Pada asalnya, semua masjid itu setara keutamaannya kecuali 3 masjid yaitu masjid Nabawi, masjid Al Haram dan masjid Al Aqsha. Karena 3 masjid ini disebutkan oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam
صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلَّا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ
“Shalat di masjidku ini (masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjid Al-Haram” (HR. Muslim no. 1394)
Nabi shallallahu‘alaihi wasallam juga bersabda:
صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلَّا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ
“Shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjid Al-Haram. SHalat di masjid Al Haram lebih baik daripada 100.000 shalat di tempat lain” (HR. Ibnu Majah no.1406, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah)
Nabi shallallahu‘alaihi wasallam juga bersabda:
لَا تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلَّا إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِي هَذَا وَمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِ الْأَقْصَى
“Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), masjid Al Haram, dan masjid Al Aqsha” (HR. Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397)
Namun untuk masjid selain 3 masjid ini, para ulama memiliki beberapa pandangan mengenai masjid yang lebih afdhal untuk kita datangi sebagai tempat kita menunaikan ibadah shalat.
Masjid Yang Lebih Dekat
Para ulama menganjurkan untuk mengutamakan masjid yang lebih dekat dengan rumah kita sebagai tempat kita menunaikan ibadah shalat. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
يُصَلِّ الرجلُ في المسجِدِ الذي يلِيه ، ولا يَتَّبِعُ المساجِدَ
“Hendaknya seseorang shalat di masjid yang dekat dengannya, dan jangan mencari-cari masjid lain” (HR. Ibnu Hibban dalam Al Majruhin 2/178)
Diantara alasannya adalah, untuk tercapainya berbagai maslahah antara orang-orang yang saling bertetangga atau sesama kerabatnya. Karena yang shalat di masjid terdekat tentu adalah orang-orang yang rumahnya saling berdekatan atau bahkan sesama kerabat yang masih ada hubungan keluarga. Dengan berkumpulnya mereka di masjid yang sama akan mempererat hubungan, terbuka kesempatan untuk menunaikan hak tetangga dan hak kerabat, terbuka kesempatan untuk berbagi empati, saling membantu, saling menasehati dan maslahah lainnya.
Al Hasan Al Bashri ketika ditanya mengenai seorang lelaki yang sering shalat di masjid lain yang jauh, beliau berkata:
كانوا يحبون أن يكثر الرجل قومه بنفسه
“Mereka (para salaf) menyukai untuk sering-sering berada di tengah-tengah kaumnya”
Masjid Yang Lebih Lama
Sebagian ulama menganjurkan untuk mengutamakan masjid yang usianya lebih lama atau lebih awal dibangunnya. Dalam kitab As Shalah, Abu Nu’aim Al Fadhl bin Dukain meriwayatkan kisah Ibnu Sirin tentang sahabat Anas bin Malik radhiallahu’anhu. Ibnu Sirin berkata:
كنت أقبل مع أنس بن مالك من الزاوية, فإذا مر بمسجد قال: أمحدث هذا؟ فإن قلت: نعم مضى, وإن قلت:عتيق صلى
“Aku pernah bertemu Anas bin Malik di Az Zawiyah. Jika ia melewati masjid, beliau bertanya: ‘Ini masjid baru?’ Kalau saya jawab: ‘ya’, maka beliau melewatinya, namun jika saya jawab: ‘ini masjid lama’ maka beliau shalat”
Sebagian mereka berdalil dengan ayat:
لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَى مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ
“Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih” (QS. At Taubah: 108)
Di dalamnya ada isyarat untuk memilih masjid yang lebih lama.
Syaikh Abdul Aziz Ath Tharifi menjelaskan, maksud Anas bin Malik memilih masjid yang lebih lama kemungkinan untuk mencegah keinginan orang-orang untuk membangun masjid baru tanpa kebutuhan. Karena hal ini bisa memecah-belah kaum muslimin dan membuka pintu perpecahan. Sehingga bisa jadi ketika ada orang yang tidak suka dengan si Fulan, ia pun membuat masjid sendiri sehingga ia tidak perlu shalat semasjid dengan si Fulan. Dan sudah maklum, bahwa terkumpulnya umat Islam dalam satu masjid itu lebih baik, karena dapat saling berkenalan, saling berakrab, saling menghapus kebencian, saling mengetahui keadaan satu sama lain ketika ada yang kena musibah, sakit, atau butuh pertolongan dan hal-hal lain yang sejalan dengan maqashid syar’iyyah dan sunnah fithriyyah.
