Shalat Malam


Hukum, Waktu dan Jumlah Rokaat Sholat Malam

Hukum sholat malam adalah sunah muakkad. Waktunya adalah setelah sholat ‘isya sampai dengan sebelum waktu sholat shubuh. Akan tetapi, waktu yang paling utama adalah sepertiga malam yang terakhir dan boleh dikerjakan sesudah tidur ataupun sebelumnya.

Sedangkan jumlah rokaatnya paling sedikit adalah 1 rokaat berdasarkan sabda Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam, “Sholat malam adalah 2 rokaat (salam) 2 rokaat (salam), apabila salah seorang di antara kamu khawatir akan datangnya waktu shubuh maka hendaklah dia sholat 1 rokaat sebagai witir baginya.” (HR. Bukhori dan Muslim). Dan paling banyak adalah 11 rokaat berdasarkan perkataan ‘Aisyah radhiyallohu ‘anha, “Tidaklah Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam sholat malam di bulan romadhon atau pun bulan yang lainnya lebih dari 11 rokaat.” (HR. Bukhori dan Muslim), walaupun mayoritas ulama menyatakan tidak ada batasan dalam jumlah rokaatnya.

Keutamaan Sholat Malam

Ketika menyebutkan ciri-ciri orang yang bertakwa, Alloh Subhanallohu wa Ta’ala berfirman yang artinya, “Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz Dzariyat: 17-18)

Karena pentingnya sholat malam ini Alloh berfirman kepada Nabi-Nya yang artinya, “Hai orang yang berselimut, bangunlah pada sebagian malam (untuk sholat), separuhnya atau kurangi atau lebihi sedikit dari itu. Dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil.” (QS. AlMuzammil: 1-4)

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa keutamaan sholat malam dengan tujuan agar seseorang lebih bersemangat dan terdorong hatinya untuk mengerjakannya dan selalu mengerjakannya.

1. Sebab masuk surga.

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah, dishohihkan oleh Al Albani)

2. Menaikkan derajat di surga.

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh di dalam surga tedapat kamar-kamar yang bagian dalamnya terlihat dari luar dan bagian luarnya terlihat dari dalam. Kamar-kamar itu Alloh sediakan bagi orang yang memberi makan, melembutkan perkataan, mengiringi puasa Romadhon (dengan puasa sunah), menebarkan salam dan mengerjakan sholat malam ketika manusia lain terlelap tidur.” (HR. At Tirmidzi, dihasankan oleh Al Albani)

3. Penghapus dosa dan kesalahan.

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah kalian melakukan sholat malam, karena sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang sholih sebelum kalian, dan ibadah yang mendekatkan diri pada Tuhan kalian serta penutup kesalahan dan sebagai penghapus dosa.” (HR. At Tirmidzi, dihasankan oleh Al Albani)

4. Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu.

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam.” (HR. Muslim)

5. Kemulian orang yang beriman dengan sholat malam.

Ketika Jibril datang pada Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, “Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman adalah dengan sholat malam. Dan kegagahan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain.” (HR. Al Hakim, dihasankan oleh Al Albani)

Akan tetapi disayangkan kebanyakan kaum muslimin meninggalkan sholat malam yang berarti telah menyia-nyiakan keutamaan yang telah Alloh sediakan dikarenakan kemalasan yang ada pada mereka atau pun tergoda dengan gemerlapnya dunia. Dalam riwayat Imam Bukhori disebutkan bahwa ketika Rosululloh ditanya tentang seorang yang tidur sepanjang malam sampai waktu subuh, maka Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dia adalah seorang yang kedua telinganya dikencingi oleh setan.” Hal ini adalah penghinaan setan baginya, lalu bagaimana seorang yang bangun setelah waktu subuh??? Wallohu Musta’an.

