dari yang umum mengajarkan anak-anak shalat secara garis besar hingga yang lebih rinci lagi. Setelah melakukan sedikit riset dengan mencoba beberapa apps di marketplace tersebut ternyata kami temukan tidak semuanya mengajarkan tata cara shalat yang benar sesuai sunnah Nabi –salallahu alaihi wasallam– bahkan sebagian mengajarkan tata cara shalatnya kaum Syi’ah meskipun dilabeli dengan kata-kata “muslim” pada app-title nya. Fenomena ini bisa dijadikan pelajaran penting agar kita wajib berhati-hati dalam memilih App terutama sekali bila menyangkut masalah agama dan terlebih lagi digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar anak-anak kita.

“Salat of the Prophet” –salallahu alaihi wasallam– app

Salah satu app yang kami review adalah “Salat of the Prophet” –salallahu alaihi wasallam-. App yang dikembangkan oleh perusahaan game developer baru bernama “Blastocode” ini menarik perhatian kami karena ternyata app ini menjadikan keotentikan referensi sebagai fokusnya yang utama. App ini mengambil tata cara shalat dari kitab “Sifat shalat Nabi” –salallahu alaihi wasallam– karangan Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani. Sebuah kitab yang telah diketahui bersama menggunakan hanya hadits-hadits shahih saja sebagai rujukannya.

App ini hadir dalam versi free di awalnya dan menyediakan konten tata cara gerakan shalat lengkap dari awal sampai akhir. App ini juga menyediakan konten tata cara dzikir dan do’a setelah shalat yang sesuai dengan sunnah Nabi –salallahu alaihi wasallam– tetapi konten ini baru bisa terbuka bila kita melakukan sharing di Facebook. Bisa dipahami taktik sharing ini sebagai metode untuk mempromosikan app ini melalui media sosial dan kami melihat metode ini digunakan juga oleh banyak app lain untuk mendongkrak viralitasnya.

Selain versi free (gratis), app ini juga bisa diupgrade menjadi versi pro melalui in-app-purchase (pembelian di dalam app). Harga yang diminta sangat terjangkau bila dibandingkan app sejenis atau dibandingkan dengan harga buku yang mengajarkan konten selengkap ini. Dengan versi pro kita akan mendapatkan konten yang lebih banyak lagi yaitu konten persiapan sebelum shalat seperti: kesucian dari hadats kecil dan hadats besar, pakaian untuk shalat, tempat untuk shalat seperti masalah sutrah dan sebagainya. Termasuk konten versi pro yang menurut kami sangat berharga adalah bacaan shalat. Khusus konten bacaan shalat kita bisa melihat bacaan di kanan dan gerakannya yang sesuai di sisi kiri lengkap dengan animasinya. Seluruh app ini menawarkan audio narasi, khusus bacaan shalat atau bacaan dzikir audio yang diperdengarkan berjalan bersamaan dengan perubahan warna teks Arab yang terdapat di layar. Mirip cara kerja karaoke. Hal ini tentu sangat membantu bagi mereka yang masih sulit membaca teks Arab dan ingin belajar cara shalat dengan mudah dan benar. Versi pro juga menonaktifkan semua ads yang biasa muncul saat perpindahan screen dan membuka semua konten dzikir dan do’a tanpa mengharuskan user untuk sharing di Facebook.

App ini juga menyediakan kuis untuk menguji pengetahuan kita seputar shalat. Kuis di dalam app ini dibagi-bagi sesuai dengan pembagian kontennya yaitu: persiapan shalat, gerakan shalat, bacaan shalat dan dzikir dan do’a setelah shalat. Ada satu kuis lagi yang bernama “final quiz” dimana semua pertanyaan dari kuis yang di atas digabung menjadi satu dan ditampilkan secara acak. Jenis soal-soal kuis di dalam app ini terbilang unik karena kadang berbentuk pilihan ganda dengan satu jawaban, kadang pilihan ganda dengan banyak jawaban, kadang formatnya drag and drop, kadang mendengarkan audio dan format soal yang lain sebagainya, sehingga sebagai user kita akan merasa tertantang dan tertarik untuk terus mencoba kuis-kuis ini sampai mendapatkan nilai 100.

Kelebihan dan kekurangan app

Dengan fitur-fitur yang disebutkan di atas app ini mempunyai beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Beberapa kelebihan app ini dibandingkan dengan app yang lain adalah:

  • Konten atau isinya berdasarkan pada dalil-dalil yang shahih. Ini yang menurut kami sangat fundamental.
  • Memiliki kualitas grafik dan animasi yang sangat bagus. Selain sisi estetika, grafik dan animasi yang baik juga sangat membantu user dalam memahami materi pelajaran terutama sekali ketika pembahasan tata cara gerakan shalat.
  • Audio yang jernih dan pembacaan teks karaoke-style sangat membantu user yang baru belajar membaca teks Arab.

Kekurangan app ini menurut kami adalah belum adanya konten contoh shalat dari awal sampai akhir misalnya shalat Subuh meliputi gerakan dan bacaannya sekaligus dari takbir sampai dengan salam. Juga contoh shalat khusus seperti shalat ied dan shalat jenazah. Meskipun setelah kami hubungi pihak developer-nya ternyata mereka sudah merencanakan fitur contoh gerakan shalat ini untuk update konten yang akan datang, sayangnya konten in hanya tersedia bagi pro user. Adapun pro user yang sudah membeli app sekarang akan terus dianggap sebagai pro user selama-lamanya artinya berhak mendapatkan update konten terus menerus seumur hidup –in sya Allah-.

Kesimpulan

App ini sangat dianjurkan untuk diunduh dan digunakan sendiri atau digunakan sebagai alat bantu kegiatan belajar mengajar anak-anak.

App platform

Sampai artikel ini ditulis app ini tersedia untuk platform Android dan Windows. Untuk iOS, app ini masih dalam proses pengembangan dan akan tersedia dalam waktu dekat –in sya Allah-.

Untuk mendapatkan app ini di Android bisa melalui link berikut: http://bit.ly/SotpAndroid

Untuk versi Windows bisa melalui link berikut: http://bit.ly/SotpWP8

Untuk informasi lebih lanjut silahkan membuka landing page berikut ini: http://blastocode.com/salat-of-the-prophet/

***

Penulis: Widhi Muttaqin, MM.

Artikel Muslim.or.id

____


Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Dukung pelunasan markaz dakwah YPIA di Yogyakarta. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:
  1. Bank BNI Syariah Yogyakarta atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening: 024 1913 801.
  2. Bank Muamalat atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta. Nomor rekening: 5350002594
  3. Bank Syariah Mandiri atas nama YPIA Yogyakarta. Nomor rekening: 703 157 1329.
  4. CIMB Niaga Syariah atasn ama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening: 508.01.00028.00.0.
  5. Rekening paypal: [email protected]
  6. Western union an Muhammad Akmalul Khuluk d/a Kauman GM 1/241 RT/RW 049/013 kel. Ngupasan kec. Gondomanan Yogyakarta Indonesia 55122

Sifat Shalat Pos Islam Shalat Jenazah Poto Orang Lagi Sholat Pertanyaan Tentang Sifat Shalat Nabi Nama Shalat Sunnat Sesuai Ilustrasi

Sebarkan!
876 1 0 1 0 0
In this article

Join the Conversation

Shares