Aplikasi Penghitung Waris At-Tashil Online


At-Tas-hil, sebuah aplikasi penghitung waris berdasarkan syariat Islam. Aplikasi ini dibuat untuk membantu umat Islam dalam menghitung bagian waris berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah. Software yang dikembangkan oleh KaisanSOFT dengan bahasa Python ini dibuat untuk mempermudah umat Islam untuk menerapkan salah satu hukum Islam, yaitu pembagian harta waris sesuai syariat yang sudah banyak ditinggalkan di masa ini.

Setelah mengembangkan software penghitung waris at tashil untuk desktop, kini KaisanSoft mengembangkan software tersebut agar bisa diakses via web. Sehingga penghitungan waris dengan At Tashil kini dapat dilakukan dimana saja secara online.

Cara penggunaannya pun mudah, langkah pertama, masukkan rincian jumlah ahli waris pada kotak-kotak yang tersedia.

Attashil-Online-1

 

Lalu pada tabel rincian saham akan muncul detail saham untuk masing-masing ahli waris

Attashil-Online-2

 

Jumlah waris = total harta waris x jumlah saham / total saham

Misalnya pada contoh diatas dengan asumsi total harta waris adalah Rp 100.000.000,- maka bagian untuk satu orang anak lelaki adalah:

Jumlah waris = 100.000.000 x 28 / 40 = 70.000.000

karena anak lelaki ada 2 orang maka satu orang anak lelaki mendapatkan 70.000.000 / 2 = Rp 35.000.000,-

Silakan coba aplikasi ini di alamat http://muslim.or.id/apps/waris/

Semoga bermanfaat. Silahkan kirimkan komentar dan masukan anda ke kaisansoft[at]gmail.com.

Artikel Muslim.Or.Id

  • hilail

    Assalamualaikum warahmatullah ikhwan yang dikasihi.

    Saya punya beberapa soalan berkenaan aplikasi yang telah direka ini. Saya bukan ahli dalam ilmu faraid tetapi saya benar-benar kagum atas usaha kalian dan pereka aplikasi ini.

    Pertama, [1] Sejauh manakah keberkesanan aplikasi ini?

    [2] Apakah komentar para ulama dan asatizah tentang aplikasi ini?

  • Abu Luthfi

    Alhamdulillaahi sudah semakin mudah dan terang benderang bagi umat untuk mengakses kalkulator hitung waris. Lebih baik lagi dijelaskan kpd umat secara singkat perihal anggota keluarga yang sudah meninggal dunia mendahului si mayyit obyek waris meninggal. Semisal seorang Bapak meninggal tetapi putranya telah mendahuluinya meninggal bbrp tahun sebelumnya, perlu dijelaskan dalam pembukaan website bahwa si putra rahiiimahulloh ini sdh tidak mendapatkan hak waris dari si Bapak tersebut. Walau saya dengar ini pun masih terdapat perbedaan pendapat namun justru hal hal spt ini yang berpotensi menimbulkan konflik. Akan tetapi putra-putri si putra yg meninggal tadi sebenarnya masih mendapat hak waris dari sang Kakek asalkan tidak ada penghalang. Demikian mohon maaf bila usulan ini kurang jelas.

    Baarokalloohu fiikum

  • Pingback: Tatacara Menghitung Harta Waris Dan Ketentuannya, PLUS Software Penghitung Harta Waris, | "Bisa Karena Terbiasa"

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.