Penerimaan Mahasiswa Baru STDI Imam Syafi’i Jember

Latar Belakang
Pemahaman yang mendalam tentang ilmu agama sangatlah dibutuhkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang Allah kehendaki menjadi baik, maka Allah akan pahamkan dia dalam urusan agama.” (HR. Bukhari) Terlebih lagi pada masa sekarang ini. Ketika kebodohan dan kemasiatan merajalela di mana-mana maka tidak ada jalan lain untuk menanggulanginya kecuali dengan ilmu serta amar ma’ruf dan nahi mungkar. Meskipun pada saat ini sudah begitu banyak pihak yang terjun untuk memecahkan problematika umat ternyata beragam pemikiran dan metode dakwah yang ada -kecuali yang dirahmati Allah- justru semakin mengacaukan arah perjuangan kaum muslimin. Oleh sebab itu, kebutuhan akan sosok para da’i penyeru kebenaran yang berbekal ilmu yang benar dan akhlak yang luhur adalah sebuah keniscayaan. Rasulullah diperintahkan oleh Allah untuk menyerukan, “Inilah jalanku : Aku bersama orang-orang yang mengikutiku berdakwah kepada (agama) Allah di atas landasan ilmu…” (QS. Yusuf : 108) Disamping itu, dakwah juga sangat memerlukan keluhuran akhlaq. Sampai-sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya kelemahlembutan tidaklah ada pada sesuatu melainkan dia akan menjadikannya indah, dan tidaklah ia dicabut dari sesuatu melainkan hal itu pasti akan menghancurkannya.” (HR. Muslim)

Landasan Pemikiran
Firman Allah ‘azza wa jalla :

Tidaklah mesti semua orang mukminin itu pergi (ke medan perang). Hendaklah ada dari setiap kelompok di antara mereka beberapa orang yang mendalami ilmu agama lalu mereka memberi peringatan kepada kaum mereka apabila mereka telah kembali kepada kaumnya, agar kaumnya mendapat peringatan. (QS. At-Taubah : 122)
Firman Allah ‘azza wa jalla :
Katakan, “Inilah jalanku : Aku bersama orang-orang yang mengikutiku berdakwah kepada (agama) Allah di atas landasan ilmu…” . (QS. Yusuf : 108)

Tujuan Pendidikan

Maksud dan tujuan pendirian STDI Imam Syafi’i ini adalah sebagai pusat kegiatan Pendidikan Tinggi dan Da’wah Islam, pengembangan dan kaderisasi sumber daya manusia yang beraqidah yang benar, berakhlaq mulia dan memiliki pemahaman yang lurus menuju tertib hidup beragama di bawah naungan dan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Kurikulum Pendidikan

Kurikulum dan sebaran mata kuliah STDI Imam Syafi’i merujuk kepada kurikulum yang dipakai di Universitas Islam Madinah dengan beberapa penyesuaian.
Mata kuliah :
Hifzhul Qur’an, Ilmu Tafsir, Tafsir, Ilmu Hadits, Hadits, Aqidah, Firaq, Adyan, Sirah Nabawiyah, Tarikh Islam, Tarikh Tasyri’, Ushul Dakwah, Hadhir Alam Islami, Tarbiyah, Fiqih, Ushul Fiqih, Qawa’id Fiqhiyah, Qadha’, Siyasah Syar’iyah, Nahwu, Sharaf, dll.
Adapun kurikulum Program I’dad Lughawi adalah modifikasi antara kurikulum Ma’had Ta’lim Lughah di Universitas Islam Madinah dan kurikulum I’dad Lughawi LIPIA Jakarta.
Kegiatan Belajar

Kegiatan difokuskan pada penguasaan ilmu agama melalui kegiatan perkuliahan dengan bahasa Arab, Tahfizh Al-Quran, hafalan matan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan tugas akhir.
Staff Pengajar

DR. Ali Musri Semjan Putra, M.A. (S3 Aqidah, Univ. Islam Madinah)
DR. Muhammad Arifin Badri, M.A. (S3 Fiqih, Univ. Islam Madinah)
DR. Muhammad Nur Ihsan, M.A. (S3 Aqidah, Univ. Islam Madinah)
Abdullah Taslim, M.A*. (S2 Ulumul Hadits, Univ. Islam Madinah)
Syafiq Basalamah, M.A*. (S2 Dakwah, Univ. Islam Madinah)
Abdullah Zein, M.A*. (S2 Aqidah, Univ. Islam Madinah)
Aspri Rahmat, M.A*. (S2 Aqidah, Univ. Islam Madinah)
Ali Mahama, M.A*. (S2 Tarbiyah, Univ. Islam Madinah)
Musyafa’, Lc*. (S1 Syari’ah, Univ. Islam Madinah)
Noor Ikhsan Silviantoro, Lc. (S1 Hadits, Univ. Islam Madinah)
Nur Kholis, Lc. (S1 Hadits, Univ. Islam Madinah)
Mus Mulyadi, Lc. (S1 Hadits, Univ. Islam Madinah)
Jamaluddin, Lc. (S1 Syari’ah, Lipia Jakarta)
Muhsan Syarafuddin, Lc. (S1 Syari’ah, Lipia Jakarta)
Muhamamd Hafizh, Lc. (S1 Syari’ah, Lipia Jakarta)
Suhuf Subhan (Diploma Lipia Jakarta)
Kualifikasi Calon Mahasiswa

