Pesantren Mahasiswa Ma’had Al-‘Ilmi Yogyakarta

Pesantren Mahasiswa Ma’had Al-‘Ilmi Yogyakarta

بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji hanyalah milik Allah Ta’ala. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beserta keluarga beliau, shahabat beliau, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Wa ba’du :

Ma’had Al-’Ilmi Yogyakarta merupakan salah satu wadah pengkaderan penggerak dakwah Islam dari kalangan mahasiswa dan akademisi. Para mahasiswa dari berbagai daerah menimba ilmu di Ma’had ini di tengah-tengah kesibukan mereka di bangku perguruan tinggi.

Di Ma’had ini, santriwan dan santriwati mendapatkan pembekalan ilmu-ilmu dasar yang terkait dengan tauhid, akidah, dan fikih maupun ilmu-ilmu lain yang menjadi penopang pengembangan diri sebagai penimba ilmu syar’i dan kader da’i -semacam ilmu ushul fikih, ushul tafsir, ushul hadits, dll-.

Perjalanan Ma’had Al-’Ilmi sebagai sebuah lembaga pendidikan luar kampus bagi para mahasiswa cukup besar dirasakan kemanfaatannya, tidak hanya bagi individu yang bersangkutan namun juga oleh masyarakat dan khususnya para pegiat dakwah di lapangan.

Alhamdulillah, lulusan Ma’had Al ‘Ilmi telah terjun di medan dakwah sesuai kemampuan masing-masing, seperti menjadi penulis buletin Jum’at At Tauhid yang beredar di Yogyakarta dan juga beberapa kota di Indonesia, penulis di website-website Islam seperti muslim.or.id, muslimah.or.id, dan mahadumar.id, menjadi staf pengajar bahasa arab di Ma’had Umar bin Khattab Yogyakarta, dan menjadi khatib jum’at serta pengisi ceramah shubuh dan tarawih selama bulan Ramadhan di masjid-masjid sekitar kampus UGM.

Oleh sebab itulah, memberikan perhatian yang cukup besar terhadap perkembangan dan keberlangsungan Ma’had Al ‘Ilmi adalah sesuatu yang sangat penting sekaligus peluang amal yang sangat potensial. Hal ini mengingat kemanfaatan Ma’had ini tidak hanya akan bisa dirasakan oleh para mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta saja, bahkan bisa meluas kepada mahasiswa dan masyarakat umum di berbagai pelosok Nusantara. Apalagi, dakwah melalui dunia maya pada masa ini telah menjadi kebutuhan kita bersama. Sehingga berkat kemajuan teknologi -setelah taufik dari Allah- dengan mudahnya kita bisa mengakses informasi keislaman dimana saja kita berada.

Untuk itu kami mengharapkan partisipasi segenap pihak. Tidak hanya dukungan secara materi, namun bisa juga berupa saran dan dorongan moril demi kesuksesan program pembinaan generasi muda Islam ini. Terkait dengan hal itulah, pihak Ma’had merasa tertuntut untuk membuka diri dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kaum muslimin untuk ikut serta mendukung kegiatan dakwah dan tarbiyah ini melalui penyaluran donasi, baik secara rutin maupun insidental.

Semoga kita semakin termotivasi untuk beramal sholih …

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim no. 2558)

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala semisal pelakunya.” (HR. Muslim no. 1893).

Proposal Donasi

Berikut kami lampirkan link Proposal Donasi:

Download Proposal Donasi

Rekening Donasi

Bagi kaum muslimin yang hendak menyalurkan donasi untuk Ma’had Al-’Ilmi dapat melalui transfer ke nomor rekening Donasi Dakwah YPIA:

  • Bank BNI Syariah Yogyakarta atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening 024 1913 801.
  • Bank Muamalat atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta. Nomor rekening: 000 124 7776.
  • Bank Syariah Mandiri atas nama YPIA Yogyakarta. Nomor rekening: 703 157 1329.
  • CIMB Niaga Syariah atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening: 508.01.00028.00.0.

Catatan :
Setiap donatur dimohon mengkonfirmasikan donasinya ke nomor: 0857-4722-3366
Dengan format sbb: Nama#Alamat#Besar Donasi#Tanggal Transfer#Rekening#Mahad Ilmi

Pendaftaran Donatur Tetap

Bagi kaum muslimin yang ingin menjadi donatur tetap Ma’had Al ‘Ilmi setiap bulannya, silakan mengisi data diri calon donatur pada link di bawah ini :

Mendaftar Donatur Tetap

Besaran donasi rutin ini tidak harus sama setiap bulannya. Sesuai dengan kesanggupan yang Allah berikan saja. Insya Allah akan kami ingatkan setiap bulannya baik melalui sms maupun e-mail.

Insya Allah kami juga akan melaporkan donasi yang kami terima setiap bulannya melaui situs ini. Untuk informasi seputar kegiatan Ma’had Al ‘Ilmi, dapat menghubungi nomor berikut :

Putra : 0857 9920 3331
Putri : 0852 9299 5015
Email : pengurus@mahadilmi.com

Barakallahu fiikum. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan kebaikan yang berlipat.

[EasyGallery key=’2′]

🔍 Teori Bumi Datar Menurut Al Quran, Hadits Tentang Tamu, Pacaran Ala Islam, Reaksi Ruqyah Mandiri, Hukum Tidur Setelah Ashar

About Author

One Comment

  1. Assalamualaikum ustad
    Apakah mahad ilmi ada buka cabang dikota lain misalnya semarang atau solo. Jazaakumullah khairan

Leave a Reply