Shalat Istikharah Ketika Ingin Memilih atau Telah Mantap pada Pilihan?


Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara /  urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran. Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)

Para pembaca sekalian, hadits di atas merupakan hadits yang agung. Karena di dalamnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada umatnya apabila menemui suatu perkara / urusan, maka hendaknya melakukan shalat istikharah. Namun yang menjadi poin bahasan kali ini adalah dua hal saja, yaitu hanya pada tulisan yang diberi cetak lebih tebal dari yang lain.

Yang pertama, Nabi mengajarkan shalat istikharah dalam setiap perkara / urusan. Jadi tidak benar ada anggapan bahwa shalat istikharah hanya dilakukan terbatas untuk urusan yang meragukannya, sehingga ia perlu melakukan shalat istikharah. Karena dalam bahasa Arab, kata كل memiliki arti setiap / semua.

Kedua, sebagian orang salah paham dalam melaksanakan shalat istikharah. Sebagian dari mereka melakukan shalat istikharah ketika dihadapkan kepada pilihan yang sulit atau meragukannya. Padahal ini kurang tepat, karena yang tepat adalah ketika seseorang telah mantap hatinya dengan keputusan yang ia ambil dalam urusan yang dihadapinya.

Kata هَمَّ (sebagaimana yang saya lihat dalam kamus Arab-Indonesia karya Mahmud Yunus) memiliki arti berniat. Karena sebagian orang mengartikannya dengan menghadapi, padahal jika diartikan demikian, maka shalat istikharah dilakukan sebelum hati mantap dengan keputusan. Padahal shalat istikharah dilakukan saat hati telah mantap dengan keputusan.

Apa hikmahnya ketika shalat istikharah dilakukan saat hati telah mantap? Jawaban yang saya dapatkan berasal dari penjelasan Al-Ustadz Aris Munandar dalam sesi tanya-jawab kajian rutin pagi. Beliau menuturkan jawaban dengan dua alasan.

  1. Jika seseorang telah mantap dengan suatu urusan, maka ia memohon kepada Allah, apabila urusannya tersebut baik dan diridhai oleh Allah, maka Allah akan mempermudah jalannya untuk mendapatkan perkara tersebut.
  2. Jika perkara tersebut tidaklah baik baginya, Allah akan datangkan penghalang dan pencegah baginya, sehingga ia akan dicegah untuk melaksanakan urusan tersebut.

Allah Ta’ala berfirman,

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

 

Bahasan selengkapnya mengenai Panduan Shalat Istikhoroh.

 

Penulis: Wiwit Hardi P.

Artikel Muslim.Or.Id

  • Pingback: Shalat Istikharah Ketika Ingin Memilih atau Telah Mantap pada Pilihan? « Belajar Sunnah

  • Yoyok Subadyomo

    Semoga niat, ikhtiar yang baik atas pilihan yang mantap serta selalu berdoa menjadi jalan datangnya kemudahan dan kalapangan dari Allah…

  • Abu Ibrahim

    syukran, izin share

  • http://www.dwistroi.com/ dwisTROi

    terimakasih postingannya..
    dari kemarin masih ada ganjalan didalam hati…
    insyaALLah ini adalah yang terbaik dari Allah..
    amin..

  • izzatul

    attikel yg sngt bermanfaat…

  • http://www.fadhli.web.id Fadhli

    Terima kasih infonya… Semoga keputusan yg saya buat diridhai Allah SWT
    Amiiiiiiiin…… :)

  • Pingback: Shalat Istikharah Ketika Ingin Memilih atau Telah Mantap pada Pilihan? « GEOGRAFI DUNIAKU

  • http://sevawijaya@yahoo.co.id seva wijaya

    bagaimana kalau istikharoh d lakukun sebelum hatinya mantap dengan keputusanya..padahal yang akan d lakukan itu suatu yang baek,dan hasil istikharoh nya adalah suatu yang jelek,,,,terima kasih

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #seva wijaya
      Jika yang anda maksud ‘jelek’ di sini adalah perbuatan maksiat, maka jauh sebelum istikharah seharusnya itu sudah anda hilangkan dari pilihan anda. Istikharah itu untuk memilih antara atau minta petunjuk antara hal-hal yang baik saja. Lalu, terkadang yang anda anggap jelek menurut anda, itu lebih baik menurut Allah.