Program I’dad Lughawi :
Memiliki akhlak yang baik, bisa membaca al-Quran, bisa menulis Arab, memiliki Ijazah yang setara SMA atau Madrasah Aliyah dan mendapat rekomendasi (tazkiyah) tertulis dari 2 orang tokoh agama setempat atau ustadz pondok pesantren yang dikenal, lulus tes tulis dan lisan.

Program S1 :
Memiliki kemampuan bahasa arab aktif dan pasif, memiliki akhlak yang baik, memiliki Ijazah yang setara SMA atau Aliyah dan mendapat rekomendasi (tazkiyah) tertulis dari 2 orang tokoh agama setempat atau ustadz yang dikenal, lulus tes tulis dan lisan.
Kualifikasi Lulusan

Program I’dad Lughawi :
Memiliki kemampuan bahasa arab aktif dan pasif, menguasai dasar-dasar nahwu dan sharaf, siap mengikuti perkuliahan S1 dengan bahasa Arab.

Program S1 :
Menguasai kaidah-kaidah ber-istinbath dari dalil-dalil syar’i, menguasai kaidah-kaidah dakwah, siap berdakwah di tengah masyarakat, siap menjadi pengajar pondok pesantren dan sekolah-sekolah Islam dan memiliki ketrampilan menulis karya ilmiah.
Fasilitas Pendidikan

Gedung Kuliah, Perpustakaan, Masjid, Asrama Mahasiswa, Ruang Makan, Lab. Komputer, Sarana Olahraga.
Biaya Pendidikan

Rincian Biaya
Program Lughowi
Program S1
Uang Pangkal
Rp 500.000,-
Rp 1.500.000,- **
SPP
Rp 150.000,-/bulan
Rp 200.000,-/bulan
Uang Makan
Rp 200.000,-/bulan
Rp 200.000,-/bulan
** Bisa diangsur 2 kali pada awal semester 1 dan 2
Pendaftaran, Seleksi, Pengumuman & Daftar Ulang

Kegiatan
Gelombang 1
Gelombang 2
Pendaftaran
1 – 24 Juni 2010
1 – 24 Juli 2010
Seleksi Tertulis
26 Juni 2010
26 Juli 2010
Wawancara
27 Juni 2010
27 Juli 2010
Pengumuman
30 Juni 2010
31 Juli 2010
Daftar Ulang
1 – 7 Juli 2010
1 – 7 Agustus 2010 ***
*** Mulai masuk kuliah : 9 Agustus 2010
Tempat Pengambilan Formulir

Kampus STDI Imam Syafi’i, Jl. MH Thamrin Gang Kepodang No.5 Gladak Pakem, Kranjingan, Sumbersari, Jember.
(Dari Solo/Surabaya » Terminal Bus Tawang Alun Jember » Naik Line G turun di terminal Gladak Pakem (dari terminal jalan sekitar 300 m) ATAU dari Terminal Tawang Alun naik ojek (±Rp 15.000,-) /taxi (± Rp 25.000,-) turun di Jl. MH Thamrin Gang Kepodang No.5 Gladak Pakem, Kranjingan, Sumbersari, Jember.
Ma’had Imam Bukhari Solo, Jl. Solo – Purwodadi Km. 8 Selokaton Gondangrejo Solo.
Ma’had Jamilurrahman As-Salafy, Sawo, Wirokerten, Bantul, Yogyakarta.
Website www.stdi.imam-syafii.or.id
Tempat Pengembalian Formulir dan Seleksi

Kampus STDI Imam Syafi’i, Jl. MH Thamrin Gang Kepodang No.5 Gladak Pakem, Kranjingan, Sumbersari, Jember.
Perwakilan Palembang Ust. Said Yai Ardiansah, Lc (HP. 081 38289 4093)
Perwakilan Makasar – Sulawesi Selatan Ust. Budi Hariyanto, Lc (HP. 081 3299 40991)
Persyaratan Pendaftaran

