Keutamaan Menghidupkan Sunnah Rasul


Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَّتِى فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun[1].

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan besar bagi orang yang menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, terlebih lagi sunnah yang telah ditinggalkan kebanyakan orang. Oleh karena itu, Imam Ibnu Majah mencantumkan hadits ini dalam kitab “Sunan Ibnu Majah” pada Bab: “(Keutamaan) orang yang menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan (manusia)[2].

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari berkata, “Orang muslim yang paling utama adalah orang yang menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan (manusia), maka bersabarlah wahai para pencinta sunnah (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), karena sesungguhnya kalian adalah orang yang paling sedikit jumlahnya (di kalangan manusia)”[3].

Faidah-faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:

- Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah segala sesuatu yang bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik ucapan, perbuatan maupun penetapan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam[4], yang ditujukan sebagai syariat bagi umat Islam[5].

- Arti “menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam” adalah memahami petunjuk Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengamalkan dan menyebarkannya di kalangan manusia, serta menganjurkan orang lain untuk mengikutinya dan melarang dari menyelisihinya[6].

- Orang yang menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam akan mendapatkan dua keutamaan (pahala) sekaligus, yaitu [1] keutamaan mengamalkan sunnah itu sendiri dan [2] keutamaan menghidupkannya di tengah-tengah manusia yang telah melupakannya.

Syaikh Muhammad bih Shaleh al-’Utsaimin -rahimahullah- berkata, “Sesungguhnya sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika semakin dilupakan, maka (keutamaan) mengamalkannya pun semakin kuat (besar), karena (orang yang mengamalkannya) akan mendapatkan keutamaan mengamalkan (sunnah itu sendiri) dan (keutamaan) menyebarkan (menghidupkan) sunnah di kalangan manusia”[7].

- Allah Ta’ala memuji semua perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menamakannya sebagai “teladan yang baik“, dalam firman-Nya,

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS al-Ahzaab:21).

Ini menunjukkan bahwa orang yang meneladani sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berarti dia telah menempuh ash-shirathal mustaqim (jalan yang lurus) yang akan membawanya mendapatkan kemuliaan dan rahmat Allah Ta’ala[8].

- Ayat ini juga mengisyaratkan satu faidah yang penting untuk direnungkan, yaitu keterikatan antara meneladani sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan kesempurnaan iman kepada Allah dan hari akhir, yang ini berarti bahwa semangat dan kesungguhan seorang muslim untuk meneladani sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan pertanda kesempurnaan imannya.

Syaikh Abdurrahman as-Sa’di ketika menjelaskan makna ayat di atas, beliau berkata, “Teladan yang baik (pada diri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) ini, yang akan mendapatkan taufik (dari Allah Ta’ala) untuk mengikutinya hanyalah orang-orang yang mengharapkan (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan) di hari akhir. Karena (kesempurnaan) iman, ketakutan pada Allah, serta pengharapan balasan kebaikan dan ketakutan akan siksaan Allah, inilah yang memotivasi seseorang untuk meneladani (sunnah) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam[9].

Penulis: Ustadz Abdullah Taslim, MA

Artikel www.muslim.or.id


[1] HR Ibnu Majah (no. 209), pada sanadnya ada kelemahan, akan tetapi hadits ini dikuatkan dengan riwayat-riwayat lain yang semakna, oleh karena itu syaikh al-Albani menshahihkannya dalam kitab “Shahih Ibnu Majah” (no. 173).

[2] Kitab “Sunan Ibnu Majah” (1/75).

[3] Dinukil oleh imam al-Khatib al-Baghdadi dalam kitab “al-Jaami’ li akhlaaqir raawi” (1/168).

[4] Lihat kitab “Taujiihun nazhar ila ushuulil atsar” (1/40).

[5] Lihat muqaddimah kitab “al-Haditsu hujjatun binafsihi fil ‘aqa-idi wal ahkaam” (hal. 13).

[6] Lihat kitab “Faidhul Qadiir” (2/9) dan “Syarhu sunan Ibni Majah” (hal. 19).

[7] Kitab “Manaasikul hajji wal ‘umrah” (hal. 92).

[8] Lihat keterangan syaikh Abdurrahman as-Sa’di dalam tafsir beliau (hal. 481).

[9] Kitab “Taisiirul Kariimir Rahmaan” (hal. 481).

  • muhammad jamal;

    smoga kita termasuk ke dalam orang2 yang menebarkan sunnah.