***

Penulis: Abu Abdillah Rudi Agus H.
Artikel www.muslim.or.id

  • http://muslim.or.id/fiqh-dan-mualah/shalat-malam.html wong dheso

    Nabi Muhammad SAW kalau sholat malam tiap hari sampai kakinya bengkak-bengkak sampai ada Sahabat mengikuti tapi ngak begitu sanggup karena bacaan Al-Qur’an yang panjang kalau kita sholat malamnya kadang-kadang karena bisa kelihatan sholat wajib subuhnya kelihatan ngak di masjid

  • mbah sony

    Shalat malam selain shalat Tahajud…tolong dong niatnya apa….

  • http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/shalat-malam.html wong dheso

    BILA SHOLAT MALAM JADI KEBIASAAN(AMALAN HARIAN) MAKA NIATNYA UNTUK ALLAH SEMATA BILA ADA MASALAH KITA TINGGAL BERDO’A

  • Abu Naufal

    Buat mbah Sony Niat ibadah apapun di dalam hati bukan di lafalkan di mulut, kalau mau niat shalat malam ya dalam hati saja.

  • rosyidah dewi

    kiranya adakah perbedaan antara sholat hajat dan sholat tahajjut? mohon penjelasannya, sebelumnya sy ucapkan trima kasih.

  • Haromain Al-Islam

    sesungguhnya barang siapa yang ingin di rahmati ALLAH SWT.hendaknya ia sebarkan salam ,maafkan kesalahan orang lain dan mengerjakan apa yang telah menjadi kewajiban sebagai umat nabi muhammad saw

  • http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/shalat-malam.html Zufraida

    kalo sholat tahajud boleh tidak dilakukan langsung 4 rakaat seperti shalat isya….?

    Jawabannya bisa dibaca dimana ya…tlg info dunk

  • Fauzan

    Assalaamu’alaikum..
    @ Zufraida

    Shalat tahajjud adalah shalat (malam) yang genap, BOLEH dikerjakan setiap 4 raka’at dengan sekali salam.
    Berdasarkan Hadits:

    “Dari Abi Salamah bin Abdurrahman, sesungguhnya ia pernah bertanya kepada Aisyah bagaimana shalat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di (bulan) Ramadhan?
    Maka Aisyah menjawab:
    Tidak pernah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat di bulan Ramadhan dan tidak juga (di bulan) lainnya lebih dari 11 raka’at. Yaitu: Baliau shalat 4 raka’at, maka jangan engkau tanyakan tentang bagusnya dan lama (shalat) nya, kemudian Beliau shalat 4 raka’at (lagi), maka jangan engkau tanyakan tentang bagusnya dan lama (shalat) nya, kemudian Beliau shalat (witir) 3 raka’at.”
    [HR. Bukhari dan Muslim, dan lain-lain]

    Shalat witir adalah shalat (malam) yang ganjil, BOLEH dikerjakan 1 raka’at atau 3 atau 5 … atau 9 raka’at.

    Dikutip dari buku Al Masaa-il jilid 2, karangan ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat.
    Lebih baik merujuk langsung pada buku tersebut. Semoga bermanfaat..

  • http://rofijihad.wordpres.com Rofiuddin

    kalo sholat malamnya blm bisa setiap malam, apakah jg termasuk yg akan masuk surga dgn selamat

  • abi

    assalammu’alaikum ..
    mw tanya tata cara sholat duha gmn ya ?

  • http://www.okezone.com Dimas

    Semoga Allah memberikan balasan kepada pengelola website ini, (dan website semisal yg bermanhaj salaf) karena banyak manfaat ilmu yang bisa diambil.
    Dan Semoga Allah memudahkan semua urusanya (terkhusus dalam berdakwah)

    jazakumullah…

  • yona sufrita

    sholat shubuh bagi saya memberikan awal yang baik untuk melaksanakan aktifitas selanjutnya……juga memberikan ketenangan bathin sehingga masalah yang menghadang di depan dapat diselesaikan dengan tenang dan tanpa emosi…..

  • Murnih

    shalat malam membantu untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.belajar yuntuk Shalat lebih khusyu’

  • Fuad Munir

    Sudahkah Q-ta sholat malam?????