Laki-laki muslim.
Persetujuan dari orang tua/wali untuk tinggal di asrama selama masa studi.
Mengisi formulir pendaftaran.
Menyerahkan fotokopi akte kelahiran (2 Lembar).
Menyerahkan pas foto terbaru hitam putih :
Menyerahkan fotokopi ijazah terakhir (SMA atau yang sederajat) yang dilegalisir plus transkrip nilai (masing-masing 2 lembar).
Menyerahkan rekomendasi (tazkiyah) tertulis dari 2 orang tokoh agama setempat atau ustadz yang dikenal.
Membayar uang pendaftaran Rp 100.000,- (untuk yang membayar lewat rekening harap menyertakan bukti transfer).
Materi Seleksi

Program I’dad Lughawi :
Tes Lisan : Wawancara, Bacaan & Hafalan Al Quran, Wawasan Keislaman, Baca Tulis Arab.
Test Tulis : Bahasa Arab.
Program S1 :
Tes Lisan : Wawancara Bahasa Arab, Hafalan Al Quran, Pengetahuan Agama, Wawasan Keislaman, Baca Kitab.
Tes Tulis : Aqidah, Fiqh, Hadits, Tafsir, Nahwu (dengan Bahasa Arab).
Kelengkapan Berkas Daftar Ulang

(Setelah Dinyatakan Lulus)

Surat keterangan kesehatan dari dokter setempat atau PUSKESMAS.
Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 2 lembar.
Membayar SPP dan uang makan bulan Agustus dan September.
Membayar Uang pangkal (untuk I’dad Lughawi) dan membayar angsuran uang pangkal bagi Mahasiswa S1.

Pembayaran via Bank

Pembayaran via bank dapat melalui : Bank Mu’amalat atas nama Wahyudi / STDI Imam Asy-Syafi’i, No Rek. 917 3539 799.

Print Friendly, PDF & Email
Travel Haji dan Umrah
App Muslim.or.id

About Author

Rian Permana, S.T.

Alumni Ma’had Al Ilmi Yogyakarta, pengajar Ma’had Umar bin Khathab Yogyakarta, S1 Teknik Elektro UGM

View all posts by Rian Permana, S.T. »
  • muslihan

    bagaimana kalau kami dari palembang mau ke ma’had imam syafii.dan tes ujian hafalan al-quran juz berapa

  • nur rosyid

    ‘afwan, ana lulusan ma’had ‘abdurrahman bn ‘auf malang. tanya: program S1 di ma’had imam syafi’i untuk laqob,gelarnya apa? S.ag atau LC

  • abang

    @nur rosyid,

    kurang keren yah kalo S.Ag :D

    LC lebih keren : Langsung Ceramah

    • @ Abang:
      Bukan SAg atau Lc yang lebih bagus, namun bagaimanakah keikhlasan seseorang dalam belajar. Itulah yang penting. Seorang pun yang tanpa gelar, bisa mulia di sisi Allah asalkan ia ikhlas.

  • adjhie

    assalamualaikum…
    akh,ana mau tanya,bisa daftar lewat internet gak…
    sykraan.

  • adjhie

    assalamualaikum..
    akkh,ana mau tnya,
    bisa daftar on line gaj..
    ssykraan…..

  • hamba yg dho’if

    Setuju sama muslim.or.id,

    Ga peduli mau org punya sanad guru bejibun2 dan ngaku2nya sampe Rasulullah, tp klo ibadahnya penuh dengan ajaran2 yg ga dicontohkan oleh Rasul, itu semua percuma….

    Yg penting keikhlasan menuntut ilmu…Lillahi Ta’ala…bukan untuk dibangga2kan sanad gurunya.

  • Abu Jarir

    kira-kira ada kemungkinan akan dibuka S2 tidak. saya beminat sekali kalau ada program S2.. sbb kalau S1 lagi sayang waktu saya yang sudah punya S1..

  • Larahuna Rauf

    kami sangat berminat melanjutkan pendidikan di STDI jEmber, yang menjadi kendala kami tdk memiliki ijasah formal SLTA/Aliah, Kami hanya memiliki ijasa Paket B dan ijasah Diniah(Sederajad Madrasah Aliah)dari Hidayatullah Balikpapan. Apa boleh ijasah Diniah tersebut digunakan untuk pensyaratan masuk seleksi Mahasantri di STDI. Dari Larahuna Rauf Nunukan Kaltim

  • STDI Jember

    @Sdr Muslihan: Silakan datang, tidak ada batasan hafalan, tapi kuota penerimaan terbatas.
    @ Sdr Nur Rosyid: Tergantung progranm studi:
    Ahwal Syakshiyyah (Fiqih): S.H.I.
    Hadits: S.Hd.
    @ Sdr. Adjhie:
    Kunjungi:www.stdi.imam-syafii.or.id
    @ Sdr Abu Jarir: Kami baru mulai, smg uatu saat bisa buka S2.
    @ Sdr Larahuna: Ijazah Paket B bisa dipakai utk mendaftar.