  • abu umair al-baganiy

    Bismillah. afwan ana izin copy file. semoga kita bisa menghidupkan sunnah dalam kehidupan sehari-hari dan jangan menganggapnya remeh.jazakallah khairan

  • Slamet

    ijin copy

  • abu nawwaf

    assalamu’alaikum kpada keluarga besar(muslim.or.id)dengan risalah ini ana minta izin untuk mengcopy artikel-artikel yang kami butuhkan, demi menyebarkan da’wah salafus shalih yang agung.akhukum abu nawwaf da’i maktab da’wah wal irsyad wa tau’iyah aljaliyat.TAIF SAUDI ARABIA

  • Erik trisyanto

    Dgn memberitahukan artikeL ini kepada pengakses muslim.or.Id berarti kru trutama penuLis Insya mndpat pahaLa dari ALLAH SWT. Amiin…!! Mohon izin untuk copy

  • CIPTO

    Ustadz, syukron wa ‘afwan. Ijin copy artikelnya. Jazakumulloh….

  • josuwa

    mudah2an setelah membaca artikel ini khusus nya kaum muslimin dan muslimat,bisa berupaya sungguh2 dalam menegakan sunah nabi nya yg begitu agung dan mulia ini.wassalam.

  • abu faadhilah

    mohon izin untuk di-share, syukron.

  • shafikah

    Assalamuailaikum..izin kan saya untuk copy article di atas..kerana banyak mendatangkan kepada penambahan ilmu saya..salam

  • Roni S WIjaya

    Insyaalloh ketika sunnah2 rosul di tegakan oleh kita semua, akan terjadi berjuta2 kebaikan untuk dunia dan akhirat, namun saya sangat sakit dan geram ketika melihat sebuah blog dan link nya yang isinya menghujat, menghina, mengfitnah kaum muslim, nabi muhammad, para shahabat bahkan Alloh SWT dengan dalil hadist dan Qur’an yang diplesetkan oleh mereka, coba saudara2ku buka blog yang namanya beritamuslim.wordpress.com atau gengster.t35.com bagaimana tindakan kita terhadapnya, wassalam wr wb,
    roni s wijaya

  • Agus Salim

    Ass.
    Mohon untuk disampaikan juga, apa-apa saja sunnah rosul yang dilakukan rosululloh sehati-hati. tks
    Wass

  • http://quick-star.blogspot.com afni kurniawan

    Ass.wrwb akhi…
    saya minta ijin copy apa-apa aja yg saya ingin copy.
    semoga bermanfaat untuk kita semua.
    terimakasih banyak sebelumnya..
    dari; iwan@quicker.id

  • muhammad juwawin

    assalamuallaikum ustd,
    izin untuk di share…
    syukron…

  • Abu Daffa

    Assalamu’alaykum.
    Ijin copy mas utk dishare
    Jazakumullahu Khoiron

  • Joko supeno

    Ayo teman-teman semua, amalkan sunnah yg sederhana ini ” Jangan makan minum sambil berdiri” Saya juga memimpikan ada sejenis iklan layanan masyarakat yg ditayangkan di TV-TV menjelaskan beberapa sunnah rasul…Mungkin dari situs ini bisa galang dana untuk bikin iklan tsb..

  • Asta Sitta

    assalamu’alaikum…

    afwan, ana ijin copy artikel-artikel yang ana butuhkan ya. syukron..

  • adi

    assalamu’alaikum….

    ana juga izin kaya yg lain ya?.,,,

  • Endang wafi

    bersabarlah wahai kawan2ku, memanglah bagi yg menjalankan sunah rasul terkadang akan ditertawakan oleh orang2 yg bodoh tapi sok pinter. sesungguhnya yg suka memperolok-olok kita itu hanya org bodoh, sebab kalau dia pinter pasti mengikuti cara kita.

  • ardit

    Ass…. ayo temen2 amalkan salah satu sunah Rosul yaitu membaca salawat…..

  • hasbi siregar

    “smoga kita semua dpt mnikuti sunnah
    rasullulah s.a.w….dan mengamalkannya

  • jabir

    assalamualaikum ustadz ana ijin copy syukron jazakhumullohu khoiron

  • Abu Firdaus

    Izin copy,, yaaa,, ustad,,

  • ummu haris

    assalamualaikum
    /minta izin share article untuk risalah masjid

    jazakallah

  • Saeful Hilal

    Artikel Ust. bermanfaat. semoga Ust. selalu diberkahi Allah. SWT. mohon izin untuk jadi bahan ceramah saya.