  • http://masrial_din@yahoo.com Masrial. MR

    Ass wr wb

    Bagi yang ingin merasakan indahnya sholat tahajjud (sholat malam) sholat lah sekitar pukul 02.30 dengan khusu’ curahkan perhatian kepada selain ALLAH tunduk rasakan Allah itu dekat, sedekat urat leher kita dan ayat/do’a yang dibaca mengerti lafatz nya ikuti perintah hati, jangan hiraukan lintasan-lintasan/bisikan-bisikan/goresan-goresan selain yang terlintas dihati kita adalah Allah Maha Besar tiada selain-NYA. duh.. indahnya, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, kemudian menangislah jika mau menangis curahkan segala isi hati, minta ampunlah kepada Allah atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat, bayangkan kita ini kecil dihadapan Allah hina sehina-hina. Jika sudah tertanam hal ini dihati sanubari yang terdalam penuh dengan ikhlas, itu tanda-tandanya Hidayah dari ALLAH Subha Nahuwa Ta’alah sudah masuk di Kalbu kita.

    Wass wr wb

  • Ashif

    Saya mau tanya? katanya ada puasa yg dilakukan selang-seling sekarang puasa besok tdk atau lebih dikenal dgn puasa DAUD benarkah puasa tersebut? dan Niatnya bagaimana?

  • Mulki Nurullah

    Assalamu’alaikum Waruhmatullah…

    saya heran saya terkadang bangun di pukul 2 atau setengah 2 tetapi saya itu seperti orang pemalas untuk bangun….

    kalau kita hanya berdzikir kemudian berdo’a apakah itu di perbolehkan…?

    Jazakumullah Khair….

    Wassalam

  • ade gemblies

    mudah-mudahan dengan kita rajin solat malam maka hajat kita di kabulkan amin….amin………..

  • budi

    saya mau tanya bolehkah kita sholat tahajut tanpa tidur malam dulu?/apakah ada sholat malam selain sholat tahajut?mohon penjelasan dan dalilnya terimakasih…

    • http://rumaysho.com abduh

      Mayoritas Ulama pakar fikih mengatakan bahwa namanya shalat tahajud adalah shalat yang dilakukan setelah bangun tidur.
      Kalau mau tanpa tidur dulu, maka lakukanlah shalat witir. Karena shalat witir dilakukan antara waktu Isya dan Shubuh berdasarkan kesepakatan para ulama.

  • puguh

    ijin mengopy,thank you for his knowledge, may be useful, and may God repay your kindness

  • imam

    sipppp ter berjihad

  • joko purnomo

    assalamu’alaikum…

    semoga kita bisa istiqomah dalam menjalankanya…amiin

    ana mau tanya nih akhi…apakah shalat malam(tahajud ) tuh kita harus tidur dahulu sebelumnya….? mohon penjelasannya

    kalo malam harinya kita gak tidur trus gimana akh..apakah kalo kita mengerjakan shalat tersebut menjadi tidak sah ato bukan disebut shalat tahajud…?

    terima kasih atas jawabannya..
    ana tunggu jawabannya yah,….kalo bisa di postingin jawabannya dan juga jangan lupa kirim kan ke email ana jug….

    • http://rumaysho.com Muslim.Or.Id

      @ Joko Purnomo
      Mayoritas ulama mengatakan bahwa shalat tahajud adalah shalat yang dikerjakan setelah bangun tidur (Lihat Shahih Fiqh Sunnah, Syaikh Abu Malik).

  • Bakri_La_Katjong

    Topiknya sungguh baik. Kalau bisa tuh komentar jangan diberi arsir, maklum mata sudah agak rabun, hehehe. Wassalamu alaikum warahmatullahiwabarkatuhu.

  • Khanza imout

    “Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajjud,sebagai shalat sunat untuk dirimu,mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukkan yang baik.”(QS.Al-Isra’ 79) amiin

  • muslimah

    infonya bagus skli,,
    saya ikut copy ya

  • HENDRA

    SYA LMH IMAN,SULIT MENGUATAKAN,KALAU SHOLAT MLM,TAKUN GELAB,HNYA INI SOLUSINYA

  • http://iki_noy@yahoo.com fikri

    pikiran tak tenang ,,,
    tolong solusinya ,,!!!

