Artikel Islami Terbaru Setiap Hari Dengan Google Reader


Bagi para penjelajah dunia maya wajib tahu tentang RSS. Teknologi RSS memungkinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Alhamdulillah sekarang sudah banyak bermunculan situs dan blog para ustadz dan penuntut ilmu agama yang berisi ilmu-ilmu Islam yang bermanfaat yang selalu ada artikel-artikel baru setiap harinya. Nah, dengan memanfaatkan RSS, kita tidak perlu mendatangi semua situs tersebut untuk mengecek artikel terbaru yang diterbitkan oleh situs-situs tersebut.

Memanfaatkan layanan RSS dari sebuah web sering diistilahkan dengan ‘berlangganan RSS’. Mungkin terbayang di benak anda, seperti berlangganan sebuah koran. Selain itu, kita juga membutuhkan satu piranti lagi yaitu pengumpul RSS atau dikenal dengan RSS Reader. Kita ibaratkan RSS Reader adalah kotak tempat pengantar koran menaruh koran yang kita langgani. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Dengan menggunakan RSS Reader ini kita bisa membaca info dari beberapa situs sekaligus dalam 1 halaman saja. Dengan teknologi ini, kita bisa menggunakannya untuk membaca artikel-artikel dari situs-situs Islami dengan lebih mudah dan selalu terupdate setiap hari.

Salah satu layanan RSS Feed gratisan adalah Google Reader. Saya suka layanan google karena khas dengan tampilan sederhana, AJAX dan fiturnya yang banyak. Juga pada Google Reader ini. Silakan login dengan account google anda pada alamat http://google.com/reader . Klik pada tulisan “Add Subscription” dan masukan alamat link RSS situs yang ingin dilanggani artikelnya. Misalnya untuk situs http://muslim.or.id ini memiliki alamat RSS http://muslim.or.id/feed (anda dapat meng-klik tombol bertuliskan “RSS”). Atau cara yang lebih mudah, akses situs http://muslim.or.id dengan Mozilla Firefox dan klik tombol bertuliskan “RSS”, lalu pilih Google Reader sebagai RSS Reader anda. Lakukan hal serupa untuk situs Islami yang lain. Hasilnya, dengan mengakses http://google.com/reader anda mendapatkan artikel-artikel Islami terbaru setiap harinya.

Hebatnya, info yang anda dapatkan dari beberapa situs tersebut secara otomatis disortir oleh Google Reader sehingga info yang muncul paling atas adalah info artikel yang paling segar dan baru. Selain itu anda juga bisa memberi rate pada setiap artikel untuk penanda dan pengingat jika suatu hari ingin dilihat kembali. Jika ingin memberitahu sebuah artikel pada teman, dapat dilakukan dengan meng-klik tombol “email” kita dapat mengirimkannya dengan account Google Mail yang kita miliki.

Pemanfaatan teknologi RSS ini tidak hanya untuk berlangganan artikel Islami saja, namun untuk semua info yang ada di internet. Setiap situs apa saja yang menyediakan RSS Feed dapat kita jaring infonya dengan Google Reader, semisal situs lowongan pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Yulian Purnama, S.Kom.
Artikel Muslim.Or.Id

  • http://www.uce-indahyanti.blogspot.com uce

    Wah kebetulan Ustadz,bbrp hari lalu kami mendapat kesempatan memberi pelatihan tentang pembuatan modul pembelajaran berbasis web menggunakan eXelearning (eXe). Aplikasi eXe ini open source, mudah diperoleh & diinstal, bisa diexport ke website atau dlm bentuk konten standar eLearning (SCORM) shg bisa diupload ke bbrp platform LMS (Learning Management System, ex.Moodle).Selain itu kita gak perlu paham kode2 HTML dan fitur2nya cukup lengkap untuk mendukung pembelajaran, salah satunya bisa menambahkan RSS pd modul (buku digital) yg kita buat. Nah kebetulan kemarin salah satu pesertanya guru agama, jd saya beri contoh RSS website muslim.or.id ini. Info lengkap ttg eXe bisa lht di http://wikieducator.org/Online_manual/Working_with_eXe. semoga bermanfaat

  • Sari

    JAZAKALLOH , sangat bermanfaat dan memudahkan untuk cepat dapat info islami yang up to date

  • marai

    masih bingung..step by step nya. pake flowcard akan lebih gampang praktekinnya.

  • M.Dzuhri

    Jazakallohu khoiron ustadz atas informasinya. Disini ana meminta situs-situs islam yg menyediakan umpan RSS. Insya Alloh akan ana umpankan langsung ke hp ana.
    Mohon informasinya…

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #M.Dzuhri
      Maaf terlalu banyak sekali. Sudah ada yang mengumpulkannya jadi satu, silakan antum berlangganan RSS As Sunnah http://situs.assunnah.web.id/

  • http://tempatkajian.wordpress.com Abu Ahmar

    kalo ana boleh usul. muslim.or.id bikin akun g!reader dari kumpulin web salaf. kemudian kumpulan itu dibuat public. jadi kita nge-feed-nya dari g!reader muslim langsung. hal itu sepertinya akan lebih bermanfaat.

    nanti bisa dibuat versi lokal/id dan versi luar en/ar

  • Hasan Fausi

    “Selain itu anda juga bisa memberi rate pada setiap artikel untuk penanda dan pengingat jika suatu hari ingin dilihat kembali”

    itu caranya bagaimana ustadz? afwan ana belum paham

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Hasan Fausi
      Kalau sudah mendaftarkan sebuah tautan RSS anda akan bisa melihat judul-judul artikel yang ada. Di sebelah kiri judul, klik tanda bintang.

  • http://abangdani.wordpress.com Abu Umamah

    Assalamu’alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh..
    syukron, mantab tips-nya akhi..

  • aditya

    wah… bagus-bagus

    sekalian share juga nih
    berlangganan artikel via e-mail..
    masih baru
    http://adf.ly/2qLuW
    atau
    http://bersamamenujukeshalihan.blogspot.com/

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.