  • Muhammad Yusuf

    assalamu’alaikum. afwan Ust, jika rute dari arah jogja naik kereta api bagaimana ya Ust. trus jika datang ke ma’had imam syafiinya tanggal 20 Juni, apakah ada tempat untuk menginap selama mengikuti tes seleksi. apakah biaya itu harus dilunasi disaat itu juga ya Ust. mohon keterangannya kirim melalui no ini 081279790112. Akh Romli. Lampung

  • rafdi

    السلام عليكم
    bleh ngga daftar pkai ijazah pondok,??soalnya aku tidak punya ijazah negri,,,dan apakah ada batasan umurnya,,
    tolong jawabannya dikirimkan di alamat ini ([email protected]).jazakallah…..

  • asad

    assalamualaikum
    mau tanya nie….
    an amat sangat berminat banget bisa menuntut ilmu di SDIT jember
    yang jadi masalah adalah boleh ga saya kuliah sambil berkerja…….
    maksudnya dalam rangka untuk membiayai diri dalam menunutu ilmu.
    jazakallah……..

  • yang Ahli tafsir, gelarnya apaan mas..?..
    truz, Ada perkuliahan untuk akhwatnya tidak..?
    ..
    syukron katsiroon

  • Ahmad Bukhary

    Apa tidak salah klu mendaftar pake ijazah paket b……. ? klu tidak salah syaratnya harus pake ijazah terakhir yaitu pake paket c…? Mohon penjelasan……..?

  • KHOIRUL ANWAR

    ASSALAMUALAIKUM SYAIKH,, ANA PINGIN KULIAH DI STDI TAPI BLOM ADA BIAYA, SKRANG PINGIN NGUMPULIN DUIT DULU, BOLEH TANYA KIRA2 BERAPA JUTA TOTALNYA SELAMA 5TAHUN BAIK BIAYA SPP,MAKAN,DAN KITAB YANG DIPELAJARI. MOHON BALAS KE EMAIL ANA [email protected] ATAS INFONYA ANA UCAPKAN JAZAKUMULLOH KHOIRON

  • angga hidayatullah

    Asalamualaikum ya akhi.berapa ya biaya per bulannya?
    trus apa bisa sambil kerja?saya dari pariaman

  • angga hidayatullah

    sukron

  • angga hidayatullah

    sukron tlg bls ke email ana,[email protected]

  • ali fadly ibnu iskandar

    assalamualaikum…
    afwan, ana mau tanya..
    ana sekarang ( 2011) berumur 21 tahun. ana sangat ingin untuk bisa belajar di STDI jember.
    yang mau ana tanyakan :
    1. apakah ada batasan umur untuk bisa kuliah disana?
    2. apakah wajib bisa bahasa arab baru bisa kuliah disana ?
    3. apakah kuliah disana bisa sambil bekerja ?
    afwan ..
    ana dari batam.
    jazakallah… :)

  • roni amri

    assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
    apakah ada pendaftaran mahasiswa baru yang di laksanakan di kota padang, kalau ada di laksanakan di mana?

  • MUHAMMAD TOHA

    ASSALAMUALAIKUM. YTH KAMPUS STDI ASSAFII. KAMI DARI YAYASAN USWATUN HASANAH SAMARINDA, BERMAKSUD MENAWARKAN LAPANGAN DA’WAH UNTUK ALUMNI STDI. KAMI MEMBUTUHKAN PENGAJAR SEKALIGUS PEMIMPIN UNTUK BAITUL QUR’AN DARUL FIKR. SYARAT PENERIMAAN. HAFAL ALQUR’AN MIN 20 JUZ, DAN SUDAH BERKELUARGA. BAGI YANG BERMINAT HUBUNGI 081220315704

  • anwar fathonie

    bismillah,,
    afwan ane mau tanya,,pendaftaran di stdi buat th ajaran 2012/2013 dimulai tanggal berapa ya akh..??
    mohon jawabannya,,

    syukron jaziilan

  • Ridho

    assalaamu’alaikum akhi,
    ana mau tanay akh, ana bisa mendapatkan formulirnya bagaiaman yah ? kalo gak salaha da yang via internet melalui web : http://www.stdiis.ac.id
    tapi pasa ana search ko di web’y gaka da apaa a? apa karna abelom di sunting lagi .. ?
    dan apaa dari umum seperti sma bisa masuk sana ? dan apa persayratannya… ! syukron