  • http://www.bajumuslimmurah.com titik

    jika kita ingin do’a2 kita dikabulkan oleh ALLah swt maka perbanyak lah ibadah dan mengingat ALLah terutama sholat malam…

  • qomarudin

    asmmalkm…selama ini saya lum th tentng mslh membc niat…apakh berdosa apabila melafalkn niat? apa perbedaan berniat ddlm hati dan dilafalkan? trimakash mohon jwbny..

  • didi

    kalau sholat sunnah selalu pake doa iftitah kan ?

    • http://rumaysho.com Muslim.Or.Id

      @ Didi: Iya berlaku sama seperti shalat wajib.

  • muhammad raji farizky

    mas setelah sholat malam doanya bagaimana?????????????

    • http://rumaysho.com Muslim.Or.Id

      @ Raji

      Tidak ada do’a khusus setelah shalat malam.

  • zeki satria

    shalat malam… kadang susah bnget buat bngun..

  • ChuckN@r

    @Zeki Satria ==>
    Bangun malam tuk sholat malam kalo blm biasa akan terasa berat tp kalo dah biasa rasanya jg gak berat (jd biasa). Cobalah, sekali dua kali mungkin terasa berat, insya’Allah selanjutnya akan terasa ringan.

  • Fulan

    Assalamualaikum…
    Saya ingin tanya, kalau sholat tahajud dilaksanakan secara berjama’ah dg istri boleh tidak ? minta dalilnya?
    terimakasih.

  • Afew

    Tiap hari sy tidur jam 2 malam (pagi), shalat apa yang bisa dikerjakan, ktnya kalo sholat tahajud harus bangun dari tidur. Mohon pencerahannya, trims

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Afew
      Anda bisa mengerjakan shalat tahajjud lalu shalat witir sebelum tidur, namun waktu yang paling baik adalah sepertiga malam akhir. Tidak benar diharuskan tidur dahulu.

  • http://lampung.com berry

    aku pengen bertaubat tapi selalu ada godaan yang selalu di fikiran ku apakah ada bacaan kusus untuk menghilangkan nya .
    mohon penjelesan nya

  • Laily

    Terima Kasih ats infonya yang sangat bermanfaat.
    Semoga bisa sya sebarkan pda yang lainnya

  • http://www.yahoo.com nasikin

    sangat sulit menjadi manusia yang baik menurut ukuran kaidah kaidah agama ditengah himpitan dan tuntutan untuk memenuhi hajat duniawi. suatu saat saya bisa menjalankan ritual agama dengan tertib dan ihlas bila suasana dan kondisi mental saya mendukung untuk itu. Tapi jika suatu saat berbagai masalah sedang datang menimpa menjadi berat yang tak tertanggungkan entah knapa seakan Tuhan tak ada dalam fikiran ini. demi Tuhan dalam hati kecil ini mengakui bahwa setiap kesalahan ada hukuman dan setiap amal baik ada pahala dari Nya. Wahai manusia yang punya ilmu dan kebijaksanaan berikan kepada saya petunjuk dan tuntunan yang akan membuat aku tidak terpuruk dan terpuruk lagi. berikan aku jalan untuk mencapai jalan menuju jalan keridhoan Tuhan.

  • http://www.yahoo.com nasikin

    jika dosa yang kuperbuat adalah luka, maka tak ada sedikitpun bagian tubuh ini yang bersih dari luka. jika dosa adalah warna hitam diatas selembar kertas maka tak ada bagian kertas yang berwarna selain hitam. wahai saudara yang dikaruniai hikmah dan pengertian, ulurkan tangan keihlasan anda untuk meraih jiwa yang hitam legam dan hina dina ini jatuh tenggelam dalam jurang dosa yang lebih dalam.

  • http://wakcakuk awang

    bagaimana dengan bacaan dan doa tahajud apakah sudah ada ketetapan nya

    • http://rumaysho.com Abduh Tuasikal

      @ Awang
      Jk yg dimaksud adl doa setelah tahajud, sebenarnya tdk ada tuntunan khusus doa atau bacaan tertentu. Wallahu a’lam.