  • mukmin

    sholat istikaroh mah dari kita mohon petunjuk atas dua pilihan atau lebih. Sampai pilihan tsb mantap kita pilih..

  • anton

    gan,,,
    mau nanya,,,
    gmna kalau org lain sholat istiqoroh buat kita,,,
    apakah itu bisa atau tidak ya??/

    • http://ustadzaris.com Aris Munandar

      #anton
      tidak tepat. seharusnya kitalah yang istikharah untuk masalah kita.

  • http://sunotoa.blogspot.com Sunoto Agung Wibowo

    Wah, berarti saya selama ini berasumsi salah ya tentang istikharah, yang menganggap istikharah hanya untuk memilih dua pilihan yang meragukan?

  • Pingback: Dilema « Blog Verawaty Lihawa

  • yuyun

    Semoga allah mengabulkan semua niat dan keinginan hati..
    aminnnn

  • dika

    bagaimana sikap laki” yg tlah terpilih oleh istikharoh si wanita. sementara wanita tsb berterus terang dg kejelekanx/ masa lalunx??

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #dika
      Bagi si laki-laki, hendaknya mencari wanita yang shalihah

  • maria tia olivia

    Mau nanya…jika saya mau melakukan cerai dgn suami saya apakah itu termasuk permintaan yg jelek dan apakah bisa melakukan shalat istikharah…terima kasih.

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #maria tia olivia
      Allah melaknat wanita yang meminta cerai tanpa alasan yang syar’i

  • Nouri

    Klo sholatnya krn bingung dg jodoh antara pilihan ortu sama pilihan sendiri gmana

  • chichi

    asw. maaf mau bertanya bagaimana bila ada seorang ikhwan mengajak saya untuk sholat istiqoroh?

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #chichi
      Jika maksudnya shalat istikharah bersama-sama maka ini tidak kami ketahui ada contohnya dari para salaf.
      Adapun sekedar menyarankan untuk shalat istikharah ketika dihadapkan pada beberapa pilihan yang sulit maka tentu itu saran yang baik.

  • febri

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Alhamdulillah artikelnya sangat membantu, semoga bermanfaat.
    Saya ingin bertanya, saat ini ada seorang laki2 yg juga teman angkatan saya yang ingin melamar saya dan sudah beberapa kali ke rumah. Sebelumnya, kira-kira 2 tahun yll, dia juga pernah datang bersama tantenya dengan niat melamar namun saat itu keluarga saya menolak. Dan saat ini pun, saya juga ingin menolaknya lagi dikarenakan saya tidak yakin dia akan mampu membimbing saya kelak. Saya juga sudah istikharah untuk memantapkan hati dan diberi kemudahan. Ketika saya mengutarakan keinginan saya, dia tidak bisa menerima keputusan tersebut dikarenakan dia ingin saya yang harus menjadi istrinya dan sudah mempunyai rencana di masa depan. Saya pun menangguhkan keputusan saya saat itu dikarenakan kondisi psikisnya yang saat itu tidak stabil. Jujur, saya orangnya cepat kasihan, susah mengutarakan isi hati jika berbicara langsung. Saya ingin menolaknya tapi tidak menemukan kalimat yang bisa membuat dia mengerti. Mohon sarannya. terima kasih sebelummnya atas sarannya.

  • farnisyah

    Assalamu’alaikum..
    Bagaimana kalo kita sdh mantap untuk menolak dan sdh istikharah tp laki2nya tdk mau ditolak?

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #farnisyah
      Wa’alaikumussalam, setiap wanita berhak menerima dan menolak. Kata Nabi, orang tua sang wanita saja tidak boleh memaksakan kehendak pada anaknya, lebih lagi laki-laki yang tidak ada hubungan apa-apa. Jika memaksakan maka itu perbuatan zhalim.

  • http://kangaswad.wordpress.com/ Yulian Purnama

    berdoa mohon kepada Allah agar dimudahkan urusan antum

  • http://kangaswad.wordpress.com/ Yulian Purnama

    wa’alaikumussalam, bisa jadi

@muslimindo