  • yayas

    Ijin share, jazaakallahu khairan.

  • rosifulmuzahidin

    saya izin ngopi

    semoga dapat bermamfaat………

  • tatang

    Sebuah pergerakan islam bisa dikatakan benar apabila sejarah perjuangannya berpola terhadap sunnah rosululloh.

  • http://ekacomputer.webs.com ekacomputer

    أجزلكم الله أجرا وثوابا

  • nursuda

    Ya,Allah betapa nikmatx melaksankan sunnah rasululloh,…

  • http://www.facebook.com suhemi

    mohon izin untuk posting syukron..

  • Pingback: Kabar Gembira Bagi Para Pencinta Sunnah | Ihyaussunnah

  • Pingback: Menghidupkan Sunah Rosul « PADEPOKAN SUPRANATURAL DAN BENDA BERTUAH

  • http://boudak-pasie.blogspot.com jep al-’asqolany konon

    mohon izin CoPas,

    moga kita termasuk hidup n mati dlam sunnah, Amiin

  • http://tunasweb.com TunasWeb

    subhanallah!!
    artikelnya cukup menarik..
    dan content website juga sangat bermanfaat..
    semoga allah beri limpahan kebaikan bagi seluruh pengelolanya,
    dan moga ridhaNya senantiasa seiring sejalan di setiap aktifitas yang dijalani,
    amin ya rabb..

    best regards,
    TunasWeb

  • Abi lampung

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    bersabarlah saudara-saudaraku yang sedang amalkan agama dengan cara sunnah Nabi SAW, walau ada orang-orang yang bodoh menghina katanya ketinggalan jaman, bukankah Allah telah berfirman bahwa Allah bersama orang orang yang sabar, contohnya amal sunnah memelihara janggut cukur kumis, kencing sambil duduk dan dakwah Illalloh, semoga kita semua diberi kekuatan oleh Allah untuk amalkan sampai akhir hayat kita dan diteruskan oleh anak cucu keturunan kita,… amin ya robbal alamin

  • yandi

    Asslkm ana izin copy artikel-artikel yg ada di wabside Sunnah ini ustadz.jazakallah khairan

  • mas jon

    Asskum , Mohon sunah2 apa saja yang dilakukan Rosullulah agar kita bisa ikut melaksanakannya.

  • supriatna

    Mohon ijin copy ustadz! Jazakumullah kh k

  • http://www.usaharumahan.biz usaharumahan

    Rasul memang contoh suri tauladan yang baik,, semoga qta semua bisa menjalankan seperti apa yang Beliau kerjakan…. Amin

  • wahyu

    asalamualaikum wb.wr.
    mohon ijin untuk saya copy pak ustad

  • al fakir ibnu osman

    Assalamualaikum wrb. satu penyebaran nasihat agama dr junjungan besar
    Rasulullah saw perlu disebarkan lagi kepada umatnya. mohon izin untuk copy dan menggunakan mana – mana bahagian dalam setiap artikal ustaz (ayat, hadis, petikan ). untuk amalan dan penyebaran semula menghidupkan sunnah kepada masyarakat sebagaimana yang dituntut olehNya.t. kasih..

  • chane

    Mohonizin cp &share jayakumullah kh k, salam

  • http://iqbalprasetyaadib.blogspot.com iqbal prasetya ubaidillah

    semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari serta di berikan mukjizat oleh allah agar di berik kesehatan saat kita sakit dan ingin kembali ke jalan allah dengan benar . yakinlah penyakit sehebat apapun bisa di sembuhkan dengan cara kita mengamalkan sunah rasul dalam kehidupan sehari hari. aminnn semoga kita selalu dalam lindungan nya dan bisa menjadi yang terbaik . aminn kun fayakun

  • http://iqbalprasetyaadib.blogspot.com iqbal prasetya ubaidillah

    sekarang insyaallah dengan niat dan sikap yang penuh tangung jawab aku akan memulai menegerjakan sunah nabi yang sudah hilang bahkan akan mengamalkannya doakan aku teman teman agar aku bisa menjalankan ini untuk masa depanku dan juga untuk masyarakat di manapun berada karna masyarakat harus tahu pentingnnya sholat semoga kita semua di beri bimbingan oleh allah swt .aminn.

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.