  • bontot

    maha suci allah yg telah memilih kita dijalan NYA. Segeralah kita menunaikan perintahNYA.

  • http://yosirizkys.wordpress.com yusi

    makasih bxk ya kak…..

  • http://www.kemaritiman-indonesia.com ikhsan

    assalamu’alaikum wrwb.
    Bedanya shalat Tahajaud – Shalat Witir – dan Sholat Malam apa..?
    Roka’at berapa aja..?

    Maap,agak bingung..

    • http://rumaysho.com Abduh Tuasikal

      @ Wa’alaikumus salam wa rahmatullah wa barakatuh

      Shalat tahajud dan shalat malam itu istilah yg sama. Jumlah rakaatnya tak terbatas, dikerjakan dua rakaat salam-dua rakaat salam.
      Shalat witir adl penutup shalat malam, jumlah rakaatnya ganjil: 1, 3, 5, 7, atau 9 raka’at.

  • http://rafaqo.wordpress.com ferry

    assalamu’alaikum
    izin copas ya…

  • irwan Hanani

    ‘Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh’

    mohon pencerahan…sy karyw swasta yg kerja shif malam, pulang jam 5 pagi, selama ini sy berusaha sholat malam, tapi karena waktu yg ada hanya sebentar ( bukan waktu istirahat kerja) meluangkan waktu dari kesibukan kerja yg sy laksanakan ( sekitar 15 menit ), sy sholat 4 rakkat(2 rakaat salam )& witir 3 rakkat…
    mohon petunjuk yang terbaik, agar saya dapat selalu melaksanakan :( Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam.” )

    Syukron Jazakallah.

    Wa’alaikumus salam wa rahmatullah wa barakatuh

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Irwan Hanani
      Wa’alaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh, yang bapak lanjutkan sudah baik dan bisa dilanjutkan

  • carnoto permana

    kata sebagian ustad solat tahajud harus tidur dulu tolong jelaskan dan sertakan hadis hadis yg mendukung,saya orang miskin ilmu jadi bingung mana yg benar dan salah

  • http://www.blogaul.nuzoka.com Anggie

    Assalamualaikum. Alhamdulillah sy jd bsa tau mana yg salah dan baik. Sya gk iktn tahlilan krna sya tau itu bid’ah dan kasian sm klwrga alm jd hrus menyiapkn mkanan. Tp sya mlh di blng tdk gaul m org. Dan sy tdk ska kmpl m org krn klo kmpl pasti bnyk maksiat shngga sy bnyak dirumah. Lagi2 org2 ska blg sy gk gaul mhn pencrhn dan klo bsa krm lwt mail. Wslm

  • http://www.wartaterkini.com Wati

    masih jarang untuk bangun dan melakukan shalat malam.

  • aji

    skron jzklah untk artkelnya.doakan kami agar ttap istiqomah

  • sigid

    ASS.WR.WB. apakah sah, sy mengerjakan sholat tahajud tp tdk mengerjakan sholat witir, krn sholat witir telah sy lakukan saat sholat tarawih di masjid. TKS Wassalam

  • edo ismail

    ana ijin share

  • anna rokhana

    artikel yang bermanfaat. izin sharenya, syukron….

  • http://www.finance.web.id Fina

    Besar seklai ya keutamaan shalat malam…

  • Adi Munazir

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh….
    saya mau bertanya tentang pelaksanaan tahajud…
    apakah boleh dikerjakan secara berjamaah layaknya sholat fardhu?? atau hanya dikerjakan sendiri sendiri saja…. syukron
    wassalam..

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Adi Munazir
      wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,
      jika kadang-kadang saja tidak mengapa

  • ade erdi

    assalamu’alaikum, bisa minta tolong di berikan do’a apa saja yang dipakai dlm sholat malam…

  • Pingback: Siapa yang Belum Shalat ? ^^ « Catatan Cinta Najma

  • Pingback: Hukum, Waktu dan Jumlah Rokaat Sholat Malam Dari artikel Shalat Malam | Sholat Wengi

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.