Masjid Yang Lebih Sesuai Sunnah
Para ulama juga menganjurkan untuk memilih masjid yang di dalamnya ditegakkan sunnah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dengan benar, jauh dari perkara yang mungkar, perkara bid’ah apalagi perkara kesyirikan. Dalam rangka menjaga keistiqamahan diri menempuh jalan yang benar dalam beragama dengan senantiasa berhias dengan amalan yang sesuai sunnah. Namun seseorang hendaknya shalat di masjid kaumnya yang terdekat dengan rumahnya walaupun ada beberapa kemungkaran atau kebid’ahan di dalamnya dan di sana ia senantiasa berusaha untuk menasehati dan memperbaiki. Sehingga selain tercapai maslahah-maslahah dengan shalat di masjid terdekat, sekaligus tercapai juga maslahah dakwah. Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta menyatakan:
فإذا كان الإمام يسدل في صلاته ويديم القنوت في صلاة الصبح على ما ذكر في السؤال نصحه أهل العلم وأرشدوه إلى العمل بالسنة ، فإن استجاب فالحمد لله ، وإن أبى وسهلت صلاة الجماعة وراء غيره صُلِّيَ خلف غيره محافظةً على السنة ، وإن لم يسهل ذلك صُلِّيَ وراءه حرصاً على الجماعة ، والصلاةُ صحيحةٌ على كل حال .
“Jika imam melakukan sadl atau merutinkan membaca doa qunut ketika shalat shubuh, sebagaimana yang anda tanyakan, katakan kepadanya bahwa para ulama menasehatkan dirinya untuk beramal dengan yang sesuai sunnah. Jika ia setuju, alhamdulillah. Jika ia menolak, maka bila anda dapat dengan mudah mencari masjid lain, shalatlah di sana. Dalam rangka menjaga diri agar senantiasa mengamalkan yang sunnah. Jika sulit untuk mencari masjid lain, maka anda tetap shalat menjadi makmum imam tersebut, dalam rangka melaksanakan kewajiban shalat berjama’ah” (Fatawa Lajnah Ad Daimah, 7/366)
Semoga bermanfaat.
Referensi:
- Sifatu Shalatin Nabi, Syaikh Abdul Aziz Ath Tharifi
- Fatawa Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta
—
Penulis: Yulian Purnama
Artikel Muslim.Or.Id
bolehkah kita berinfaq di masjid2 yang tidak berkomitmen menjalankan sunnah? karena kita tahu masjid2 di indonesia pada umumnya ada bid’ahnya, dari yang sedikit sampai yang banyak, kecuali masjid2 sunnah. saya jadi bingung tiap mau infaq.
jazakallahu khairan.
#ridho
Insya Allah tidak masalah, karena tidak semua perkara di masjid itu bid’ah semua. Niatkan infaq antum untuk mendukung penyelenggaraan shalat berjama’ah, wudhu, tilawah Al Qur’an, dll yang sesuai syari’at. Namun jika ada masjid yang sesuai sunnah itu hendaknya lebih diutamakan untuk dibantu.
Kalo di satu komplek ada dua masjid (beda rt), yg satu lebih dekat rumah (masjid A) dan satu lagi agak jauh sedikit (Masjid B) namun yg dekat ini jamaahnya tidak terlalu suka dgn dakwah sunnah/salafi, kebalikannya masjid yg agak jauh sedikit ini jamaahnya mayoritas bermanhaj salaf walaupun jamaahnya ini jarak rumahnya jauh dr rumah saya, sementara tetangga yg dekat2 rata2 jamaah masjid A, namun dlm beberapa kajian rutin pemahaman agama bapak2 di masjid dekat rumah ini cenderung anti dgn manhaj salaf karena rata2 memang pendengar setia Habib Husein “radio R#sil”..sejak saat itu saya lebih sering kemasjid yg agak jauh tsb, walaupun kadang2 masih solat di masjid dekat rumah itu… apakah bisa dibenarkan sikap saya?mohon nasihat..Jazakallahu Khairan
#wicaksono
Sebaiknya shalat di masjid yang dekat. Karena banyak keutamaannya, diantaranya bisa menjaga hubungan baik dengan tetangga dan mendakwahi mereka. Masalah orang-orang yang membenci manhaj salaf, kedepankan akhlak mulia dan nasehat yang baik, semoga Allah bukakan pintu hidayah.
terima kasih untuk pencerahannya pak.
Afwan Ustad.. masjid Quba dengan Masjid Nabawi itu sama apa tidak ya? setau ana itu di madinah juga
pa ustad ijin copy hadits nya,,terima kasih
Assalamu’alaikum ustadz. Ana mau bertanya. Apakah musholla adalah mesjid jg? Dan samakah keutamaan2 mushola bila dibandingkan dg mesjid?
Wa’alaikumus salam, https://konsultasiSyariah.com/21540-perbedaan-masjid-dan-mushola.html
Jazakalloh khoir ustadz
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّ حِيْمِ
Jazaakallahu khairan syukran ustadz
Assalamualaikum wr wb, kalau menurut saya lebih baik sholat yang diamalkan oleh imam sama dengan ilmunya atau ada landasan dalilnya misalnya, sholat tidak perlu pakai lafal usholi dan khusus sholat subuh tidak pakai doa qunut karena tidak ada contoh dari Rasulullah SAW. Meskipun masjid terdekat rumah tinggalkan, mau memberikan nasehat segan karena BKM masjid tersebut rata-rata sudah usia di atas saya nanti tidak enak dikira sok pandai. Padahal setiap amalan yang tidak sesuai tuntunan Rasulullah Saw besok di hari kiamat Alloh akan menolak.